Posted on

(Video) KRL Commuter Line JR 205 di Jatinegara

KRL Commuter Line JR 205 jadi armada terbesar punya Kereta Commuter Indonesia (KCI), tersebar di hampir semua jalur KRL Commuter Line. Cuma di video ini “sang raja” lagi singgah di Stasiun Jatinegara dan lewat JPL 52 nggak jauh dari situ. 

Ngomongin soal video yang satu ini tentu nggak akan bisa dipisahin dari “Batavia Spoorweg op Mestercornelis #1” atau “(Video) Kereta Api di Jatinegara #1“. Tadinya KRL Commuter Line JR 205 mau dimasukkin ke situ, tapi karena ini armada terbesar punya PT. KCI, ada baiknya dibikinin satu film tersendiri tanpa harus digabungin sama yang lain, apalagi Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Berasal dari 3 jalur di Jepang.

KRL Commuter Line JR 205 mulai masuk dan dinas di Indonesia tahun 2014. Armada ini didatangin langsung sama PT. KCI, waktu itu masih bernama PT. KCJ (KRL Commuter Jabodetabek). Sebelumnya dinas di Jepang tepatnya di 3 jalur yakni Nambu Line, Saikyo Line dan Yokohama Line. Kebetulan kereta ini biasa narik rangkaian panjang dan di jalur KRL Commuter Line sendiri mulai didinasin yang rangkaian 10-12 kereta.

Secara umum armada KRL Commuter Line JR 205 ini bagus banget, jauh daripada para pendahulunya. AC-nya adem dan nyaris jarang banget mengalami trouble. Kalopun iya, kereta akan langsung di grounded dan nggak didinasin. Satu yang unik, yakni gerbong 6 pintu yang punya kapasitas lebih gede buat penumpang berdiri.

Biarpun barang bekas, tapi tingkat keandalan KRL Commuter Line JR 205 masih sangat bagus. Suku cadangnya masih ada di pasaran. Selain didinasin PT. KCI, kereta yang mulai dinas tahun 1985 dibawah Japan National Railway (JNR) ini juga dinas di Fuji Kyuko, salah satu perusahaan kereta api swasta di negeri matahari terbit. Armada yang dibeli Fuji Kyuko juga sebelumnya punya JR East.

Tersebar (Nyaris) Merata

KRL Commuter Line JR 205 tersebar nyaris merata di semua jalur KRL Commuter Line. Hampir di setiap jalur bisa ditemuin jenis KRL ini. Keberadaannya seolah mengingatkan kita sama KRL Rheostatik Mild Steel yang juga punya armada terbanyak di masa-masa KRL Ekonomi masih dinas. KRL ini cuma nggak dinas di satu jalur yakni Jakarta Kota-Kampung Bandan-Tanjung Priok atau Pink Line, dimana KRL INKA Kfw jadi andalan di sini.

Salah satu jalur yang punya armada KRL Commuter Line JR 205 ialah Blue Line, Jakarta Kota-Bekasi-Cikarang. Lumayan banyak jumlahnya di jalur ini, walaupun masih bisa ditemuin KRL jenis lainnya kaya Tokyo Metro 6000 misalnya, yang sebelum kedatangan KRL ini punya armada terbanyak.

Video KRL Commuter Line JR 205 mengambil spot blue line, tepatnya di Jatinegara, area Stasiun Jatinegara (JNG) dan PJL 52 depan Halte Busway Pasar Enjo. Rutenya udah jelas nggak jauh-jauh dari Jakarta Kota-Bekasi-Cikarang. Cuma biasanya KRL Commuter Line JR 205 ambil jalur via Manggarai-Gambir, jadi nggak lewat Pasar Senen (jalur bawah) yang biasanya pake Tokyo Metro 6000 (dan 5000 waktu video ini dibikin).

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *