Posted on Leave a comment

(Video) In Memoriam KA Feeder Logawa

Masih berkaitan sama postingan sebelumnya tentang Pasang Surut Kereta Api Feeder, ini buat kamu yang penasaran kaya gimana sih wujud KA Feeder Logawa rute Kroya-Cilacap PP ada videonya diambil dari Channel Youtube Ian Antono.

Semasa masih dinas antara tahun 2007-2010, KA Feeder Logawa melayani rute pendek dari Stasiun Cilacap ke Stasiun Kroya dan sebaliknya. Nyampe di Stasiun Kroya rangkaian ini digabung sama rangkaian Kereta Api Logawa yang berangkat dari Stasiun Purwokerto. Setelah digabung lanjutin perjalanan ke Stasiun Surabaya Gubeng dan berakhir di Stasiun Jember.

Adapun rute sebaliknya dari Stasiun Jember, sesampainya di Stasiun Kroya, rangkaian Kereta Api Logawa dipisah. Satu rangkaian Kereta Api Logawa lanjut ke Stasiun Purwokerto sementara sisa rangkaiannya ke Stasiun Cilacap sebagai KA Feeder Logawa.

Dilihat dari Video yang diposting di atas, KA Feeder Logawa terdiri dari 3-4 gerbong kelas ekonomi ditarik lokomotif BB 201-03.

Sayang terhitung Juni 2011 KA Feeder Logawa berhenti beroperasi karena satu dan lain hal, tapi yang paling utama ketiadaan lokomotif karena BB 201-03 yang biasanya dipake udah nggak layak operasi karena terlalu tua. Selain adanya ritual putus-nyambung di Stasiun Kroya dianggap kurang efisien.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.