Posted on Leave a comment

Tokyo Monorail Ternyata Udah Ada Sejak Tahun 1960-an

Tokyo Monorail sebagai akses dari Tokyo Haneda Airport (HND) menuju Pusat Kota Tokyo yang dioperasikan Tokyo Monorail Co, Ltd. ternyata udah ada sejak 1960-an. Dibangun nyaris barengan sama Tokaido Shinkansen, dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 1964. 

Inilah fasilitas pendukung airport yang udah semestinya ada sebagai penghubung menuju pusat kota. Meski bus juga sebetulnya udah cukup. Sebelum ada Narita Airport (NRT), Tokyo Haneda Airport (HND) merupakan satu-satunya pintu masuk utama Jepang via Tokyo.

Tokyo Haneda (HND) awalnya merupakan basis militer kekaisaran Jepang, mulai dibangun tahun 1931. Sempat diokupasi militer Amerika Serikat dan dijadikan basis setelah Perang Dunia II (1945-1952).

Tahun 1952, pihak Amerika Serikat mulai mengembalikan sebagian kepemilikan Tokyo Haneda (HND) ke Jepang hingga akhirnya tahun 1958, bandara yang jaraknya cuma sejengkal dari Tokyo ini sepenuhnya kembali ke tangan pemiliknya, Jepang.

Ketika Jepang mulai memiliki kembali Tokyo Haneda (HND) meski belum seutuhnya, penerbangan domestik pertama dari Tokyo Haneda (HND) mulai dibuka tahun 1951 dilayani maskapai penerbangan Japan Airlines (JAL).

Tokyo Monorail dan Olimpiade Tokyo 1964

6 tahun setelah balik lagi ke tangan Jepang, Tokyo Haneda (HND) mulai membangun satu sarana pendukung penting sebagai penghubung bandara yang terletak dekat Tokyo Bay ini dengan Pusat Kota Tokyo, yaitu Tokyo Monorail. Pembangunan sarana pendukung ini juga dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 1964.

Semula Tokyo Monorail direncanakan hubungkan Tokyo Haneda Airport (HND) dan Tokyo Station yang berada percis di pusat kota. Karena pertimbangan biaya tinggi dan di saat bersamaan juga lagi bangun proyek Tokaido Shinkansen rute Tokyo-Osaka jalurnya dipotong jadi cuma nyampe Hamamatsucho Station sampe sekarang.

Tokyo Monorail dibangun Hitachi Monorail dan mulai dinas 17 September 1964 sekaligus siap menyambut kontingen Olimpiade Tokyo 1964.

Tokyo Monorail dioperasikan perusahaan swasta bernama Tokyo Monorail Co Ltd. Uniknya, meski operatornya swasta, Tokyo Monorail dicover JR Pass, JR East Pass dan Tokyo Widepass yang sejatinya cuma berlaku di kereta JR atau JR Lines. Jelas beda sama subway atau kereta lainnya kaya Keikyu Line.

Kenapa JR Pass cs bisa dipake disini? Setelah ditelusuri sejak tahun 2002 JR East (East Japan Railway Company) jadi pemilik saham mayoritas sebanyak 70% di Tokyo Monorail. Sisanya sebanyak 12% punya Hitachi, 9% Japan Airlines, dan 9% All Nippon Airways.

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.