Stasiun Ciroyom (CIR), Tanggung Tapi Dekat Pasar

Stasiun Ciroyom (CIR) adalah salah satu stasiun kereta api di Kota Bandung. Posisinya boleh dibilang tanggung banget karena dekat Stasiun Bandung (BD). Di sisi lain malah dekat ke Pasar Ciroyom.

Jarak Stasiun Bandung (BD) dan Stasiun Ciroyom (CIR) memang nggak nyampe 2 km. Jadi dekat banget. Keduanya cuma terpisah Dipo Kereta Api Bandung (BD) yang posisinya di Jalan Industri. Malah boleh dibilang ada di sinyal masuk Stasiun Bandung (BD).

Diliat dari sejarahnya, Stasiun Ciroyom (CIR), memang nggak bisa dibilang stasiun baru. Di zaman Belanda jadi tempat buat kereta barang. Dulu dekat situ memang ada semacam gudang logistik. Umumnya buat nyimpan hasil bumi yang akan di jual di Pasar Ciroyom.

Namun di pertengahan 1990-an mulai dikembangin jadi stasiun buat layanan penumpang. Gantiin Stasiun Andir (AND) yang dinilai udah nggak layak lagi. Sempat dipake buat keberangkatan KAJJ kelas ekonomi, Stasiun Ciroyom (CIR) akhirnya fokus buat KA Lokal Bandung Raya.

Stasiun Ciroyom (CIR) Selalu Rame

Meski nanggung banget, stasiun ini nggak bisa dibilang sepi. Justru sebaliknya banyak penumpang KA Lokal Bandung Raya naik dari sini. Baik yang tujuannya ke Padalarang (PDL) atau Cicalengka (CCL). Ramainya stasiun ini nggak lepas dari letaknya yang sangat strategis.

Stasiun Ciroyom (CIR) Tanggung Tapi Dekat Pasar 1
Stasiun Ciroyom (CIR) dan KA Lokal Bandung Raya (Foto: Nabiel Muhammad Husein)
Stasiun Ciroyom (CIR) Tanggung Tapi Dekat Pasar 2
KA Argo Parahyangan Tambahan lepas JPL Stasiun Ciroyom (CIR). Foto: Fauzi Ahmad.
Stasiun Ciroyom (CIR) Tanggung Tapi Dekat Pasar 3
Salah satu KA yang dilayani Stasiun Ciroyom (CIR). KA Lokal Bandung Raya. Foto: Fauzi Ahmad

Stasiun ini dekat sama 2 pasar. Pertama tentu Pasar Ciroyom, salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Bandung. Disini identik sama pasar daging sapi dan ayam segar. Disamping buat jualan sayur dan buah juga tentunya. Belakangan di Ciroyom juga ada semacam Pusat Grosir pakaian.

Kedua Pasar Onderdil Jatayu. Jarak dari stasiun ini ke Jatayu juga dekat banget. Dari dulu Jatayu udah terkenal sebagai sentra onderdil kendaraan bermotor. Makanya nggak heran kalo stasiun ini nggak pernah sepi dari penumpang. Terutama KA Lokal Bandung Raya.

Keberangkatan KA Lokal Cianjuran

Di zamannya KA Lokal Cianjuran alias Argo Peuyeum, stasiun ini pernah jadi titik keberangkatan awal. Posisinya yang strategis dinilai layak buat stasiun awal sekaligus terminus lokalan dengan formasi dua kereta tersebut.

Belum lagi nggak sedikit pedagang dari Cianjur yang jualan di Pasar Ciroyom. Sayang kemudahan warga Cianjur yang bekerja atau aktivitas di Bandung itu hanya berlangsung sampe tahun 2010. Penyebabnya nggak lain adalah kereta aling-aling.

Tragedi Petarukan Pemalang tanggal 2 Oktober 2010 membuat PT.KAI keluarin kebijakan wajibnya pake aling-aling di jalur utama. Sementara stasiun ini terletak di jalur utama Padalarang-Kasugihan. Meski punya jalur sendiri yang terpisah dari jalur KAJJ ke Stasiun Bandung (BD).

Kebijakan ini akhirnya membuat KA Lokal Cianjuran harus potong rute jadi cuma sampe Stasiun Padalarang (PDL). Penumpang yang mau lanjut ke Kota Bandung mau nggak mau harus ganti kereta di sini. Ditambah lagi KA Lokal Cianjutan pensiun abis lebaran 2012.

Praktis sekarang tinggal KA Lokal Bandung Raya aja yang jadi andalan di sini. Termasuk yang jurusan Stasiun Cibatu (CB) dan Stasiun Purwakarta (PWK).


Kontributor Foto:

Nabiel Muhammad Husein (@nabeelhusein6) dan Fauzi Ahmad (@fauzi_ahmad1253)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.