Tarif Parsial Kereta Api Jarak Jauh

Tarif Parsial Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) adalah tarif khusus yang berlaku di rute jarak pendek dan menengah. Biasanya untuk manfaatin sisa kursi yang belum terjual. Tersedia 2 jam sebelum berangkat. Bisa dibooking langsung di loket, via Vending Machine, atau KAI Access.

Dihapusnya tarif khusus Kereta Api Argo Parahyangan ternyata membuat sebagian besar pelanggan di segmen khusus tersebut sedikit kecewa. Padahal cukup membantu terutama di koridor Bekasi-Gambir. Mereka nggak harus tergantung sama KRL Commuter Line.

Harga tiket Rp 25.000,00 sebenarnya termasuk paling murah untuk jarak tempuh sekitar 30 menit itu. Namun sayang mulai 8 Juni 2019 kita nggak bisa lagi manfaatin itu karena PT. KAI menetapkan kebijakan satu harga buat Titisan Sang Legenda yang kini laris manis.

Dampaknya bukan cuma di Bekasi-Gambir, tapi juga Bekasi-Cikampek, Bekasi-Purwakarta, Gambir-Cikampek, Gambir-Purwakarta, Cikampek-Bandung dan Purwakarta-Bandung. Termasuk juga dari Cikampek/ Purwakarta ke Kiaracondong.

Boleh jadi PT. KAI ingin memaksimalkan pendapatan dari tingginya okupasi KA Argo Parahyangan,. Maka jadilah kita ucapkan Sayonara Tarif Parsial Argo Parahyangan. Meski begitu masih ada alternatif kereta lain sebagai pengganti yang tetap gunakan harga khusus.

Tarif Parsial untuk Maksimalkan Kursi Tersisa.

Keberadaan tarif khusus di rute tertentu sebenarnya udah berlangsung lama. Di Daop 2 Bandung sendiri kita mengenal adanya harga khusus koridor Bandung-Banjar di KA Argo Wilis, KA Lodaya, KA Malabar, KA Mutiara Selatan dan KA Turangga.

Tarif tersebut masih berlaku sampe sekarang. Kendati udah ada KA Galunggung (Kiaracondong-Tasikmalaya PP) dan KA Pangandaran (Gambir-Bandung-Banjar PP).

Kelima KAJJ tersebut keterisiannya nggak selalu penuh. Terutama di hari kerja. Makanya itu diambilah kebijakan penetapan tarif khusus untuk memaksimalkan kursi tersisa di KAJJ. Khusus untuk rute-rute pendek dan menengah.

Rute paling pendek dari kelima KAJJ di atas ialah Bandung-Cipeundeuy. Seperti kita tahu, semua kereta wajib berhenti di Stasiun Cipeundeuy (CPD) untuk pemeriksaan rem. Sekarang stasiun kecil di Kabupaten Garut itu juga melayani naik turun penumpang. Jadi gerbang masuk utama Garut.

Adapun jarak menengahnya Bandung-Tasikmalaya, dan jarak menengah terjauh ada di Bandung-Banjar. Semuanya dilayani oleh tarif khusus kelima KAJJ tersebut. Tinggal dipasin aja sama jadwal dan kebutuhan kamu.

Tarifnya mulai Rp 70.000,00 untuk kereta ekonomi (termasuk Premium), Rp 80.000,00 (bisnis), dan Rp 90.000,00 (eksekutif). Kadang kalo udah 1 jam sebelum berangkat tarifnya bisa turun Rp 10.000,00. Ekonomi dan Premium Rp 60.000,00. Bisnis Rp 70.000,00. Eksekutif Rp 80.000,00.

Harganya sendiri cukup bersaing sama bus dan KA Pangandaran. Mulai 1 Juli 2019 juga berlakukan tarif normal Rp 50.000,00 (Premium) dan Rp 100.000,00 (Eksekutif) untuk Bandung-Banjar.

Tarif Parsial Kereta Api Jarak Jauh

Bisa Dibeli 2 Jam Sebelum Berangkat

Tiket KAJJ dengan tarif parsial untuk rute pendek dan menengah bisa dibeli 2 jam sebelum berangkat. Tapi pembeliannya nggak bisa lewat Channel Eksternal misalnya di Indomaret atau Traveloka. Kalo kamu nekat beli lewat situ bakal kena tarif normal.

Tiket yang tarifnya khusus cuma bisa dibooking di stasiun, loket dan vending machine. Bisa juga sih dibooking online tapi cuma via KAI Access. Nah kalo via KAI Access pembayarannya tetap sama kaya biasanya kita booking disitu. Asalkan belinya 2 jam sebelum berangkat.

Tiket Parsialan ini juga selama kursi masih tersedia. Kalo udah habis ya nggak akan dijual. Tambahan info biar kamu nggak kekecoh, Parsialan nggak berlaku di masa angkutan lebaran dan Nataru. Jadi diluar momen padat tersebut.

Alternatif Cikampek/Purwakarta

Balik lagi ke Tarif Parsial Kereta Api Argo Parahyangan. Karena udah ditiadakan itu artinya kita harus cari alternatif lain. Oke kita nggak akan bahas yang Bekasi-Gambir, karena itu kan di Daop 1. Pokoknya kereta apa aja rute Gambir yang singgah di Bekasi selain Gopar.

Kita akan bahas tarif khusus lintas barat koridor Bandung / Cimahi – Cikampek/Purwakarta. Atau dengan kata lain tarif khusus koridor Priangan Barat. Sebenarnya ada dua rangkaian kereta yang bisa kamu manfaatin buat Parsialan di sini.

Pertama, Kereta Api Ciremai Ekspres (Bandung-Semarang Tawang PP). KAJJ punya Daop 4 Semarang ini menyediakan tarif khusus di koridor Priangan Barat. Bandung/Cimahi-Purwakarta, Bandung/Cimahi-Cikampek dan Purwakarta-Cikampek.

Kedua, Kereta Api Harina (Bandung-Surabaya Pasar Turi). Ada tarif khusus juga di jalur-jalur tadi. Cuma lagi-lagi bookingnya cuma bisa 2 jam sebelum berangkat. Kalo mau Online cuma bisa di KAI Access. Selebihnya langsung di stasiun keberangkatan.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.