Tiket Kereta Lokal Gratis Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 74

Tiket Kereta Lokal Gratis jadi bentuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun di tanggal 17 Agustus 2019 kemarin. Namun khusus hanya di tanggal itu aja dan nggak bisa online.

Inilah perayaan HUT Kemerdekaan RI yang mungkin anti mainstream. PT.KAI gratisin kereta lokal, termasuk di Daop 2 Bandung. Tiket yang nggak dikenakan biaya itu berlaku untuk perjalanan Kereta Api Elok Cibatu dan Kereta Api Lokal Bandung Raya.

Tentu keberadaan tiket gratis mengundang antusias. Karena kapan lagi bisa merdeka kekeertaan tanpa keluar uang sepeser pun. Cuma di hari Sabtu itu karena paginya banyak yang upacara. Efek tiket gratisan baru sedikit terasa di siang hingga malam hari.

Tiket Kereta Lokal Gratis – Nggak Bisa Online

Biasanya tiket kereta lokal bisa dibooking online. Periodenya pun ada yang H-7 ada juga yang cuma bisa di hari yang sama. Booking via KAI Access dengan metode pembayaran LinkAja.

Cuma pada saat diberlakukan gratisan di hari Kemerdekaan RI ke 74 itu pemesanan online nggak berlaku. Jadi tiket cuma bisa didapat secara go show di loket stasiun. Termasuk untuk lokalan yang jaraknya agak jauh kaya Elok Cibatu.

Nah untuk tiket kereta api Elok Cibatu di waktu gratisan cuma bisa dibooking mulai 1 jam sebelum berangkat. Mungkin untuk menghindari efek antrian terlalu panjang bila bookingnya 3 jam sebelum berangkat. Karena masih banyak yang tujuannya cuma naik Kereta Api Lokal Bandung Raya.

Meski demikian tetap aja ada risikonya naik lokalan yang rada jauh. Misalnya ke Purwakarta (PWK) atau Cibatu (CB). Apalagi kalo bukan risiko kehabisan tiket. Secara keretanya juga terbatas banget. Untuk Purwakarta aja, yang lokalan cuma Elok Cibatu. Gimana kalo baliknya abis?

Mau nggak mau ya harus nginap karena lokalan baru ada besok pagi yaitu Kereta Api Lokal Bandung Raya dengan nomor perjalanan 360. Begitu juga yang Cibatu baru ada lagi besoknya untuk KA 379A.

Jadi paling aman ya tetap naik Kereta Api Lokal Bandung Raya sebatas di koridor Padalarang-Cicalengka. Kalo misalkan sampe kehabisan tiket masih bisa naik kereta berikutnya.

Tiket Kereta Lokal Gratis Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 74
Tiket Kereta Lokal Gratis Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 74. Tiket dengan tarif NOL rupiah hanya bisa didapat di loket. Nggak bisa online kaya biasanya.

Pelajaran di Hari Kemerdekaan

Dibalik tiket kereta gratis di Hari Kemerdekaan tentu ada pelajaran yang bisa kita ambil. Terutama berkaitan dengan 74 tahun Kemerdekaan Indonesia. Kalo biasanya 17-an diisi dengan berbagai perlombaan seperti balap karung, makan kerupuk, panjat pinang dan semisal.

Kali ini diisi dengan kekeretaan gratis naik lokalan. Disini pelajaran yang bisa kita ambil ialah tentang perjuangan mencapai kemerdekaan. Ya, dalam arti merdeka tanpa harus keluar uang Rp 5.000,00 s.d. Rp 8.000,00.

Untuk mendapatkannya jelas nggak mudah. Nggak ada fasilitas online seperti di hari-hari biasa. Kita cuma bisa dapetin itu di loket. Perjuangan untuk dapetin itu jelas harus ngantri. Itu kalo pas lagi padat-padatnya. Mau masuknya pun sama.

Udah itu di atas kereta pun harus merasakan perjuangan untuk bisa mendapat tempat duduk. Tiket gratisan pasti banyak peminat. Apalagi lokalan masih boleh penumpang berdiri dengan batas toleransi 150% dari kapasitas normal.

Jadi pemikiran kita bukan lagi berjuang dapetin tempat duduk. Itu bisa aja gagal. Tapi berjuang supaya bisa naik kereta. Walaupun harus berdiri atau di bordes. Itulah hikmah dibalik tiket kereta lokal gratis di hari kemerdekaan Indonesia ke 74.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.