Posted on Leave a comment

Tokyo Haneda Airport (Tokyo International Airport), Selangkah Menuju Tokyo

Tokyo Haneda Airport atau Tokyo International Airport merupakan gerbang masuk utama Tokyo via udara. Posisinya sangat dekat ke Pusat Kota atau bisa dibilang selangkah menuju Tokyo. 

Di antara keunikan Tokyo ialah masih eksisnya bandara yang terletak nyaris di pusat kota yakni Tokyo Haneda Airport (HND) atau Tokyo International Airport. Jika dibanding sama tetangga kita misalnya, Singapore atau Malaysia, bandara utamanya boleh dibilang lumayan jauh dari pusat kota.

Dulu Indonesia juga pernah punya Bandara Kemayoran (KMO) yang terletak di tengah-tengah kota Jakarta. Namun karena pertumbuhan pemukiman penduduk dan kawasan bisnis di sekitarnya Bandara pun ditutup tahun 1984 selanjutnya pindah ke Soekarno Hatta (CGK) di Tangerang Banten.

Begitu juga Medan, sebelum ada Kuala Namu di Deli Serdang, pernah punya Bandara Polonia (MES) yang terletak di pusat kota. Tapi karena sejumlah insiden, akses menuju Medan via udara pun pindah ke Kuala Namu (KNO). Polonia sekarang cuma difungsikan sebagai pangkalan militer TNI AU dengan nama Lanud Soewondo.

Sedikit pengecualian untuk Bandung yang hingga kini masih mengoperasikan Bandara Husein Sastranegara (BDO), padahal BIJB atau Kertajati yang sedianya dipersiapkan sebagia pengganti sudah beroperasi. Jadi Tokyo Haneda Airport (HND) bisa disamain sama Husein Sastranegara (BDO), sama-sama selangkah ke Pusat Kota.

01-TOK~1

ANA dan Garuda Indonesia

Buat kamu yang mau ke Tokyo naik ANA atau Garuda Indonesia bisa landing di Tokyo Haneda Airport. Kebetulan waktu mimin ke Tokyo kemarin naik Garuda Indonesia flight GA 874 dari Bandara Soekarno Hatta (CGK) Tangerang Banten juga turunnya di Tokyo Haneda Airport (HND).

Untuk ukuran airport yang posisinya di dalam kota, fasilitas yang dimiliki Tokyo Haneda Airport (Tokyo International Airport) sangat lengkap. Memang kalo dari luas masih gedean Narita Airport (NRT) yang berada jauh di luar kota Tokyo, bandingannya sama BIJB Kertajati lah untuk Narita. Tapi di Haneda Airport (HND) udah cukup bagus kok.

Selain penerbangan internasional, Tokyo Haneda Airport (HND) juga melayani penerbangan domestik ke kota-kota lain seperti Osaka, Hiroshima, hingga Fukuoka yang dilayani dua maskapai yakni All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL).

02-TOK~1

Menuju Pusat Kota naik Tokyo Monorail

Nah katanya selangkah menuju pusat kota, terus kalo kita udah beres segala macam urusan di Tokyo Haneda Airport (HND) kaya imigrasi dan ambil bagasi (kalo bawa bagasi) mau langsung ke Tokyo gimana caranya?

Terutama kamu pemegang JR Pass, pilihannya naik Tokyo Monorail. Tapi harus diingat, JR Pass yang kamu dapatkan di Indonesia itu masih berupa voucher yang harus ditukar dengan tiket asli di Jepang. Kebetulan Tokyo Haneda Airport (HND) punya counter penukaran JR Pass, percis disamping stasiun Tokyo Monorail.

Udah beres urusan JR Pass baru deh kamu bisa langsung meluncur ke Pusat Kota Tokyo naik Tokyo Monorail dengan relasi Tokyo Haneda Airport – JR Hamamatsucho Station. Dimana JR Hamamatsucho Station ini termasuk dalam JR Yamanote Line.

03-TOK~1

Disamping itu JR Hamamatsucho Station juga jadi titik terdekat menuju Tokyo Tower, tinggal jalan kaki aja 2 km udah nyampe Tokyo Tower. Jadi begitu kamu touch down di Tokyo Haneda Airport (HND) kamu bisa aja langsung ke Tokyo Tower.

Gimana kalo bawa barang lumayan gede kaya koper gered? Di stasiun punya JR Group tersedia locker buat menyimpan barang. Berbayar tentunya tergantung ukuran barang bawaan kamu. Kalo mau kamu bisa sewa locker misalnya di JR Hamamatsucho Station abis itu langsung deh meluncur ke Tokyo Tower.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.