Posted on Leave a comment

Trip Report Kereta Api Jayabaya 1: Jakarta ke Cirebon

Trip report Kereta Api Jayabaya bagian pertama dari perjalanan Jakarta ke Cepu tanggal 29 April 2018. Di fase pertama, sang pelopor livery selendang pecut ini berhenti di Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek, Stasiun Jatibarang dan Stasiun Cirebon Prujakan. Tumpukan kereta afkir dan Sungai Cimanuk jadi pemandangan menarik. 

Dreams come true, sama kaya kesampeannya keinginan nyobain kereta baru K1 18 Stainless Steel tempo hari, ngejajal kereta api ekonomi AC angkatan 2014 ke bawah jadi impian lainnya. Maklum nggak ada di Daop 2 jadi kalo mau nyoba mesti ke Jakarta atau Purwokerto dulu. Alhamdulillah di tanggal 29 April 2018 admin berkesempatan ngejajal sang pelopor livery selendang pecut, Kereta Api Jayabaya.

Perjalanan kali ini dari Stasiun Pasar Senen (PSE) ke Stasiun Cepu (CU). Sedikit info, Kereta Api Jayabaya sebenarnya bukan barang baru bahkan termasuk kereta legendaris. Dulu ada dua kereta yakni Jayabaya Utara dan Jayabaya Selatan. Sempat vakum sebelum akhirnya balik lagi di tahun 2014 dalam wujud Kereta Api Jayabaya kelas ekonomi plus, rute Pasar Senen (PSE)-Malang (ML) via Surabaya Pasar Turi (SBI).

Biasanya kereta jurusan Malang itu lewat jalur selatan. Kalopun ke Pantura, nyampe di Semarang belok ke arah Madiun lewat Kedungjati-Solo Jebres alias jalur tertua di Indonesia peninggalan NIS. Tapi Kereta Api Jayabaya ngambil rute lurus sampe ke Surabaya Pasar Turi sebelum akhirnya ke arah Malang via shortcut dan Sidoarjo.

Trip Report Kereta Api Jayabaya Fase 1

Trip report Kereta Api Jayabaya tanggal 29 April 2018 dari Stasiun Pasar Senen (PSE) ke Stasiun Cepu (CU). Alhamdulilah sepanjang perjalanan selama kurang lebih 8 jam ini banyak ngambil foto-foto, terutama view dan stasiun yang dilewatin. Memang nggak semua, tapi 98% stasiun pemberhentian Kereta Api Jayabaya sempat difoto. Begitupula view kaya Sungai Cimanuk dan Kuburan Kereta Afkir di Stasiun Cikaum.

Karena foto-fotonya lumayan banyak pastinya kalo semua dimuat dalam satu postingan bakalan panjang banget. Melihat kecenderungan kamu yang males baca artikel kepanjangan, postingan Trip Report Kereta Api Jayabaya dari Jakarta ke Cepu akan dibagi jadi 3 postingan. Untuk fase pertama Trip Report Kereta Api Jayabaya dimulai dari Jakarta-Cirebon dulu.

Kereta Api Jayabaya berangkat dari Stasiun Pasar Senen (PSE) jam 13.00 WIB dari jalur 1. Nggak ada foto yang diambil di sini, terutama untuk jalur yang dilewatin KRL Commuter Line dari Pasar Senen (PSE) ke Cikarang (CKR). View-nya nggak ada yang istimewa karena hanya itu-itu aja dan sangat biasa kamu lewatin, terutama pengguna KRL Commuter Line, Kereta Api Wahalar Ekspress dan Jatiluhur. Makanya sengaja nggak diposting.

Cuma ada yang unik disini. Sang pelopor ternyata berhenti di Stasiun Karawang (KW) buat nambah penumpang. Jarang-jarang lho, karena sebagian besar Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) berhenti di Stasiun Bekasi, tapi ini bablas sampe ke Stasiun Karawang (KW). Di stasiun ini ada penumpang yang naik dan lumayan banyak.

01 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN KARAWANG 1

02 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN KARAWANG 2

03 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN KARAWANG 3

Lepas dari Stasiun Karawang (KW), Kereta Api Jayabaya berhenti lagi di Stasiun Cikampek (CKP). Lagi-lagi buat nambah penumpang dan ada yang naik dari situ. Stasiun Cikampek (CKP) adalah stasiun paling timur di Daop 1 Jakarta. Dari sini jalur kereta api bercabang 2, satu jalur bablas ke Timur dan satunya lagi belok ke selatan. Jalur yang belok udah nggak asing lagi itu mengarah ke Bandung, biasa dilewatin Kereta Api Argo Parahyangan.

