Advertisements
Home > Blog > Kereta Api Bandung > Stasiun Padalarang (PDL), Stasiun Terbesar di Kabupaten Bandung Barat

Stasiun Padalarang (PDL), Stasiun Terbesar di Kabupaten Bandung Barat

Selain letaknya strategis, Stasiun Padalarang juga merupakan Stasiun Kereta Api terbesar di Kabupaten Bandung Barat yang banyak didominasi stasiun kelas 2 dan 3. Namun sayang cuma melayani kereta api Lokal Bandung Raya dan Kereta Api Lokal Cibatuan

Posisinya yang strategis ternyata nggak dibarengi dengan cuma melayani keberangkatan kereta api lokal Bandung Raya dan kereta api Lokal Cibatuan. Sebagai stasiun besar bahkan yang paling besar di Kabupaten Bandung Barat, Stasiun Padalarang (PDL) idealnya melayani perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Apalagi stasiun ini jadi titik pertemuan dua jalur kereta api Bandung-Jakarta.

Sedikit info jalur kereta api Bandung-Jakarta sebenarnya ada dua. Jalur pertama lewat Cianjur-Sukabumi-Bogor atau disebut juga jalur Kereta Api Manggarai Padalarang. Jalur kedua lewat Purwakarta-Cikampek atau jalur eksisting yang sekarang dilewatin Kereta Api Argo Parahyangan, Kereta Api Pangandaran dan Kereta Api Serayu, dua kereta yang melayani koridor Bandung-Jakarta sekarang.

Keduanya bertemu di Stasiun Padalarang (PDL). Maka itu seharusnya Stasiun Padalarang (PDL) bisa setara sama Stasiun Cikampek (CKP) di Daop 1 Jakarta yang jadi tempat pertemuan jalur dari Cirebon dan Bandung menuju Jakarta. Statusnya stasiun kelas satu atau stasiun besar.

Stasiun Padalarang (PDL), Pernah Melayani Perjalanan KAJJ

Saat ini Stasiun Padalarang (PDL) cuma melayani perjalanan Kereta Api Lokal Bandung Raya dan Kereta Api Lokal Cibatuan. Selain itu juga sering dipake buat persilangan dan persusulan karena antara blok Stasiun Padalarang dan Stasiun Cilame (CLE) terutama selepas Cihaliwung masih single track. Jadi kereta harus gantian.

Disinilah Kereta Api Cibatuan biasa harus ngalah sama Kereta Api Argo Parahyangan dan Kereta Api Serayu yang kelasnya lebih tinggi. Masing-masing 1x susul dan 1x silang Kereta Api Argo Parahyangan. Kalo lagi delay malah disusul sama Kereta Api Serayu juga.

Padahal dulu Stasiun Padalarang (PDL) pernah melayiani perjalanan KAJJ. Di tahun 1996 malah semua Kereta Api Parahyangan dan Kereta Api Argo Gede diberangkatin dari sini imbas dari longsor di petak Gadobangkong. Tercatat Kereta Api Kahuripan dan Kereta Api Serayu pernah dilayani di stasiun ini. Begitu pula Kereta Api Argo Parahyangan.

Namun sayang sejak awal 2015 Stasiun Padalarang (PDL) cuma melayani lokalan aja. Kereta Api Serayu jadi KAJJ terakhir yang dilayani di stasiun ini sebelum dipindah ke Stasiun Cimahi (CMI).

Sayang memang karena posisi Stasiun Padalarang (PDL) malah lebih strategis daripada Stasiun Cimahi (CMI). Disini ada akses ke Lembang, Situ Ciburuy, dan dekat juga ke Kota Baru Parahyangan. Letak yang strategis ditambah sebagai stasiun terbesar di kabupaten Bandung Barat memang seharusnya punya layanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Seandainya Stasiun Padalarang (PDL) disinggahi KAJJ terutama yang rute Jakarta peminatnya akan sangat tinggi secara posisinya yang strategis tadi dan lebih mudah menuju kawasan wisata Lembang ketimbang dari Stasiun Cimahi (CMI) dan Stasiun Bandung (BD).


Kontributor Foto:

Muhammad Erlangga Sulistyono (@erlanggasulistyono)

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: