Advertisements

Stasiun Padalarang (PDL), Strategis Tapi Cuma Layani Kereta Api Lokal

Posisinya sangat strategis dan dekat ke sejumlah tempat wisata termasuk Lembang. Sayang Stasiun Padalarang (PDL) sekarang cuma melayani perjalanan Kereta Api Lokal Bandung Raya dan Kereta Api Lokal Cibatuan.

Stasiun Padalarang (PDL) dibangun tahun 1890 ini pernah jadi stasiun pemberhentian kereta api Jarak Jauh (KAJJ). Malah tahun 1996 pernah jadi terminus Kereta Api Parahyangan dan Kereta Api Argo Gede dampak dari longsor di sekitar Gadobangkong. Letak stasiun ini bisa dibilang sangat strategis karena dekat sama pasar.

Stasiun Padalarang (PDL) juga dekat ke tempat wisata seperti Situ Ciburuy dan punya akses langsung menuju Lembang yang level kemacetannya belum separah Jalan Setiabudi atau Dago Pojok. Sayangnya sejak awal 2015 nggak ada lagi kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berhenti di sini. Kereta Api Serayu (Pasar Senen-Purwokerto PP) jadi KAJJ terakhir yang pernah merasakan pemberangkatan dari sini.

Terminus Kereta Api Lokal Bandung Raya dari Cicalengka dan Cibatu

Stasiun Padalarang (PDL) sekarang cuma melayani perjalanan kereta api lokal saja, khususnya Kereta Api Lokal Bandung Raya dan Kereta Api Lokal Cibatuan. Khusus Kereta Api Lokal Bandung Raya, stasiun ini jadi terminus untuk keberangkatan dari Cicalengka (CCL) dan Cibatu (CB). Lho kok ada ya yang berangkat dari Stasiun Cibatu (CB)?

Kereta Api Lokal Bandung Raya, KA 379, berangkat dari Stasiun Cibatu (CB) jam 05.10 WIB. Kereta ini bisa juga disebut Cibatuan 2 cuma bedanya yang ini nggak sampe ke Stasiun Purwakarta (PWK). Perjalanannya berakhir di stasiun yang jadi titik pertemuan dua jalur kereta api Bandung-Jakarta ini. Selain KA 379 juga ada KA 350 tujuan akhir Cibatu (CB) juga berangkat dari sini jam 19.25 WIB

Jadwal Kereta Api Lokal Bandung Raya 350 dan 379 rute Padalarang-Cibatu PP selengkapnya bisa dibaca di sini:

Adapun untuk keberangkatan dari Stasiun Cicalengka (CCL) itu sih udah jadi jawal reguler dan rutinitas Kereta Api Lokal Bandung Raya yang sejatinya memang melayani rute Padalarang-Cicelengka PP dengan harga tiket cuma Rp 5.000,00. Setelah perjalanan dari Cicalengka dan Cibatu berakhir di sini, lokomotif akan memutar arah untuk kemudian dinas lagi ke arah timur.

Nah khusus KA 379 dari Stasiun Cibatu (CB) balik kanannya cuma nyampe Cicalengka (CCL), dinas di jalur reguler Kereta Api Lokal Bandung Raya sampe di jam 19.25 WIB baru berangkat lagi menuju Stasiun Cibatu (CB).


Kereta Api Lokal Cibatuan Ngalah Sama KA Argo Parahyangan dan KA Serayu

Selain Kereta Api Lokal Bandung Raya, Stasiun Padalarang (PDL) juga melayani perjalanan Kereta Api Lokal Cibatuan di rute Cibatu-Purwakarta PP. Meski nggak berakhir di sini, biasanya Kereta Api Lokal Cibatuan berhenti cukup lama disini karena harus disusul sama Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) lebih dulu.

Biasanya Kereta Api Lokal Cibatuan harus mengalah sama Kereta Api Argo Parahyangan, kadang Kereta Api Serayu juga kalo misalnya delay. Saat berhenti di Stasiun Padalarang (PDL), Kereta Api Lokal Cibatuan tunggu disusul Kereta Api Argo Parahyangan jurusan Gambir (GMR) dan disilang sama Kereta Api Argo Parahyangan jurusan Bandung (BD).

Berhenti untuk ngalah sama titisan Sang Legenda makanya itu lumayan lama. Biasanya selagi berhenti sebagian penumpang memilih turun di stasiun untuk sekedar foto-foto suasana Stasiun Padalarang (PDL). Kadang ada juga yang ambil kesempatan buat bikin video cinematic selagi kereta berhenti. Secara Kereta Api Lokal Cibatuan nyaris selalu ditarik sprinter CC 203.

Stasiun Padalarang (PDL) Dekat ke Kota Baru Parahyangan Harusnya Layanan KAJJ Ada Lagi

Punya posisi strategis tapi cuma melayani perjalanan kereta api lokal membuat Stasiun Padalarang (PDL) jadi terkesan unik. Selain pasar dan tempat wisata, Stasiun Padalarang (PDL) juga dekat ke perumahan elite Kota Baru Parahyangan. Karena itu udah seharusnya stasiun ini mengaktifkan lagi layanan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Misalnya Kereta Api Argo Parahyangan ada yang berhenti di sini. Penumpang yang kebetulan tinggal di Kota Baru Parahyangan nggak usah repot-repot ke Stasiun Cimahi (CMI) atau Stasiun Bandung (BD) dulu, jadi cukup berangkat dari sini. Sedikit info justru Stasiun Cimahi (CMI) yang ada di kompleks TNI malah melayani perjalanan KAJJ.

Maka dari itu udah waktunya bagi PT.KAI Daop 2 Bandung untuk mempertimbangkan lagi membuka layanan KAJJ di Stasiun Padalarang (PDL). Baik untuk kereta jurusan Jakarta maupun ke arah timur. Secara dulu Kereta Api Kahuripan start dari sini dan Kereta Api Serayu juga pernah berhenti di sini.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: