Advertisements

Stasiun Plered Purwakarta dan Kereta Api Serayu Pagi

Stasiun Plered yang terletak di Kabupaten Purwakarta boleh aja cuma jadi stasiun kecil (kelas III). Walaupun begitu disinilah akses paling gampang menuju Gunung Parang Purwakarta dan sentra keramik Plered. Kereta Api Serayu Pagi jadi satu-satunya KAJJ yang berhenti di sini.

Awalnya Stasiun Plered (PLD) hanyalah sebuah stasiun kecil kelas III di Kabupaten Purwakarta. Stasiun ini cuma melayani perjalanan kereta api Lokal Bandung Raya (Lokal Purwakarta-Cicalengk) dan Kereta Api Lokal Cibatuan). Namun sebenarnya posisi stasiun ini lumayan strategis karena dekat ke Pasar Plered dan jadi akses termudah menuju objek wisata Gunung Parang Purwakarta,

Nggak hanya itu dari dulu Plered udah dikenal sebagai sentra kerajinan keramik. Bahkan jadi salah satu objek wisata yang nggak bisa dilewatin begitu aja saat kita berkunjung ke Kabupaten Purwakarta. Jarak dari Stasiun Plered (PLD) ke Sentra Keramik Plered cukup dekat, tinggal naik angkot aja mungkin udah nyampe.

Stasiun Plered (PLD) Paling Dekat ke Gunung Parang Purwakarta

Ternyata nggak hanya dekat ke Sentra Keramik Plered. Stasiun Plered (PDL) juga jadi yang terdekat ke Gunung Parang Purwakarta. Jaraknya cuma 12 km dan bisa ditempuh kurang lebih 42 menit. Beda sama dari Stasiun Purwakarta yang bisa 1 jam.

Sebenarnya ada dua stasiun yang punya akses mudah ke Gunung Parang Purwakarta. Selain Stasiun Plered (PDL), alternatif lainnya bisa dari Stasiun Sukatani. Cuma pilihan paling enak dan dekat tetaplah Stasiun Plered (PDL) apalagi alternatif kereta api yang bisa dipake lebih banyak dibanding Stasiun Sukatani yang cuma melayani Kereta Api Lokal saja.

Stasiun Plered (PDL) dan Kereta Api Serayu Pagi

Dulu Stasiun Plered Purwakarta cuma melayani perjalanan Kereta Api Lokal aja, malahan Kereta Api Lokal Cibatuan alias Simandra jadi satu-satunya yang berhenti di sini. Selain itu paling dipake buat persilangan dan persusulan, mulai dari era Kereta Api Parahyangan dan Argo Gede terutama di tahun 1990-an waktu masih pada single track, hingga di era Kereta Api Argo Parahyangan saat ini dimana sebagian jalur sudah double track.

Stasiun Plered (PDL) jadi transisi dari single track ke double track. Jadi petak Sukatani-Plered hingga kini masih single track, adapun dari Plered ke Cikadondong udah double track. Makanya stasiun ini, bersama Stasiun Sukatani, sampe sekarang masih jadi tempat buat persilangan Kereta Api Argo Parahyangan.

Uniknya Kereta Api Argo Parahyangan nggak ada layanan di sini, justru pendampingnya yakni Kereta Api Serayu yang punya jadwal pemberangkatan dari Stasiun Plered. Kenapa demikian? Boleh jadi karena PT. KAI menargetkan para pecinta alam yang hendak mendaki Gunung Parang Purwakarta yang biasa memilih kereta api sebagai moda transportasi utama. Khususnya dari Bandung dan Jakarta. Karena itulah Kereta Api Serayu Pagi diberhentiin di sini.

Pemberhentian Kereta Api Serayu Pagi di Stasiun Plered Purwakarta sempat memunculkan kontroversi di sebagian kalangan penumpang maupun pecinta kereta api. Karena penumpang yang naik dari sini sangat sedikit malah kadang nggak ada sama sekali. Tapi kini pemberhentian di Stasiun Plered Purwakarta tetap dipertahankan dan ada aja yang naik atau turun di sini.


Kontributor Foto:

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: