Stasiun Plered (PLD) dan 6 Jadwal Perjalanan Kereta Api (Perka)

Stasiun Plered (PLD), Kabupaten Purwakarta, stasiun terdekat ke Sentra Kerajinan Keramik Plered hingga Gunung Parang. Saat ini melayani 6 perjalanan kereta api mulai lokalan hingga Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Sebagaimana kabupaten Purwakarta yang sekarang nggak lagi sekedar kota transit. Stasiun kereta api yang ada juga terus berbenah total. Apalagi kalo posisinya dekat banget sama tempat wisata. Tentunya kita kenal Stasiun Purwakarta (PWK). Karena itulah stasiun utama dan terbesar yang ada di kabupaten Purwakarta.

Cuma kita juga nggak boleh mengesampingkan stasiun yang lain. Sejatinya Kabupaten Purwakarta punya 7 stasiun. 5 diantaranya merupakan stasiun aktif melayani turun naik penumpang. Stasiun Cibungur, Purwakarta, Ciganea, Sukatani dan Plered. Adapun Stasiun Sadang dan Cisomang tak lagi melayani penumpang.

Di antara 5 stasiun aktif tersebut, 2 stasiun boleh dibilang merupakan stasiun utama karena melayani perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan akses termudah menuju sejumlah kawasan wisata yang ada di Purwakarta. Stasiun Plered (PLD) dan Stasiun Purwakarta (PWK). Oke mungkin pada kesempatan kali ini kita kesampingkan dulu Stasiun Purwakarta (PWK).

stasun plered dan 6 jadwal perjalanan kereta api
Stasiun Plered (PLD), Kabupaten Purwakarta. Stasiun Terdekat ke Gunung Parang dan Sentra Kerajinan Keramik
(Foto: Muhammad Akmal Sabian)

Terdekat ke Gunung Parang dan Sentra Kerajinan Keramik

Dari dulu Plered terkenal sebagai sentra kerajinan keramik. Setiap mau cari apapun yang terbuat dari keramik mesti carinya ke sini. Hanya saja ada kelemahan di akses transportasi. Di sini memang ada stasiun kereta api tapi nggak lebih dari stasiun kecil yang cuma melayani lokalan. Sehingga kalo mau ke sini harus naik mobil.

Zamannya Jakarta Bandung masih lewat Jalan Raya Purwakarta dan belum ada tol. Plered sering dijadiin tempat transit buat cari keramik. Sayangnya begitu tol Cipularang ada, jarang ada yang singgah lagi di sini. Karena jalan tol jadi pilihan utama. Kalo mau paling juga naik bis reguler jurusan Bekasi yang masih lewat jalan lama.

Apakah cuma keramik aja? Ternyata nggak. Plered jadi akses paling mudah menuju kawasan wisata Gunung Parang. Sekarang jadi lokasi favorit buat para pecinta petualangan. Khususnya pendakian gunung. Gunung Parang memang nggak tinggi-tinggi banget. Tapi untuk menggaapai puncak tetap bukan perkara gampang.

Ada dua pilihan ke puncak. Lewat jalur pendakian biasa atau via ferrata atau memanjat tebing. Dua-duanya sama sulit. Jalur pendakian biasa jelas lumayan menguras energi. Nah yang manjat tebing ini jauh lebih ekstrem dan dibutuhkan nyali tinggi. Tapi semua akan terbayar kalo kamu nyampe di puncak. Karena kamu bisa melihat pemandangan Purwakarta, termasuk waduk Jatiluhur.

Karena punya potensi bagus, stasiun kereta api yang ada di Plered ditingkatin lagi. Jadwal perjalanan kereta lokal ditambah bahkan sekarang ada KAJJ yang berhenti di sini, yakni Kereta Api Serayu rute Pasar Senen-Purwokerto. Jadi udah banyak alternatif kereta api.

Stasiun Plered (PLD) Layani 6 Perjalanan Kereta

Stasiun kelas II di Kabuparen Purwakarta (PWK) ini sekarang punya layanan 6 perjalanan kereta api. Antara lain 4 kereta api lokal dan 2 kereta api jarak jauh. Berikut rinciannya:


1. Kereta Api Lokal Bandung Raya (KA 359), Cicalengka-Purwakarta

StasiunDatangBerangkat
Cicalengka (CCL)19.30
Kiaracondong (KAC)20.13
Bandung (BD)21.20
Cimahi (CMI)21.57
Padalarang (PDL)22.07
Plered (PLD)23.31

2. Kereta Api Lokal Bandung Raya (KA 360), Purwakarta-Cicalengka

StasiunDatangBerangkat
Plered (PLD)04.59
Padalarang (PDL)06.23
Cimahi (CMI)06.36
Bandung (BD)07.01
Kiaracondong (KAC)07.15
Cicalengka (CCL)08.24

3. Kereta Api Lokal Cibatuan (KA 395), Cibatu-Purwakarta

StasiunDatangBerangkat
Cibatu (CB)10.00
Kiaracondong (KAC)11.38
Bandung (BD)12.20
Cimahi (CMI)12.37
Padalarang (PDL)12.50
Plered (PLD)14.16

4. Kereta Api Lokal Cibatuan (KA 396), Purwakarta-Cibatu

StasiunDatangBerangkat
Plered (PLD)16.24
Padalarang (PDL)17.46
Cimahi (CMI)17.56
Bandung (BD)18.22
Kiaracondong (KAC)18.40
Cibatu (CB)21.21

5. Kereta Api Serayu (KA 215), Purwokerto-Kiaracondong-Pasar Senen

StasiunDatangBerangkat
Kiaracondong (KAC)13.25
Cimahi (CMI)13.44
Plered (PLD)14.53

6. Kereta Api Serayu (KA 216), Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto

StasiunDatangBerangkat
Plered (PLD)11.36
Cimahi (CMI)12.40
Kiaracondong (KAC)12.59

Buat kamu yang mau jalan ke Plered, itu tadi jadwal perjalanan kereta api di Stasiun Plered (PLD) selengkapnya. Tinggal disesuaikan aja. Khusus Kereta Api Serayu, tiketnya bisa dibooking online mulai H-30. Harga Rp 63.000,00 untuk sekali jalan.

Kereta Api Lokal Bandung Raya. No 359-360 di rute Cicalengka-Purwakarta PP
(Foto: Muhammad Fajar)
Kereta Api Lokal Cibatuan (Foto: Muhammad Fajar)

Kereta Api Serayu (Foto: Muhammad Fajar)


Kontributor Foto:

Muhammad Akmal Sabian (@m.akmal_s) dan Muhammad Fajar (@railfans_hunting, @cc2039506)

Catatan: Ini merupakan pengembangan dari tulisan sebelumnya berjudul “Jadwal Kereta Api Stasiun Plered dan Stasiun Purwakarta“. Dimana postingan tersebut sebatas infokan jadwal kereta api tanpa ada ulasan lebih lanjut. Setelah ini inSyaaAlloh lanjut Stasiun Purwakarta (PWK).

Cari Penginapan di Purwakarta? Agoda.Com Aja!

Mau cari penginapan di Purwakarta dan Sekitarnya? Jangan khawatir, ada agoda.com.


Advertisements

2 thoughts on “Stasiun Plered (PLD) dan 6 Jadwal Perjalanan Kereta Api (Perka)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.