Posted on

TKP PLH Trowek 1995 dan Jejak Pemberontakan DI/TII

Mungkin nggak banyak yang tau pernah ada PLH Trowek 25 Oktober 1995, boleh jadi karena kurang pemberitaan atau TKP-nya daerah terpencil di Kabupaten Tasikmalaya. Padahal selain sejumlah PLH, tempat ini pernah jadi basis pemberontakan DI/TII

PLH Trowek di Jembatan Trowek (sekarang Jembatan Cirahayu) tanggal 25 Oktober 1995 memang nggak setenar Tragedi Bintaro 1, 19 Oktober 1987. Dari korban jiwanya aja kalah jauh, ada kurang lebih sepersepuluhnya. Walaupun kalo ngomongin soal tragis, sama tragis dan ngenesnya, nggak sedikit jenazah PLH Trowek nggak utuh lagi.

Lokasi kejadiannya juga bukan di ibukota, pusatnya segala aktivitas termasuk media massa, kenapa Tragedi Bintaro 1 begitu terkenal dan fenomenal, malah sampe ke luar negeri ya karena itu tadi kejadiannya masih di sekitaran Jakarta. Banyak disorot media.

Adapun PLH Trowek 1995 itu berada di dusun terpencil namanya Dusun Trowek. Kalo kamu searching di Google aja nggak bakal ada Dusun Trowek. Tempat ini masih masuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya, di Kecamatan Ciawi, tapi itu tadi jauh dari kota.

Sejarah dan Asal Usul nama Trowek

Kayanya nggak asyik kalo kita nggak coba telusurin asal usul nama Trowek, yang begitu populer di kalangan PT. KAI dan Railfans (komunitas atau grup pecinta kereta api), karena seringnya ada kejadian PLH atau kecelakaan kereta api di lokasi ini, mulai insiden kecil sampe yang fatal dan banyak makan korban kaya PLH Trowek 1995.

Nggak begitu jelas asal usul kenapa tempat ini dinamai Trowek (atau Torowek) tapi dari beberapa sumber yang berhasil dikumpulin sama admin, Trowek atau Torowek diambil dari nama mata air yang ada di atas kampung itu, yakni Citorowek. Cuma lagi-lagi ada pertanyaan besar kenapa mata air itu namanya Citorowek?

Ada banyak yang ngartiin Torowek, mulai dari nama Torowek diambil dari bahasa sunda, Torek, yang artinya budek. Disebutin juga nama Torowek asalnya dari bahasa Arab, Toriqo, dengan wajan tarowaka-yatarowiku-torowikon, artinya jalan. Tapi karena lidah urang sunda tea osok balelo jadi wae Torowek.

Sama juga kaya bilang Glass (bahasa inggris artinya Kaca) jadi gelas. Padahal gelas kalo di bahasa inggris itu dibedain lagi ukuran kecil (cangkir) disebut cup kalo glass berarti gelas ukuran sedang atau besar.

Ada lagi yang bilang Torowek itu singkatan dari Torowongan Poek, mengacu ke terowongan di bawah rel kereta api di kampung itu. Tapi apapun itu orang Trowek coba ngartiin kampungnya supaya punya filosofi kaya kampung lainnya. Sekarang kampung Trowek di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya udah jadi hunian layak.

Jejak Pemberontakan DI/TII Jawa Barat

Dalam sejarahnya, kampung Trowek ternyata pernah dijadiin basis pemberontakan DI/TII Jawa Barat dibawah pimpinan SM Kartosuwiryo tanggal 7 Agustus 1949 – 2 September 1962. Tujuan pemberontakan ini nggak lain kepengen mendirikan Negara Islam Indonesia (NII).

Latar belakang Pemberontakan DI/TII ini karena nggak puas atas hasil perundingan Renville 8 Desember 1947 yang (memang) merugikan pihak Republik Indonesia, karena wilayahnya jadi semakin kecil malah bisa dibilang tinggal nyisa Jogjakarta aja sama sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Salah satu implementasi dari perundingan itu, pasukan TNI dari Divisi Siliwangi harus hijrah ke wilayah Republik di Jogjakarta dan Jawa Tengah. Inilah yang bikin kecewa SM. Kartosuwiryo sampe berani klaim Republik 17 Agustus 1945 udah nggak ada lagi, sehingga moment ini dimanfaatin buat bikin negara Islam.

Stasiun Cirahayu (sebelum PLH Trowek 1995 namanya Stasiun Trowek) awalnya cuma pos jaga yang dibikin pemerintah Republik Indonesia buat ngawasin pergerakan anggota DI/TII di daerah itu. Di Dusun Trowek, pemberontak DI/TII sering sabotase kereta api yang lewat di situ. Disebutin juga penduduk dusun Trowek yang berusia lanjut dulunya anggota DI/TII.

PLH Trowek 1995 dan Sejumlah PLH di Lokasi Berdekatan

Entah kenapa di lokasi ini sering terjadi sejumlah insiden melibatkan rangkaian kereta api, mulai insiden kecil sampe yang parah dan makan korban jiwa dalam jumlah besar. Selain PLH Trowek 25 Oktober 1995 yang menewaskan 15 orang dan melukai sekurang-kurangnya 90 korban lainnya, kecelakaan fatal pernah terjadi di tahun 1950-an.

Sebuah rangkaian kereta api terguling dan beberapa gerbong penuh penumpang jatuh ke jurang sedalam ratusan meter. Insiden ini makan korban jiwa ratusan. Nggak jelas pastinya berapa dan penyebabnya apa, masalah teknis, human error atau sabotase dari pemberontak DI/TII karena di tahun itu masih terjadi dan sering sabotase rel kereta api.

Insiden lainnya yang makan korban jiwa juga terjadi tanggal 4 April 2014 menimpa Kereta Api Malabar rute Bandung-Malang PP. Akibat insiden ini 5 orang meninggal dunia, satu unit lokomotif CC 206 13 55 BD sama 2 gerbong eksekuif (K1 0 67 27 dan K1 0 67 22) jatuh ke jurang.

PLH Kereta Api Malabar 4 April 2014 terjadi akibat tanah penyangga rel kereta api mengalami longsor. Beberapa jam sebelum insiden memang hujan gede di lokasi kejadian, yakni KM 244 nggak jauh dari TKP PLH Trowek 1995 di KM 241.

Selain insiden skala besar, beberapa insiden ringan juga nggak jarang terjadi di situ, kaya Kereta Api Pasundan anjlok tanggal 27 Juni 2014 dan Kereta Api Lodaya tanggal 5 Oktober 2015. Jalur kereta api di situ memang ekstrem dan rawan longsor.


Catatan: 

Artikel ini sebenarnya udah pernah diposting di situs Manglayang Tour yang lama, tapi karena situsnya nggak lagi aktif dan Manglayang Tour sendiri lagi vakum, tulisannya dibawa ke sini. Bedanya kalo dulu dibikin sendiri-sendiri sekarang 3 artikel dijadiin satu. 


REFERENSI: 

AM, H. Harisoedin dalam Family Weblog. 2006. Trowek
http://i-familyresources.blogspot.co.id/2009/06/trowek.html

Faneja, Fahmi. 2011. Sejarah Dusun Torowek. Torowek’s Blog.
http://torowek.blogspot.co.id/2011/05/sejarah-dusun-torowek.html

Hidayat, Dudi Egief. 2009. Trowek: Mblusukan Ke Trowek. Tim Penelusur Rel Mati (TPRM). https://penelusurrelmati.wordpress.com/egief-del-haris/trowek/

Katam, Sudarsono. 2014. Kereta Api Di Priangan Tempo Doeloe. Bandung: Pustaka Jaya.

Kecelakaan Kereta Api Malabar 2014.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecelakaan_kereta_api_Malabar_2014

Kompas.Com. 2014. BPBD Tasik: KA Pasundan Anjlok Akibat Kayu Bantalan Rel Lapuk. http://regional.kompas.com/read/2014/06/27/2131296/BPBD.Tasik.KA.Pasundan.Anjlok.Akibat.Kayu.Bantalan.Rel.Lapuk?

KRD Fans Club Bandung Raya. 2011. Tragedi KA Galuh dan KA Kahuripan
https://id-id.facebook.com/krdbdgraya/posts/345671332113038

Nanda, Refsa. 2015. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat. Materi Kelas: Kumpulan materi kelas pelajaran fisika, biologi, pkn, sejarah, matematika, bahasa inggris, tik, prakarya, basa sunda, bahasa indonesia, seni budaya.
http://www.materikelas.com/2015/08/pemberontakan-ditii-di-jawa-barat.html

Negara Islam Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Negara_Islam_Indonesia 

Stasiun Cirahayu. https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Cirahayu

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *