Posted on

Trip Report Kereta Api Jayabaya 3: Tiba di Daop 4 Semarang

Fase akhir Trip Report Kereta Api Jayabaya dari Jakarta ke Cepu, apalagi kalo bukan wilayah Daop 4 Semarang. Start dari Stasiun Tegal nyampe akhir perjalanan di Stasiun Cepu. Inilah jalur lokalannya Daop 4 Semarang. Sayang pas masuk sini hari udah malam, cuma dapat view Gunung Slamet, selain stasiun yang dilewatin.

Akhirnya sampe juga di etape terakhir perjalanan panjang Jakarta-Cepu menelusuri jalur Pantai Utara Pulau Jawa. Buat orang yang kebiasaan lewat selatan, ini jadi pengalaman pertama sekaligus nggak akan pernah terlupakan. Pasalnya cuma 2 kereta dari Bandung yang lewat jalur utara, yakni Kereta Api Ciremai Ekspres dan Kereta Api Harina. Selebihnya lewat jalur selatan.

Start dari Stasiun Tegal (TG).

Inilah stasiun paling barat —yang disinggahi Kereta Api Jayabaya— di Daop 4 Semarang, Stasiun Tegal (TG). Begitu masuk, melodi Gambang Semarang menyambut kedatangan kita. Termasuk salah satu kota utama di Pantura Jawa dan semua kereta api dari Bandung dan Jakarta berhenti di sini. Ada juga yang rutenya khusus ke sini yaitu Kereta Api Tegal Bahari (Gambir-Tegal) dan Kereta Api Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal) yang manfaatin idle KA Progo.

01 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN TEGAL 1

02 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN TEGAL 2

03 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN TEGAL 3

04 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - JALUR KALIGUNG BEGIN 1

Kereta Api jurusan Tegal termasuk yang punya sejarah lumayan panjang. Bahkan pernah pake armada KRD MCW 302 dan pernah juga ada Kereta Api Tegal Arum yang sekarang ditutup karena alasan efisiensi dan layanannya digabung ke Kereta Api Tawang Jaya formasi 14 kereta.

Kebetulan begitu masuk Tegal, masih lumayan terang, pemandangan selepas Stasiun Tegal masih bisa dinikmatin. Satu yang paling fenomenal ialah Gunung Slamet dari kejauhan, yang jadi gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah sekaligus favorit para pendaki. Gunung ini pernah ditaklukkan Soe Hok Gie dkk sebelum misi ke Semeru yang menjadi akhir perjalanan hidup Sang Demonstran (dan Idhan Chalid).

05 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - BEGIN JALUR KALIGUNG 2

Gunung Slamet di Kejauhan bisa kita nikmatin di petak antara Stasiun Tegal dan Stasiun Pemalang. Nah, ngomong-ngomong soal Pemalang tentu kita nggak bisa tinggalin satu tragedi kecelakaan Kereta Api di Petarukan, insiden Kereta Api Senja Utama Semarang disundul sama Kereta Api Argo Bromo Anggrek dari belakang tanggal 2 Oktober 2010. Petarukan ini masuk wilayah Kabupaten Pemalang.

Kereta Api Jayabaya sendiri nggak berhenti di Stasiun Petarukan yang jadi TKP, melainkan di Stasiun Pemalang dan disambut iringan instrumen “ande-ande lumut”.  Abis dari Pemalang, Kereta Api Jayabaya berhenti lagi di Stasiun Pekalongan.

06 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN PEMALANG 1

07 01 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN PEMALANG 2

08 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 1

09 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 2

11 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 4

View Tepi Laut Plabuan yang Terlewati.

Hari sudah gelap saat Kereta Api Jayabaya masuk Stasiun Pemalang dan Stasiun Pekalongan. Inilah yang paling disesalkan karena kita udah pasti ngelewatin view tepi laut di Plabuan, yang jadi ciri khas jalur utara dan Daop 4 Semarang. View ini hanya bisa dinikmati jika perjalanan kita di siang hari. Sayang karena Kereta Api Jayabaya berangkatnya aja udah siang, otomatis nyampe Pekalongan gelap. Plabuan pun terlewati, nggak bisa dinikmati.

Kereta Api Jayabaya terus melaju, menembus malam hingga tiba di Stasiun Weleri, Kabupaten Kendal. Gelap-gelapan akhirnya cuma bisa ngambil foto stasiun yang dilewatin aja.

12 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 5

13 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 6

14 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 7

15 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 8

16 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN WELERI 9

17 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN SEMARANG PONCOL 1

Selepas Stasiun Weleri, Kereta Api Jayabaya berangkat lagi dan baru berhenti di Stasiun Semarang Poncol (SMC). Tujuan akhir Stasiun Cepu (CU) tinggal berjarak kurang lebih 2 jam lagi. Lumayan lama lho Kereta Api Jayabaya berhenti di Stasiun Semarang Poncol (SMC). Jadi bisa ambil beberapa foto, termasuk Kereta Api Kaligung dan KA Kedungsepur yang baru masuk.

18 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN SEMARANG PONCOL 2

19 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN SEMARANG PONCOL 3

20 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN SEMARANG PONCOL 4

21 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN SEMARANG PONCOL 5

22 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN SEMARANG PONCOL 6

23 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN SEMARANG PONCOL 7

Tambahan info, KA Kedungsepur ini pake armada KRD MCW 302 dan jadi satu-satunya yang masih rutin dinas sebagai kereta penumpang. DI saat sebagain besar KRD MCW 302 udah berubah fungsi, bahkan dirucat, ada juga yang masih dinas angkut penumpang tapi cuma jadi cadangan. Di rute Purwosari-Wonogiri, cadangan Batara Kresna. Jadi harus nungguin kereta utama atau yang lain TSO dulu baru bisa dinas.

Tiba di Stasiun Cepu (CU).

Kereta Api Jayabaya akhirnya berangkat dari Stasiun Semarang Poncol (SMC), bablas langsung Stasiun Semarang Tawang (SMT) karena nggak ada jadwal pemberhentian dan baru berhenti di Stasiun Ngrombo (NBO). Cuma sayang admin nggak ambil foto di sini. Selain capek khawatir bisi ganggu penumpang di sebelah karena tiap berhenti bolak balik terus.

Selepas Stasiun Ngrombo (NBO), Kereta Api Jayabaya berhenti lagi di Stasiun Randublatung, dan ini udah masuk Kabupaten Blora. Tinggal kurang dari sejam lagi nyampe di tujuan akhir. Di sini ambil foto sebentar. Oh iya, sempet juga lho PKD Stasiun Randublatung ikut ke foto. Padahal sosok ini kerap jadi semacam sosok “monster jahat” yang ditakuti di kalangan railfans.

24 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN RANDUBLATUNG 1

25 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN RANDUBLATUNG 2

26 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN RANDUBLATUNG 3

27 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN RANDUBLATUNG 4

28 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN RANDUBLATUNG 5

Nah, udah menempuh perjalanan panjang selama kurang lebih 8 jam, menelusuri Pantai Utara Jawa, akhirnya Kereta Api Jayabaya nyampe juga di Stasiun Cepu (CU). Kedatangannya disambut lantunan melodi “Suwe Ora Jamu”. Aslinya, Kereta Api Jayabaya tujuan akhir Stasiun Malang (ML). Tapi admin naiknya cuma sampe Cepu (CU).

29 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN CEPU 1

30 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN CEPU 2

31 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 3(TEGAL CEPU) - STASIUN CEPU 3

Stasiun Cepu (CU) merupaka stasiun besar di Kabupaten Blora. Masih masuk Daop 4 Semarang, stasiun ini punya Dipo Lokomotif. Dulu ada percabangan ke Stasiun Blora, Depot Pertamina dan Perhutani yang lewat Stasiun Cepu Kota (CEK). Sayang percabangan ini udah lama non-aktif. Tinggal rel di Perhutani aja, itu juga nggak nyambung dan terbatas buat Pariwisata (satu-satunya objek wisata di Kota Cepu).

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.