Advertisements

Tiket Kereta Api Galunggung dan Tiket Kereta Api Pangandaran Cuma Bisa Go Show

Gara-gara banyak penumpang gaib, PT. KAI Daop 2 Bandung akhirnya ambil kebijakan Tiket Kereta Api Galunggung (Kiaracondong-Tasikmalaya PP) dan Tiket Kereta Api Pangandaran (Bandung-Banjar PP) cuma bisa go show atau dibeli langsung di stasiun mulai 3 jam sebelum berangkat.

Dua rangkaian kereta api penjelajah Priangan Timur yang dilaunching nyaris berdekatan. Kereta Api Galunggung mulai dinas 25 Desember 2018 sementara Kereta Api Pangandaran mulai 2 Januari 2019. Dimana letak perbedaan kedua kereta ini?

Kereta Api Galunggung di rute Kiaracondong-Tasikmalaya layanannya kereta ekonomi (K3) memanfaatkan idle Kereta Api Kahuripan yang sebelumnya dinas KA Patas Bandung Raya. Selama sebulan tiketnya digratiskan dengan maksud untuk merangsang minat masyarakat menggunakan kereta api terutama ke Priangan Timur mulai dari Garut hingga Tasikmalaya.

Kereta Api Galunggung juga punya pemberhentian di Stasiun Rancaekek, Stasiun Cicalengka, dan Stasiun Nagreg, yang selama ini cuma melayani perjalanan kereta api Lokal Bandung Raya dan Kereta Api Lokal Cibatuan. Begitupun Stasiun Leles (LL) di Kabupaten Garut.

kereta api galunggung di nagreg

Kereta Api Pangandaran sebenarnya merupakan pengembangan dari 2 Kereta Api Argo Parahnyangan yang sekarang lagi kebanjiran peminat. Pertama Kereta Api Argo Parahyangan Premium yang sempat viral gara-gara kereta argo tapi layanannya kelas ekonomi premium (K3 Premium) dalam satu trainset. Sampe muncul segala meme “Argo kok ekonomi”.

Trainset kedua dari Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan yang sebelumnya menggunakan ex-Argo Wilis lawas yang sudah diganti sama kaleng-kaleng. Kedua kereta tersebut digabung jadi satu Kereta Api Pangandaran di rute Gambir-Bandung-Banjar PP dan Bandung-Banjar PP, gabungan eksekutif (K1) dan ekonomi premium (K3 premium). Cuma untuk Premiumnya hingga kini masih pake K3 17.

Tiket Kereta Api Pangandaran Seharga ke Jamban dan Penumpang Gaib

Adapun tiket kereta api Pangandaran untuk rute Bandung-Banjar PP ditetapkan Rp 1 (maksudnya Rp 1000 lho ya bukan seperak) untuk kelas eksekutif (K1) dan ekonomi premium (K3 Premium). Bayangin ada tiket kereta seharga masuk jamban.

Di Gambir-Bandung-Banjar, kelas eksekutif (K1)-nya Rp 150.000,00 sementara Premium Rp 110.000,00. Keunikan di kereta yang berangkat dari Gambir itu langsung bablas nyampe Bandung (BD), jadi nggak ada pemberhentian di Stasiun Bekasi (BKS) dan Purwakarta (PWK).

kereta api pangandaran di tiber cicalengka

Semula tiket Kereta Api Pangandaran bisa dibooking via KAI Access, tapi ternyata kemudahan yang dikasih sama PT. KAI justru disalahgunain sebagian pihak yang cuma kepengen iseng aja. Beli tiketnya sih iya, tapi ternyata si pembeli nggak pernah naik kereta api Pangandaran. Jadilah Fully Booked tapi gerbongnya kosong melompong. Istilah penumpang gaib pun muncul.

Belum lagi banyak cerita muncul dari pengoperasian kereta api yang diharapkan nggak bernasib sama kaya Kereta Api Galuh dan Kereta Api Priangan ini. Misalnya ada yang duduk di meja sampe meja mengalami kerusakan, karena itu sampe diturunin dari kereta. Ya maklum aja tiket semurah itu dimanfaatin sama mereka yang kurang piknik.

Kejadian penumpang gaib akhirnya membuka mata PT. KAI untuk mengevaluasi ulang operasional Kereta Api Galunggung dan Kereta Api Pangandaran. Terutama yang terkait cara pembelian tiket untuk memanfaatkan layanan baru ini. Promo keduanya diperpanjang sampe tanggal 25 Februari 2019 (Kereta Api Galunggung) dan 28 Februari 2019 (Kereta Api Pangandaran).

PT. KAI pun merubah kebijakan pembelian tiket dari sistem booking H-7 dan online jadi pemesanan go show mulai 3 jam sebelum keberangkatan di masing-masing stasiun yang melayani perjalanan kereta api Galunggung dan Kereta Api Pangandaran. Inilah cara efektif buat meniadakan penumpang gaib, masih banyak yang butuh tiket kereta api Galunggung dan tiket kereta api Pangandaran. Kasian mereka jadi nggak bisa naik gara-gara penumpang gaib. Kebijakan baru KAI udah benar banget.


Kontributor Foto:

Ahmad Mahali Sholih (@ahmadmahalisholih)

Dani Gunawan (@danigunawan216)

Nunu Salman Nugraha (@nunusalmann)

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: