Posted on

(Video) Kereta Api di Jatinegara #1

Dokumentasi hunting perdana di Daop 1 Jakarta, tepatnya di Jatinegara yang ambil 2 lokasi yakni Stasiun Jatinegara (JNG) dan JPL 52 depan Halte Busway Pasar Enjo Cipinang. Dikasih judul Batavia Spoorweg op Mestercornelis – (Video) Kereta Api di Jatinegara #1.

Pertama kalinya hunting bakal video panjang di luar Daop 2 Bandung. Kali ini ambil spot di dua lokasi sekaligus dalam satu hari yakni Stasiun Jatinegara (JNG) dan JPL 52. Adapun pemilihan Stasiun Jatinegara sebagai lokasi hunting di Daop 1 Jakarta, karena stasiun ini sering dijadiin spot sama railfans lain. Hunting dimulai sekitar jam 14.30 WIB.

3 Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun Jatinegara.

Dulu Stasiun Jatinegara (JNG) jadi stasiun keberangkatan kereta api jarak jauh arah timur pulau Jawa. Hampir semua kereta berhenti di sini, kecuali kereta api Argo dan Eksekutif Unggulan kaya Sembrani, kecuali dari arah timur ke Jakarta baru berhenti di sini buat turunin penumpang saja.

Seiring berjalan waktu, Stasiun Jatinegara akhirnya cuma dikhususin buat KRL Commuter Line. Kalopun masih melayaniu Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), cuma buat turunin penumpang yang baru datang dari Jawa. Semua kereta apj jarak jauh nggak ada lagi yang berhenti di sini alias berjalan langsung.

Bukan cuma KAJJ, dua lokalan yakni Kereta Api Walahar Ekspres dan Jatiluhur berjalan langsung di sini, baik yang ke Cikampek/Purwakarta ataupun sebaliknya. Kereta Api Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) dan Kereta Api Tawang Jaya (Pasar Senen-Semarang Poncol) juga nggak berhenti di sini.

Balik lagi ke hunting, Stasiun Jatinegara sore itu kaya biasanya sangat rame. Selain diramein sama teman-teman Railfans, tentu penumpang KRL Commuter Line dan penumpang KAJJ dari Jawa yang baru turun dari kereta. Di stasiun Jatinegara ada 3 kereta api yang berhasil di shoot yakni Kereta Api Taksaka (Yogyakarta-Gambir), Kereta Api Bangunkarta (Gambir-Surabaya Gubeng) dan Kereta Api Matarmaja (Pasar Senen-Malang).

Pindah ke JPL 52

Hunting berhenti sejenak karena mimin harus menunaikan kewajiban sebagai hamba Alloh, setelah itu dilanjutin lagi, tapi melihat di Stasiun Jatinegara terlalu rame dan susah nyari spot enak, ditambah lagi yang mau barengan hunting (IG @anaksepur) ternyata ngajain di JPL 52. Jadi aja abis ashar hunting dilanjutin di JPL 52 yang jaraknya kurang lebih 3 km arah timur Stasiun Jatinegara

Pasnya sih posisi JPL 52 depan Halte Busway Pasar Enjo Cipinang. Punya 3 jalur aktif dimana jalur 1 dipake buat kereta api arah timur, jalur 2 dipake ke arah barat, dan jalur 3 buat nunggu disilang atau disusul gantian mau ke barat atau masuk Stasiun Jatinegara. JPL 52 nggak jauh dari Stasiun Cipinang yang sekarang udah nggak ada dan diganti bakal Dipo Kereta Api Cipinang buat support Double-Double Track (DDT).

Alhamdulillah, selain bisa hunting bareng sama si “@anaksepur”, spot disini bagus banget. Kita bisa videoin kereta yang lagi melaju kencang atau yang lagi pelan-pelan mau masuk Stasiun Jatinegara. Ada sekitar 7 rangkaian kereta api di sini yaitu: KRL Commuter Line Tokyo Metro 5000 dan 6000 series, Kereta Api Walahar Ekspres, Kereta Api Jatiluhur, Kereta Api Argo Jati, Kereta Api Bima, Kereta Api Argo Sindoro.

Hunting berakhir seiring habisnya batere. Kereta Api Argo Jati jadi penutup rangkaian hunting di Jatinegara tanggal 17 Februari 2018 kemarin untuk video berjudul “Batavia Spoorweg op Mestercornelis (Video Kereta Api di Jatinegara #1”. inSyaaAlloh bakal ada bagian ke-2 dan seterusnya karena mimin mau bikin videonya berseri. Terima kasih juga buat @anaksepur yang udah menemani hunting di sore hari yang cerah.

Advertisements

One thought on “(Video) Kereta Api di Jatinegara #1

  1. […] nggak akan bisa dipisahin dari “Batavia Spoorweg op Mestercornelis #1” atau “(Video) Kereta Api di Jatinegara #1“. Tadinya KRL Commuter Line JR 205 mau dimasukkin ke situ, tapi karena ini armada terbesar […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.