Posted on Leave a comment

(Video) In Memoriam Kereta Api Krakatau

Salah satu video kenangan Kereta Api Krakatau yang mulai 17 Juli 2017 besok ganti nama jadi Kereta Api Singosari dan rutenya dipotong jadi cuma Blitar-Jakarta Pasar Senen. Meski demikian urang Bandung masih bisa nikmatin kok.

Bersamaan saat postingan ini dibikin, hari ini adalah perjalanan terakhir rangkaian kereta api dengan rute terpanjang di Pulau Jawa. Kereta Api Krakatau, namanya diambil dari Gunung Krakatau, yang letusannya begitu fenomenal, melayani rute Merak-Blitar PP mulai besok perjalanannya udah nggak lagi nyampe Stasiun Merak.

Rutenya mengalami pemotongan jadi cuma Jakarta Pasar Senen – Blitar, namanya diganti jadi Kereta Api Singosari, karena memang Krakatau udah nggak pas lagi kalo cuma nyampe ke Jakarta.

Awalnya Merak Madiun

Kereta Api Krakatau mulai dinas tanggal 24 Juli 2013. Awalnya Kereta Api Krakatau melayani rute dari Merak ke Madiun dan sebaliknya. Selanjutnya, rute diperpanjang sampai Stasiun Kediri, sekaligus menjadikan Kereta Api Krakatau punya rute terpanjang dan terjauh di Pulau Jawa.

Keunikan lainnya, nggak seperti kereta api ekonomi lainnya, Kereta Api Krakatau berhenti di Stasiun Cirebon Kejaksaan buat ganti lokomotif. Mengingat perjalanan dari Merak ke Cirebon aja udah jauh banget. Setelah ditarik lokomotif baru, Kereta Api Krakatau lanjut lagi sampai ke tujuan akhirnya lewat Purwokerto-Kroya-Jogja.

1 April 2017, kereta api Krakatau lagi-lagi diperpanjang dimana kali ini sampai Stasiun Blitar. Sebenarnya ini nanggung banget, kenapa nggak sekalian sampai ke Malang atau kalo perlu ke Banyuwangi biar sekalian bikin rekor rangkaian kereta api dari ujung barat ke ujung timur pulau Jawa.

Okupasi Minim di Rute Merak.

Sayangnya khusus di rute Jakarta Pasar Senen – Merak, okupasi kereta api Krakatau nggak sesuai harapan. Walaupun udah dikasih tarif parsial yang cuma Rp 50.000,00 dan bisa dibooking di channel external. Kemungkinan minim karena jadwalnya udah kelewat malam. Berangkat Senen jam 22.38 WIB nyampe Merak jam 02.35 WIB.

Itu juga nyampe di Merak ya, stasiun akhir, kalo turunnya dipertengahan kaya Rangkasbitung jam 00.42 WIB dan Serang jam 01,42 WIB itu benar-benar nggak bersahabat. Jam segitu susah nyari transportasi lanjutan dari Stasiun Rangkasbitung ataupun Serang.

Bisa Jadi Alternatif Bandung Merak

Sebenarnya Kereta Api Krakatau bisa jadi alternatif buat traveling dari Bandung ke Merak, apalagi yang niat kepengen lanjut nyeberang ke Sumatera. Dari jadwalnya sendiri nyambung sama Kereta Api Serayu yang berangkat dari Stasiun Kiaracondong.

Ditutupnya Kereta Api Krakatau jadi bikin susah wargi Bandung yang pengen nyepur ke Merak. Praktis sekarang pilihannya tinggal naik bus, kalo mau langsung, dengan segala kondisi yang pastinya kamu tau sendiri gimana.

Kalopun masih bisa naik kereta api, dari Bandung kamu mesti ngambil Kereta Api Serayu yang berangkat dini hari dari Stasiun Kiaracondong ke Stasiun Pasar Senen, kebetulan nyampenya kan shubuh. Sambil nunggu KRL Commuter Line jurusan Tanah Abang, kamu bisa shubuhan dulu di Stasiun Senen.

Udah naik KRL Commuter Line perjalananmu nggak cukup sampai disitu, karena dari Tanah Abang kamu masih harus nyambung KRL Commuter Line lagi jurusan Stasiun Rangkasbitung dan nyampe di sana lagi-lagi harus nyambung naik Kereta Api Lokalan Rangkasbitung-Merak. Kalo dihitung sama Kereta Api Serayu berarti kamu harus estafet sebanyak 4 kali.

Jadiin Alternatif ke Blitar

Tanggal 16 Juli 2017 jadi perjalanan terakhir Kereta Api Krakatau menempuh perjalannya yang paling jauh di pulau Jawa. Besoknya, 17 Juli 2017 nggak ada lagi Kereta Api Krakatau, meski rangkaiannya masih sama, namanya udah ganti jadi Kereta Api Singosari.

Meski demikian buat kita urang Bandung masih bisa menikmati kok, meski bukan rute ke Merak, melainkan dijadiin alternatif ke Blitar. Ya, karena kereta api dari Bandung ke Blitar saat ini dilayani Kereta Api Malabar dan Kereta Api Kahuripan boleh jadi masih kurang.

Caranya kamu bisa naik Kereta Api Pasundan jam 05.30 WIB nyampe di Stasiun Kroya jam 11.43 WIB. Dari kamu tinggal nungguin keberangkatan Kereta Api Singosari jam 18.47 WIB. Jeda waktu kurang lebih 7 jam 4 menit bisa kamu manfaatin buat wisata singkat di Kroya, termasuk buat kulineran Pecel khas Kroya.

Kenangan Tak Terlupakan buat Penumpang Merak

Buat sebagian besar pengguna setia Keeta Api Krakatau terutama yang sering nyepur dari Stasiun Merak ataupun bablas nyampe sana, nggak turun di tengah jalan, keberadaan kereta api dengan rute terpanjang ini akan jadi kenangan yang tak terlupakan.

Penumpang jurusan Merak yang berangkat dari Jakarta terbilang minim, sehingga menyebabkan okupasi Kereta Api Krakatau di rute kulon itu rendah. Rata-rata memang pada turun di Senen, atau bisa jadi di Bekasi dan Jatinegara. Jadwalnya juga kurang bersahabat. Jadi yang sedikit itu terpaksa harus dikorbankan.

PT. Kereta Api Indonesia memang kepengen memaksimalkan layanan KRL Commuter Line di Green Line antara Tanah Abang-Rangkasbitung, sekaligus Lokalan Rangkasbitung-Merak. Biar gimanapun juga keputusan udah diambil, buat kita sih ambil positifnya aja.

Tulisan ini dibuat barengan sama tanggal terakhir Kereta Api Krakatau beroperasi di rutenya dari Merak ke Blitar maupun sebaliknya. Besok meski rangkaiannya masih yang itu juga, namanya bukan lagi Krakatau tapi Singosari.

Akhirnya dari admin pribadi, mengucapkan Pileuleuyan Kereta Api Krakatau, Hatur Nuhun Kereta Api Krakatau …..Wilujeung Sumping Kereta Api Singosari. 

Note: 

Disini kita tampilin salah satu video Kereta Api Krakatau yang lagi silang sama Kereta Api Gadjah Wong di Stasiun Sruweng, Banyumas. Diiringi instrumen “Di Tepinya Sungai Serayu” makin menambah syahdu mengenang rangkaian kereta api terjauh di Pulau Jawa.

 

Video postingan dari saudara Andriawan Pratikno. Thanks for the videos and memories brother.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.