Posted on Leave a comment

Tokyo Monorail Ternyata Udah Ada Sejak Tahun 1960-an

Tokyo Monorail sebagai akses dari Tokyo Haneda Airport (HND) menuju Pusat Kota Tokyo yang dioperasikan Tokyo Monorail Co, Ltd. ternyata udah ada sejak 1960-an. Dibangun nyaris barengan sama Tokaido Shinkansen, dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 1964. 

Inilah fasilitas pendukung airport yang udah semestinya ada sebagai penghubung menuju pusat kota. Meski bus juga sebetulnya udah cukup. Sebelum ada Narita Airport (NRT), Tokyo Haneda Airport (HND) merupakan satu-satunya pintu masuk utama Jepang via Tokyo.

Tokyo Haneda (HND) awalnya merupakan basis militer kekaisaran Jepang, mulai dibangun tahun 1931. Sempat diokupasi militer Amerika Serikat dan dijadikan basis setelah Perang Dunia II (1945-1952).

Continue reading Tokyo Monorail Ternyata Udah Ada Sejak Tahun 1960-an

Advertisements
Posted on Leave a comment

Tokyo Monorail, Penghubung Tokyo Haneda Airport (HND) dan Pusat Kota Tokyo

Jarak yang tinggal selangkah lagi dari Tokyo Haneda Airport (HND) ke Pusat Kota Tokyo bisa ditempuh naik Tokyo Monorail yang langsung terhubung ke Yamanote Line. 

Setelah panjang lebar ngebahas Tokyo Haneda Airport (HND) sekarang waktunya kita bahas gimana caranya menuju Pusat Kota Tokyo. Kalo boleh jujur sih Tokyo Haneda (HND) belum kelar dibahas tapi daripada kamu bete dan nganggap situs ini monoton jadi ada baiknya kita skip dulu dan bahas yang lain.

Continue reading Tokyo Monorail, Penghubung Tokyo Haneda Airport (HND) dan Pusat Kota Tokyo

Posted on Leave a comment

All Nippon Airways (ANA) Bombardier Dash-8 yang sempat dikira ATR 72 di Tokyo Haneda (HND)

Meski kebagian di detik-detik terakhir, All Nippon Airways (ANA) Bombardier Dash-8 yang parkir di Hangar ANA Tokyo Haneda (HND) jadi momen krusial. Bahkan sempat dikira ATR 72. Dioperasikan ANA Wings. 

Pesawat milik maskapai Jepang yang lagi ngetop saat ini, All Nippon Airways (ANA), mendominasi stok foto di gallery mimin. Kebanyakan di dapat waktu pertama kali mendarat di Tokyo Haneda (HND) dan di hari terakhir sebelum pulang ke tanah air.

Kebanyakan armada All Nippon Airways (ANA) yang didapat nggak jauh-jauh dari Boeing 777-300 ER dan Boeing 787 Dreamliner. Tapi siapa sangka di detik-detik terakhir sebelum pesawat Garuda Indonesia Flight 875 mengantar pulang mimin ke tanah air malah dapet momen menarik di Tokyo Haneda (HND) tepatnya Hangar ANA.

Continue reading All Nippon Airways (ANA) Bombardier Dash-8 yang sempat dikira ATR 72 di Tokyo Haneda (HND)

Posted on Leave a comment

Aturan Ketat di Tokyo Haneda Airport (HND)

Sebagai salah satu gerbang utama Jepang via udara, Tokyo Haneda Airport (HND) atau Tokyo International Airport menerapkan aturan ketat buat para penumpang baik yang baru landing atau mau take off, salah satunya di bagian imigrasi. 

Ternyata pembahasan tentang Tokyo Haneda Airport (HND) atau Tokyo International Airport masih berlanjut. Nggak disangka bandara yang jaraknya cuma selangkah ke Tokyo ini menyimpan banyak cerita. Salah satunya tentang aturan ketat yang diterapkan otoritas bandara.

Aturan ketat ini berlaku untuk barang bawaan calon penumpang yang hendak meninggalkan Tokyo via Tokyo Haneda Airport (HND) dan buat yang baru datang ke sini aturan ketat bakal dirasain di counter imigrasi.

Continue reading Aturan Ketat di Tokyo Haneda Airport (HND)

Posted on Leave a comment

Hunting Pesawat di Tokyo Haneda: All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL)

Baru mendarat di Tokyo Haneda udah langsung hunting pesawat, dimana dua maskapai besar di Jepang mendominasi: All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL). 

Emangnya boleh gitu hunting di bandara? Bukan di appron atau runway sih, tapi di terminal kedatangan penumpang. Jadi begitu turun dari pesawat GA 874, Garuda Indonesia Jakarta-Tokyo, langsung isi gallery dengan foto-foto pesawat di Tokyo Haneda (Tokyo International Airport).

Seperti udah dibahas sebelumnya, Tokyo Haneda atau Tokyo Internatonal Airport adalah salah satu gerbang masuk Jepang via udara, khususnya ke kota Tokyo. Dari sini ke Pusat Kota Tokyo sangat dekat. Ya kalo di Bandung sih ibaratnya Bandara Husein Sastranegara (BDO) yang cuma selangkah menuju pusat kota.

Continue reading Hunting Pesawat di Tokyo Haneda: All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL)