Posted on Leave a comment

Video Kereta Api Lodaya: KA 82 di JPL 162 Braga Kota Bandung

Pertama kalinya Kereta Api Lodaya, KA 82 Bandung-Solo Balapan, berhasil masuk video meski di malam hari dan papasan sama Kereta Api Lokal Bandung Raya di JPL 162 Braga Kota Bandung. 

Video Kereta Api Lodaya ketiga, masih mengambil spot yang sama yakni di JPL 162 Braga Kota Bandung, bedanya “syuting” kali ini dilakukan setelah sang surya tenggelam. Menurut jadwal di Stasiun Bandung (BD), after sunset ada dua rangkaian Kereta Api Jarak Jauh ke arah timur, Kereta Api Lodaya (Bandung-Solo Balapan) dan Kereta Api Turangga.

Kualitas Seadanya dan Perjuangan Lumayan berat

Karena huntingnya malam dan masih pake handphone, jangan heran kalo kualitas videonya terlihat apa adanya. Maklum handphone-nya sendiri juga bukan handphone mahal yang super canggih dan nyaris sempurna. Tapi biarpun begitu, show must go on, dengan segala keterbatasan yang ada. Apalagi target utama bakal lewat, Kereta Api Lodaya, KA 82, Bandung-Solo Balapan.

Inilah kali pertamanya Kereta Api Lodaya rute Bandung-Solo Balapan berhasil masuk video. Buat ngedapetin sang macan yang keluar kandang menuju Bumi Mataram memang bukan perkara mudah. Jadwalnya nyaris agak kurang bersahabat. Yang satu, KA 80, berangkat jam 07.30 WIB pagi, adapun satunya lagi berangkat jam 18.50 WIB atau hampir mendekati waktu sholat Isya.

Tapi kalo udah diniatin dan ada tekad yang kuat, kesulitan apapun inSyaaAlloh bakal teratasi. Contohnya di Video Kereta Api Lodaya: KA 80 di JPL 162 Kota Bandung ini. Siapa sih yang betah nungguin lama-lama sampe mendekati waktu Isya? Nggak akan ada yang betah, kecuali kalo memang ada target yang harus dikejar, bahkan bila perlu sekalian aja nggak usah pulang.

Alhamdulillah Kereta Api Lodaya pun akhirnya lewat di JPL 162 Braga Kota Bandung. Nggak hanya itu, disini malah ketemu sama Kereta Api Lokal Bandung Raya yang mau masuk Stasiun Bandung (BD). Karena ada dua kereta yang melintas, gambar yang diambil pun terpaksa cuma dapat bagian samping dari Kereta Api Lodaya, atau gambar siluet. Ini juga dalam rangka safety hunting, daripada nekad berdiri di antara dua jalur kereta api. Risiko sangat tinggi.

Pelajaran Hunting Malam di JPL 162 Braga Kota Bandung

Meski kualitas video terkesan apa adanya, ada pelajaran yang bisa diambil dari hunting malam di JPL 162 Braga Kota Bandung ini, antara lain:

  1. Kejar Target Utama walaupun harus menunggu lama. Demi nungguin Kereta Api Lodaya yang berangkat dari Stasiun Bandung (BD) jam 18.55 WIB, harus rela nunggu lumayan lama, ya inilah yang harus kamu lakukan demi mengejar target utama. Jangan sampe dia lepas dari genggaman.
  2. Asli Meski Apa Adanya. Ini juga penting bahkan paling prinsip. Kita tetap harus bangga sama hasil karya sendiri yang sekalipun kualitas apa adanya yang penting asli, daripada bagus banget tapi boleh ngebajak (plagiat) punya orang.
  3. Safety Hunting, ini juga prinsip, bahkan lebih tinggi daripada soal karya orisinil. Kita tetap harus tetap memperhatikan keselamatan setiap kali hunting baik buat foto atau video kereta api. Jangan sampe diabaikan. Jangan pula coba-coba bertaruh nyawa. Ingat keselamatan itu paling utama.
Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.