Posted on

Foto Kereta Api di Stasiun Purwakarta (PWK)

foto-kereta-api-di-stasiun-purwakarta

Stasiun Purwakarta (PWK) punya daya tarik apalagi kalo bukan “monumen” KRL Ekonomi Jabodetabek. Tapi buat ambil foto kereta api di sini nggak bisa sembarangan lho, kamu harus punya izin atau kalopun nggak fotonya dari dalam kereta. 

foto-kereta-api-di-stasiun-purwakarta

Sejak jadi tempat peristirahatan terakhir KRL Ekonomi Jabodetabek yang puluhan tahun melayani penumpang di wilayah Jabodetabek, Stasiun Purwakarta (PWK) seolah memiliki daya tarik. Banyak railfans (pecinta kereta api, pecandu kereta, dan semisal) atau masyarakat umum datang ke sini. Sekedar foto-foto bekas KRL Ekonomi Jabodetabek yang tak lagi dinas.

Ada yang menarik dari ini, apalagi kalo bukan kereta-kereta yang ditumpuk membentuk semacam piramida. Ada juga sih yang masih menapaki rel, kaya KRL Rheostatik Mild Steel yang bahkan komplit sebanyak 2 set. Ada juga yang disimpan di bekas Dipo Lokomotif uap dimana kondisi bangunannya sendiri boleh dibilang ngenesi.

Inilah potret bekas KRL Ekonomi Jabodetabek yang dulu dipadati sampe ke atap. Kini mereka telah digantikan armada KRL Commuter Line, sekalipun kondisinya bekas dari Jepang, masih jauh lebih baik daripada para pendahulunya.

Continue reading Foto Kereta Api di Stasiun Purwakarta (PWK)

Advertisements
Posted on

Gara-Gara Foto Kereta Api Bajakan

Salah satu alasan kenapa mimin bubarin Manglayang Tour itu gara-gara foto kereta api bajakan. Terutama di tahun 2015 kita akui banyak pake foto orang buat media promosi, tanpa cantumin sumber aslinya. Justru sebaliknya malah dikasih logo Manglayang Tour

Foto bajakan apapun itu, mau foto bus, foto kereta api, foto pesawat terbang, dan lainnya jelas bukan hak kita. Nggak sepantasnya kita gampang-gampangin ngambil. Entah itu dari Instagram dengan cara nge-save to collection dulu terus di screenshoot dan crop sedemikian rupa sampe akhirnya di posting. Atau asal ambil dari Google tanpa cantumkan sumber aslinya.

Continue reading Gara-Gara Foto Kereta Api Bajakan

Posted on

Ketika Foto Kereta Api Kamu Dibajak

Hobby yang satu ini memang penuh dengan liku-liku dan ujian berat. Boleh jadi dibilang nggak ada kerjaan udah sangat biasa tapi yang paling nyakitin ketika foto kereta api kamu dibajak orang tak bertanggung jawab.

Ada-ada aja ujian Railfans ya. Suka sama kereta api dikatain macam-macam. Ambil foto kereta api dibilang nggak ada kerjaan. Membahayakan diri sendiri karena main di pinggir rel kereta api sekalipun kita udah menjaga jarak aman. Terakhir ketika foto kereta api yang kita ambil dengan penuh perjuangan dan pengorbanan tiba-tiba dibajak begitu saja,

Continue reading Ketika Foto Kereta Api Kamu Dibajak

Posted on

Ketika Hobi Foto Kereta Api Dibilang Kurang Kerjaan

Gitulah pandangan sebagian orang sama Railfans yang hobi videoin atau foto kereta api. Dibilang kurang kerjaan. Padahal setiap gambar yang diambil itu berharga banget lho, malah bisa menghasilkan uang dari situ.

Banyak cara yang bisa diekspresikan buat para pecinta kereta api atau railfans. Kesukaan dan kecintaan mendalam sama yang namanya kereta api, moda transportasi darat unggulan dan favorit para traveler saat ini. Kebanyakan memang abadiin rangkaian kereta api dalam bentuk video atau foto kereta api. Lebih-lebih sekarang udah cukup modal smartphone aja.

Continue reading Ketika Hobi Foto Kereta Api Dibilang Kurang Kerjaan