Tarif Parsial Argo Parahyangan Berakhir

Sayonara Tarif Parsial Argo Parahyangan

Tarif Parsial Argo Parahyangan berakhir. Mulai 8 Juli 2019 PT KAI menetapkan satu tarif untuk semua perjalanan Titisan Sang Legenda. Termasuk di rute-rute pendek yang sebelumnya pake tarif khusus.

Semua karena efek Kereta Api Argo Parahyangan yang selalu penuh setiap harinya. Nggak pernah namanya ada kereta kosong. Semua nyaris terisi penuh bahkan 100%. Gara-gara kemacetan parah yang kerap terjadi di Tol Cikampek dan Cipularang. Kereta Api kembali dilirik.

Padahal adanya tarif parsial di rute-rute pendek sebut aja Bekasi-Gambir lumayan sangat membantu. Pekerja yang ngantor nggak jauh dari Stasiun Gambir bisa manfaatin kemudahan ini. Tarif Parsial Argo Parahyangan Bekasi-Gambir semula dipatok mulai Rp 25.000,00 hingga 50.000,00.

Masih jauh lebih murah dibanding harus naik transportasi online. Karena naik online pastinya masih harus berhadapan sama kemacetan Jakarta. Begitujuga KRL Commuter Line. Walaupun murah dan hemat tapi penuh perjuangan. Kadang dari Bekasi aja udah nggak ada tempat duduk.

Makanya keberadaan tarif parsial sejumlah KAJJ termasuk Kereta Api Argo Parahyangan dari Bekasi ke Gambir sebetulnya sangat membantu. Alternatif transportasi pun banyak.

Nggak cuma Kereta Api Argo Parahyangan reguler yang dioperasikan Daop 2 Bandung. Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan punya Daop 1 Jakarta pun berlaku tarif tersebut. Benar-benar dimudahkan bukan? Meski masih banyak alternatif KAJJ lainnya.

Kebijakan Satu Tarif

Sayang sekali karena mungkin PT. KAI anggap untuk Bekasi-Gambir masih ada alternatif kereta lainnya, begitupula di Cikampek-Bandung, Cikampek-Purwakarta, Bekasi-Purwakarta dll.

Makanya mulai 8 Juli 2019 tarif khusus di jalur-jalur pendek itupun dihapus. Sekarang berlaku tarif tunggal KA Argo Parahyangan Rp 150.000,00 untuk kereta eksekutif (K1) dan Rp 110.000,00 untuk Premium (K3).

Boleh jadi selain karena masih bisa dilayani kereta lain, PT. KAI ingin memaksimalkan pendapatan dari Kereta Api Argo Parahyangan dan Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan. Apalagi koridor Bandung-Jakarta sekarang lagi laris manis imbas dari macet parah di jalan Tol.

Sayonara Tarif Parsial Argo Parahyangan

Sayonara Tarif Parsial Argo Parahyangan

Mulai 8 Juli 2019 PT.KAI hapus tarif khusus Titisan Sang Legenda yang biasanya ada di rute-rute pendek. Tiket dengan tarif khusus itu biasanya bisa dibeli 2 jam sebelum berangkat. Baik langsung di stasiun, via Vending Machine, atau KAI Access.

Harus diakui banyak yang terbantu sama tarif khusus tersebut. Terutama Bekasi-Gambir karena nggak lagi ketergantungan level akut sama KRL Commuter Line atau Transportasi Online. Begitu juga buat penumpang Cikampek dan Purwakarta yang mau ke Bandung.

Tapi sekarang semua itu tinggal kenangan. Mau nggak mau harus cari alternatif kereta lainnya. Misalnya untuk Bekasi Gambir bisa naik yang dari Cirebon kaya trio Argo Jati, Cirebon Ekspres, dan Tegal Bahari. Begitujuga KAJJ jurusan Gambir lainnya yang singgah di Bekasi. Selain dari Gopar.

Untuk segmen Cikampek dan Purwakarta yang mau ke Bandung, alternatifnya bisa naik KA Ciremai Ekspres dan dapat tarif khusus. Begitu juga di KA Harina. Oke dengan demikian saatnya kita ucapkan Sayonara Tarif Parsial Argo Parahyangan.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.