Posted on

Video Kereta Api Lodaya di JPO Stasiun Bandung

Di Channel YouTube Lodaya Bandung, kereta api Lodaya baru muncul di video kedua berjudul “Stasiun Bandung: Hunting di Jembatan Jalan Stasiun Timur Bandung 01 Des 17”. Itupun kompilasi sama kereta api lainnya. 

Apa jadinya Channel YouTube Lodaya Bandung tanpa Kereta Api Lodaya? Sama kaya blog ini kalo porsi Kereta Api Lodaya-nya sedikit apalagi sampe nggak ada itu ibaratnya sayur tanpa garam, hambar. Padahal nama Lodaya Bandung itu sendiri dilatarbelakangi kecintaan terhadap kereta api yang dulu bernama Senja Mataram tersebut. Ini berlaku di semua lini Lodaya Bandung: Blog, YouTube, Flickr, hingga Google Plus.

Muncul di Video Kompilasi.

Cuma di Channel YouTube Lodaya Bandung, Kereta Api Lodaya justru baru muncul di video kedua, dokumentasi hunting di JPO Stasiun Bandung. Video ini dikasih judul “Stasiun Bandung: Hunting di Jembatan Jalan Stasiun Timur Bandung 01 Des 17.” Hunting di Jum’at sore jelang penghujung tahun 2017.

Hunting dimulai sekitar jam 14.30 WIB, itu udah memperhitungkan jadwal kedatangan Kereta Api Lodaya, KA 79, dari Stasiun Solo Balapan (SLO). Nah, sembari nungguin sang Macan, ada beberapa video kereta api yang diambl buat komplemen. Paling banyak sih Kereta Api Lokal Bandung Raya, komuter andalan wargi Bandung. Begitu juga lalu lalang lokomotif langsir karena daerah situ memang tempatnya lokomotif langsir.

Akhirnya momen yang ditunggu pun datang sekitar jam 15.30 WIB, Kereta Api Lodaya datang, berhasil masuk video. Rasa hambar itupun seakan-akan hilang. Apalagi dari awal udah niat kudu dapat nih kereta, masa iya mau dimasukin Channel YouTube Lodaya Bandung.

Kedatangan Kereta Api Lodaya di Stasiun Bandung seolah disambut langsiran lokomotif CC 206, yang bakal dipake dinas Kereta Api Mutiara Selatan, Bandung-Malang via Surabaya Gubeng (SGU). Di video ini rangkaian Kereta Api Lodaya masih punya Dipo Kereta Api Bandung (BD). Gabungan Kereta Api Bisnis angkatan 80-an yang pastinya buatan Nippon Sharyo Jepang dan Kereta Api Eksekutif angkatan 2002 buatan PT.INKA Madiun.

Stamformasi KA 79 mulai dari Lokomotif, 4K2, 1MP1, 4K1. Jelas masih formasi lama. Formasi ini masih tetap bertahan sampe menjelang Ramadhan 1429H sekalipun Kereta Api Lodaya mutasi ke Dipo Solo Balapan (SLO) menjelang akhir tahun 2017.

Hampir Selalu Ketemu Kereta Api Malabar (KA 92)

Di antara keunikan Kereta Api Lodaya, KA 79, menjelang masuk Stasiun Bandung (BD) hampir selalu ketemu sama Kereta Api Malabar (KA 92). Pertemuan ini paling sering terjadi di Viaduct Bandung atau setelah melewati JPL 162 Jalan Braga Bandung. Tapi nggak selalu begitu, bisa aja ketemu di tempat lain kaya JPL 163A atau JPL 163B tergantung situasi dan kondisi.

Kebetulan di sini nggak ada momen pertemuan itu karena video diambil di JPO Stasiun Bandung, dimana kedua kereta mungkin aja ketemu jauh sebelum melewati Viaduct Bandung. Apalagi di depan KA 79 ada Kereta Api Lokal Bandung Raya.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.