Posted on Leave a comment

Sungai Cimanuk Garut: Arus Deras, Banjir dan Cerita Mistis

Sungai Cimanuk Garut adalah salah satu spot yang bakal dilewatin Kereta Api Bandung Garut, termasuk Kereta Api Lodaya. Sungai Cimanuk Garut banjir nyaris selalu menghiasi berita tiap musim hujan tiba. Tak hanya itu banyak pula cerita mistis Sungai Cimanuk Garut yang bermuara di Laut Jawa. 

SUNGAI CIMANUK GARUT ARUS DERAS BANJIR DAN CERITA MISTIS.

Selain di jalur utara, Sungai Cimanuk juga bakal dilewatin kereta api via jalur selatan Jawa Barat alias Priangan Timur sebelum masuk Stasiun Cibatu (CB). Tak terkecuali Kereta Api Bandung Garut yang berhenti di Stasiun Cipeundeuy (CPD), diantaranya Kereta Api Lodaya.

Di satu sisi, Sungai Cimanuk mungkin nggak setenar Sungai Citarum yang notabene terpanjang di Jawa Barat dan udah dinobatkan sebagai sungai terkotor di Dunia oleh World Bank. Meski keduanya sama-sama bermuara di Laut Jawa, keduanya beda hulu. Hulu Sungai Cimanuk ada di Pegunungan Mandalagiri Kabupaten Garut, sementara sungai Citarum hulunya di Gunung Wayang Pangalengan, Kabupaten Bandung, yang juga punya Situ Cisanti.

Arus Deras Sungai Cimanuk Garut

Kereta Api Lodaya, Kereta Api Bandung Garut yang berhenti di Stasiun Cipeundeuy (CPD) pastinya cuma melintas langsung Stasiun Cibatu (CB), nah sebelum lewatin Stasiun Cibatu, punya percabangan non-aktif ke Garut Kota hingga Cikajaang, pasti bakal lewatin jembatan Sungai Cimanuk. Begitu juga yang arah Bandung, setelah bablas Stasiun Cibatu pasti ketemu sama Sungai Cimanuk.

Arus deras Sungai Cimanuk Garut terlihat sangat jelas dan ukuran nggak lebih besar dari yang ada di Kabupaten Indramayu. Keliatan beda banget meski sama-sama Sungai Cimanuk. Ya, karena semakin dekat ke hulu biasanya semakin mengecil. Sebaliknya makin dekat muara ukurannya makin lebar, ini bisa diliat di Sungai Cimanuk sebelum masuk Stasiun Jatibarang (JTB), ukurannya lebih lebar meski arusnya cenderung tenang.

Sungai Cimanuk Garut Banjir

Boleh dibilang hampir setiap musim hujan tiba, Sungai Cimanuk Banjir. Salah satu yang paling parah terjadi tahun 2016 sampe makan korban jiwa 26 meninggal dunia, 23 hilang, dan ratusan lainnya terpaksa mengungsi. Kok bisa Sungai Cimanuk Garut Banjir bandang begitu parah hingga makan korban? Banjir juga merusak 594 bangunan dan menenggelamkan 57 lainnya.

Ternyata di ekosistem bagian hulu Sungai Cimanuk Garut banyak yang rusak. 3 daerah resapan air: Bayombong, Cikajang, dan Pasir Wangi lahannya udah banyak yang beralih fungsi. Belum lagi lahan kritis meningkat 50.000 hektar akibat penebangan hutan yang marak di wilayah Gunung Guntur, Papandayan, Darajat dan Cikuray. Jadi aja kalo hujan nggak sampe 2-3 jam Sungai Cimanuk Garut banjir.

Belum lagi secara Topografi, jarak antara lembah sama lereng di Kabupaten Garut itu sangat dekat. Beda sama di Kabupaten Bandung, antara Gunung Wayang dan Sungai Citarum. Begitu hujan deras, perlu sekitar 5-6 jam air banjir baru menerjang wilayah Dayeuh Kolot. Jadi inilah penyebab kenapa Sungai Cimanuk Garut Banjir bahkan sampe makan korban lumayan parah kaya di 2016.

Cerita Mistis Sungai Cimanuk Garut.

Ternyata banyak beredar cerita mistis Sungai Citarum Garut lho. Di antaranya orang Jawa Tengah dan Jawa Timur dilarang mandi di Sungai Cimanuk Garut, kalo sampe nekat bakal ditimpa kejadian buruk. Cerita mistis lainnya ialah keberadaan buaya siluman bernama Jaka Bajul, katanya orang luar Jawa Barat yang nekat mandi di Sungai Cimanuk bakal terseret arus dan itu ulah buaya siluman yang lagi cari mangsa.

Nggak cuma sekedar mandi, bahkan yang melintas Sungai Cimanuk Garut naik perahu pun tetap jadi mangsa. Selain buaya siluman, cerita mistis Sungai Cimanuk Garut lainnya ialah istana megah di dasar sungai dengan sosok pangeran tampan. Kabarnya jelmaan dari buaya siluman. Tahun 2000 lalu pernah ada seorang gadis mandi di sini terus terseret arus meski bisa berenang. Beruntung nyawanya masih bisa diselamatkan.

Meski demikian yang bersangkutan masih trauma kalo ngeliat sesuatu yang berwujud boneka. Katanya waktu keseret arus, ngerasa dibawa masuk istana dan diajak nikah sama pangeran itu.

Nah, itulah cerita mistis Sungai Cimanuk Garut. Benar atau nggak wallohu a’lam. Yang jelas, setiap kejadian apapun yang ada kaitannya sama sungai ini, banyak yang kait-kaitin sama cerita mistis di sungai tersebut. Padahal kalo mau dipikir secara rasional, semua itu terjadi secara alami. Kaya banjir itu karena ekosistemnya rusak.

Terus soal kebawa arus nyatanya arus Sungai Cimanuk Garut memang deras. Jadi butuh kehati-hatian bagi siapapun yang menyeberang di sana.  Jangan lupa, semua ini nggak akan kejadian kalo bukan karena kehendak Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Setap kejadian atau musibah apapun hendaknya bisa kita ambil hikmahnya. Boleh jadi itu memang teguran dari-Nya karena kesilapan kita. Jadi nggak pas banget dikait-kaitin sama cerita mistis.

 


REFERENSI: 

Memprihatinkan… Ternyata Ini Penyebab Banjir Bandang Garut. Mongbay, Situs Berita Lingkungan. http://www.mongabay.co.id/2016/09/23/memprihatinkan-ternyata-ini-penyebab-banjir-bandang-garut/

Menurut World Bank: Citarum Merupakan Sungai Terkotor di Dunia. IDN Times. https://www.idntimes.com/science/discovery/eka-supriyadi/menurut-world-bank-citarum-merupakan-sungai-terkotor-di-dunia-c1c2

Siluman Buaya dan Mitos tentang Kali Cimanuk: Sungai Ngamuk yang Membuat Garut Banjir Bandang. Keepoo.Me. https://keepo.me/pancarwengi/siluman-buaya-dan-mitos-tentang-kali-cimanuk-sungai-ngamuk-yang-membuat-garut-banjir-bandang

 

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.