04 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAMPEK 1

05 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAMPEK 2

06 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAMPEK 3

07 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAMPEK 4

08 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAMPEK 5

Adapun yang bablas ke timur, inilah yang dilewatin Kereta Api Jayabaya dan semua kereta api dari Jakarta ke Cirebon, Jawa Tengah, Jogja dan Jawa Timur. Posisi Stasiun Cikampek (CKP) sendiri masih di Kabupaten Karawang dan jadi stasiun terbesar kedua di sana setelah Stasiun Karawang (KW). Kini banyak kereta api jarak jauh berhenti di sini, salah satunya Kereta Api Jayabaya.

Dari Stasiun Cikampek, Kereta Api Jayabaya berjalan lurus ke arah timur. Bedanya sama jalur belok arah Bandung yang banyak didominasi pegunungan Priangan Barat, jalur lempeng ini dominan sama hamparan sawah. Nggak begitu banyak yang menarik di sini. Kecuali satu, apalagi kalo bukan kuburan kereta afkir di Stasiun Cikaum.

09 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- KABUPATEN SUBANG 1

10 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- KABUPATEN SUBANG 2

11 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- KABUPATEN SUBANG 3

12 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN PASIRBUNGUR 1

13 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN PASIRBUNGUR 2

Seperti Stasiun Purwakarta (PWK), Stasiun Cikaum jadi tempat dimana KRL dan kereta yang udah nggak lagi dinas dirucat. Untuk KRL, kebanyakan rangkaian yang dulunya pernah dinas sebagai KRL Ekspres dan ekonomi AC, sempat juga memperkuat armada KRL Commuter Line kaya Toei 6000 Series hingga Tokyu 8500 “Jalita”. KRLI Prajayana yang pernah jadi kebanggaan sebagai karya anak bangsa kini juga dirucat di sini karena rusak parah.

Cuma sayang pas Kereta Api Jayabaya lewat ada kereta barang berhenti nunggu disusul. Jadi aja cuma dapat kereta afkir yang udah dalam kondisi ditumpuk.

14 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAUM 1

15 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAUM 2

16 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAUM 3

17 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAUM 4

18 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAUM 5

19 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAUM 6

20 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIKAUM 7

Sungai Cimanuk dan BLB Stasiun Cirebon.

Meski nggak semenarik jalur selatan ada dua spot lumayan di sini, yakni Sungai Cimanuk.  Kereta Api Jayabaya ngelewatin sungai ini sebelum masuk Stasiun Jatibarang di Kabupaten Indramayu. Sungai ini termasuk besar lho, bermula dari daerah Garut dan muaranya di Laut Jawa. Makanya kereta api yang lewat pantura juga melintas di atas sungai ini, sama kaya jalur selatan.

21 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- KABUPATEN INDRAMAYU

22 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- SUNGAI CIMANUK

23 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN JATIBARANG

Cuma yang bedain kalo di jalur selatan, kita akan ketemu Sungai Cimanuk sebelum masuk Stasiun Cibatu. Perbedaan lainnya karema posisi yang masih relatif dekat sama hulunya, kita masih bisa liat arus sungai yang mengalir ke arah hilir. Sementara yang di Indramayu itu udah masuk wilayah hilir sungai.

Dalam perjalanan kali ini, Kereta Api Jayabaya berhenti sejenak (BLB) di Stasiun Cirebon, yang jadi tempat pemberhentian Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) komersial: eksekutif, bisnis dan ekonomi plus. Meski masuk kelas komersial, Kereta Api Jayabaya nggak punya jadwal pemberhentian di sini, melainkan di Stasiun Cirebon Prujakan (CNP) bersama kereta api ekonomi reguler bersubsidi.

24 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIREBON KEJAKSAAN 1

25 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIREBON KEJAKSAAN 2

26 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIREBON KEJAKSAAN 3

Kenapa bisa BLB di Stasiun Cirebon Kejaksaan (CN), seperti biasa menunggu antrian masuk Stasiun Cirebon Prujakan (CNP). Nggak lama setelah BLB, Kereta Api Jayabaya lanjut untuk kemudian berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan (CNP) untuk keperluan naik turun penumpang di sana.

27 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIREBON PRUJAKAN 1

28 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIREBON PRUJAKAN 2

29 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 1 (JAKARTA-CIREBON) -- STASIUN CIREBON PRUJAKAN 3

Nah, itulah fase pertama dari trip report Kereta Api Jayabaya menuju Stasiun Cepu (CU) tanggal 29 April 2018. Perjalanan dari Stasiun Pasar Senen (PSE) ke Stasiun Cepu menempuh waktu selama 8 jam. Berarti ini baru sepertiga dari keseluruhan perjalanan.

InSyaaAlloh lanjut ke Trip Report Kereta Api Jayabaya 2: Cirebon ke Jalur Kaligung

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.