Posted on

Tampilan Baru Kereta Api Lodaya

Masih pake formasi yang sama, cuma sekarang Kereta Api Lodaya dari Bandung ke Solo Lokomotif + 4 K2+1MP2+4 K1. Sebaliknya Lokomotif + 4 K1+1MP2+4 K2. Sekilas mirim sama Kereta Api Senja Utama Solo sebelum pake rangkaian stainless steel. 

Perubahan formasi ini memang udah lumayan lama, ya kira-kira sejak beberapa bulan yang lalu, bahkan sebulan sebelum Ramadhan 1439H. Selama ini yang kita kenal, Kereta Api Lodaya biasanya bawa 4 kereta api eksekutif, 1 kereta makan dan pembangkit kelas 2, 4 kereta api bisnis. Kadang nyelip 1 kereta bagasi atau 1 kereta pembangkit tergantung kereta mana yang SO (Siap Operasi).

TAMPILAN BARU KERETA API LODAYA

Keberangkatan dari Stasiun Bandung (BD) ke Stasiun Solo Balapan (SLO) formasinya diurut dari belakang lokomotif itu kereta api eksekutif (K1-1,K1-2,K1-3,K1-4), kereta makan pembangkit, kereta api bisnis (K2-1.K2-2.K2-3,K2-4). Sebaliknya dari Stasiun Solo Balapan formasinya dibalik mulai kereta api bisnis (K2) sampe kereta api eksekutif (K1). Dari Bandung pake nomor genap (KA 80, 82) dan Solo nomornya ganjil (KA 79, 81).

Pindah Dipo, Tukar Formasi.

Kereta Api Lodaya memang sekarang punya Dipo Solo (SLO). Awal-awal mutasi, formasinya masih ngikutin yang lama, meski dapat alokasi rangkaian K1 09 ex-Gajayana. K1 09 termasuk rangkaian eksekutif terbaik yang pernah ada bahkan saingan sama punya Kereta Api Argo Bromo Anggrek. Meski demikian, cuma rangkaian reguler yang punya Dipo Solo (SLO), sementara untuk Lodaya Tambahan yang biasa dinas Lebaran tetap Dipo Bandung (BD).

Seiring berjalan waktu, menjelang bulan Ramadhan 1439H, Kereta Api Lodaya berubah formasi. KA 79 dan 81 yang biasanya Kereta Api Bisnis duluan kini dirubah jadi eksekutif duluan baru bisnis. Urutannya:

  • Lokomotif CC 206 (Dipo BD/JNG/SDT)
  • Eksekutif 1 (SLO)
  • Eksekutif 2 (SLO)
  • Eksekutif 3 (SLO)
  • Eksekutif 4 (SLO)
  • Kereta Makan Pembangkit kelas 2 (MP2)
  • Bisnis 1 (SLO)
  • Bisnis 2 (SLO)
  • Bisnis 3 (SLO)
  • Bisnis 4 (SLO)

adapun KA 80 dan 82 keberangkatan dari Stasiun Bandung (BD), formasinya jadi:

  • Lokomotif CC 206 (Dipo BD/JNG/SDT)
  • Bisnis 1 (SLO)
  • Bisnis 2 (SLO)
  • Bisnis 3 (SLO)
  • Bisnis 4 (SLO)
  • Kereta Makan Pembangkit kelas 2 (MP2)
  • Eksekutif 1 (SLO)
  • Eksekutif 2 (SLO)
  • Eksekutif 3 (SLO)
  • Eksekutif 4 (SLO)

Sekilas formasinya mirip sama Kereta Api Senja Utama Solo, sebelum diganti sama rangkaian terbaru berbodi stainless steel gabungan K1 18 dan K3 18. Sekali waktu Kereta Api Lodaya juga pernah pake rangkaian bekas Kereta Api Senja Utama Solo, secara kepemilikan keretanya juga sama, yakni Dipo Kereta Api Solo Balapan (SLO).

Kereta Api Lodaya Lebaran

Cuma formasi baru ini berlakunya di Kereta Api Lodaya yang reguler, adapun Kereta Api Lodaya Lebaran yang dinas selama masa angkutan lebaran 2018 lalu tetap pake formasi lama: lokomotif, 1 kereta pembangkit, 4 kereta api eksekutif, 1 kereta makan kelas 1, 4 kereta api bisnis (dari Bandung) dan lokomotif, 4 kereta api bisnis, 1 kereta makan kelas 1, 4 kereta api eksekutif (dari Solo). Rangkaiannya punya Dipo Kereta Api Bandung (BD).

Jadi boleh dibilang, Kereta Api Lodaya Lebaran pake rangkaian lama punya Dipo Kereta Api Bandung (BD). Aslinya, kru dan operator Kereta Api Lodaya masih Daop 2 Bandung, cuma trainset-nya punya Dipo Solo Balapan (SLO) untuk rangkaian reguler, KA 79-82.

Harga Tiket Masih Tetap Sama

Untuk harga tike Kereta Api Lodaya inSyaaAlloh nggak ada perubahan alias masih tetap sama kaya waktu pake rangkaian dan formasi lama. Kereta Api Eksekutif mulai Rp 230.000,00 s.d. Rp 320.000,00. Kereta Api Bisnis mulai Rp 145.000,00 s.d. Rp 215.000,00, kadang Rp 220.000,00 kalo permintaan tinggi. Tarif segitu termasuk yang paling murah buat ukuran kereta api jarak jauh arah timur di lingkungan Daop 2 Bandung.

Advertisements

3 thoughts on “Tampilan Baru Kereta Api Lodaya

  1. […] satu yang bisa dijadiin alternatif Kereta Api Bandung Garut ialah Kereta Api Lodaya. Sejatinya Kereta Api Lodaya melayani rute Stasiun Bandung (BD) ke Stasiun […]

  2. […] jadinya Channel YouTube Lodaya Bandung tanpa Kereta Api Lodaya? Sama kaya blog ini kalo porsi Kereta Api Lodaya-nya sedikit apalagi sampe […]

  3. […] cuma itu, si maung Kereta Api Lodaya, dinas 11 Maret 1992, mengawali debutnya dengan layanan kereta api bisnis (K2). Rutenya waktu itu […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.