Tokyo Monorail, Penghubung Tokyo Haneda Airport (HND) dan Pusat Kota Tokyo

Jarak yang tinggal selangkah lagi dari Tokyo Haneda Airport (HND) ke Pusat Kota Tokyo bisa ditempuh naik Tokyo Monorail yang langsung terhubung ke Yamanote Line. 

Setelah panjang lebar ngebahas Tokyo Haneda Airport (HND) sekarang waktunya kita bahas gimana caranya menuju Pusat Kota Tokyo. Kalo boleh jujur sih Tokyo Haneda (HND) belum kelar dibahas tapi daripada kamu bete dan nganggap situs ini monoton jadi ada baiknya kita skip dulu dan bahas yang lain.

Nah seperti kita tau Tokyo Haneda (HND) atau Tokyo International Airport adalah salah satu gerbang negeri Sakura via ibukota Tokyo. Bandara ini posisinya sangat dekat ke pusat kota. Jadi ibaratnya Bandara Husein Sastranegara (BDO) di Bandung yang cuma butuh waktu kurang dari 20 menit buat ke Pusat Kota.

Maka dari itu boleh dibilang Tokyo Haneda Airport (HND) cuma selangkah menuju Pusat Kota Tokyo. Cuma gimana caranya kita bisa sampe ke Tokyo yang katanya cuma selangkah itu?

Tokyo Monorail

Salah satu solusi paling praktis adalah kereta api. Ada dua jalur kereta yang terhubung langsung dengan Tokyo Haneda Airport (HND) yakni subway Keikyu Line dan Tokyo Monorail. Keikyu Line dioperasikan perusahaan swasta Keikyu Corporation. Jalur dari Tokyo Haneda Airport (HND) terhubung ke Toei Asakusa Line.

1TOKYO~1

Cuma sayang karena ini swasta punya buat kamu pemilik JR Pass pasti dikenakan biaya tambahan kalo mau naik Keikyu Line. Ada alternatif lain dimana kamu pemegang JR Pass bisa memanfaatkan tanpa harus keluar uang lagi, yakni Tokyo Monorail yang dioperasikan JR East.

Sama kaya Keikyu Line, Tokyo Monorail menghubungkan Tokyo Haneda Airport (HND) dan Pusat Kota Tokyo. Bedanya Tokyo Monorail nyambung sama Yamanote Line, dimana kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Tokyo Station, Shinagawa, Shibuya, Harajuku, sampe ke Shinjuku.

Mau lanjutin perjalanan naik Shinkansen? Sangat cerdas kalo kamu pilih Tokyo Monorail. Naik dari Tokyo Haneda (HND) sampe abis ke JR Hamamatsucho Station yang termasuk bagian dari JR Yamanote Line.

2TOKYO~1

Nah dari Hamamatsucho Station pilihan kamu bisa ke Shinagawa atau Tokyo. Kalo mau ke Kyoto, Osaka, Hiroshima sampe Sendai di Kyusu Island berarti kamu naiknya Tokaido-Sanyo Shinkansen via Shinagawa Station. Jadi nggak perlu ke Tokyo Station karena dari sana pasti lewatnya Shinagawa juga.

Adapun kamu yang bertujuan ke utara mulai dari Saitama, Gunma, sampe ke Hokkaido maka kamu naik dari Tokyo Station. Oh iya tambahan info, kamu yang pengen coba alternatif ke Mount Fuji naik Shinkansen bisa manfaatin Tokaido Shinkansen tipe Kodama.

3TOKYO~1

Naik dari Shinagawa Station sampe dengan Shin Fuji Station. Posisinya Shin Fuji Station ada di sebelah selatan Mount Fuji. Dari situ kamu juga bisa ke Gotenba City, kota di kaki Mount Fuji. Biasanya kan kalo mau ke Mount Fuji naik Kaiji/Azusa Express dari Tokyo Station/Shinjuku ke Otsuki, abis itu lanjut Fujikyuko Line.

Tokyo Tower via JR Hamamatsucho

Selain bisa lanjut naik Shinkansen ke utara dan selatan, kamu yang pengen segera ke Tokyo Tower malah lebih enak lagi. Tokyo Tower jaraknya 2 km dari JR Hamamatsucho Station. Ini bisa jadi pilihan bijak, terutama buat kamu yang nggak pengen buru-buru ke luar kota tapi pengen menikmati Tokyo lebih dulu.

Kalo penerbangan kamu nyampe pagi di Tokyo Haneda (HND) sementara check-in time di sana umumnya jam 16.00 waktu setempat, kamu bisa ke Tokyo Tower lebih dulu. Menikmati pemandangan dari ketinggian 150 meter. Meski nggak segreget malam, pemandangan siang hari juga nggak kalah bagus.

Malah buat kamu yang terkendala HP dengan kualitas kamera seadanya, terutama yang nggak terlalu bagus di malam hari, pilihan mengunjungi Tokyo Tower saat mentari masih bersinar bisa jadi solusi.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.