Stasiun Bogor Paledang dan Kereta Api Pangrango

Kereta Api Pangrango jurusan Sukabumi berangkat dari Stasiun Bogor Paledang. Posisinya kurang lebih 100 meter arah selatan Stasiun Bogor, belakang Mall Taman Topi Square. Stasiun kecil tapi fasilitasnya lumayan.

Berhubung mimin sebelumnya pernah beberapa kali ngepost tentang Kereta Api Pangrango, kayanya nggak sempurna kalo nggak dibahas Stasiun Bogor Paledang yang jadi tiitk keberangkatan awal Kereta Api Pangrango ke Sukabumi sekaligus terminusnya dari arah Sukabumi.

Sebelum Kereta Api Pangrango dinas tahun 2014, layanan kereta api Bogor-Sukabumi pake rangkaian Kereta Rel Disel (KRD) / Diesel Multiple Unit (DMU) MCW 302 buatan Nippon Sharyo Jepang tahun 1980. Awalnya pake rangkaian KRD Ekonomi Bumel yang terdiri dari 3 gerbong. Tapi rangkaiannya rusak dan kereta api sempat vakum di jalur itu mulai 2006.

2 tahun kemudian tepatnya 15 Desember 2008, kereta api kembali menyapa jalur legendaris pinggir Sungai Cisadane itu, rangkaiannya tetap KRD bedanya kali ini KRD Kelas Bisnis (KD2) yang dikasih nama Bumi Geulis. Bukan rangkaian baru juga sih, sebelumnya Bumi Geulis dinas di jalur Jogja-Solo sebagai KRD Prameks.

Okupasi KRD Bumi Geulis lumayan bagus, rangkaian ini bahkan pernah dibablasin sampe Stasiun Tanah Abang buat bantuin operasional KRL Pakuan Ekspres yang nyaris selalu dipadatin penumpang asal Bogor. Meski diminati, usia kereta tetap nggak bisa dibohongi. Sering mengalami kerusakan akhirnya KRD Bumi Geulis berhenti beroperasi di tahun 2012.

Lagi-lagi kereta api ke Sukabumi mengalami vakum, jalur kembali non-aktif, tapi kondisi itu ternyata nggak berlangsung lama karena di tanggal 9 November 2013 Kereta Api Pangrango hadir menggantikan KRD Bumi Geulis yang waktu itu dimutasi ke Daop 2 Bandung buat didinasin sebagai KRD Patas Non-AC Bandung Raya.

Beda sama rangkaian yang udah-udah, Kereta Api Pangrango itu rangkaian konvensional yang ditarik lokomotif mulai dari CC 201 sampe CC 206 (sekarang seringnya ditarik CC 206 punya Dipo Lokomotif Jatinegara).

Beda lainnya, Kereta Api Pangrango diberangkatinnya nggak dari Stasiun Bogor karena lebih difokusin buat stasiun terminus dan keberangkatan KRL Commuter Line. Kereta Api Pangrango berangkat dari Stasiun Bogor Paledang yang posisinya kurang lebih 100 meter arah selatan Stasiun Bogor, di belakang Taman Topi Square.

Adapun fungsi Stasiun Bogor cuma buat ngelangsir Kereta Api Pangrango aja, aktivitas naik turun penumpang semuanya di Stasiun Bogor Paledang. Kenapa langsiran nggak sekalian di Paledang? Stasiun Bogor Paledang cuma punya 1 jalur aja, malah lebih mirip halte daripada stasiun, jadi mau nggak mau langsiran tetap di Stasiun Bogor.

Stasiun Kecil Fasilitas Lumayan

Stasiun Bogor Paledang memang cuma stasiun kecil bahkan lebih mirip halte ketimbang stasiun. Keberadaannya sekedar buat bantuin Stasiun Bogor yang udah padat banget sama aktivitas KRL Commuter Line Jabodetabek, jadi nggak mungkin keberangkatan Kereta Api Pangrango dari Stasiun Bogor.

Karena itulah Stasiun Bogor Paledang disiapin khusus buat para penumpang Kereta Api Pangrango, baik yang mau berangkat ke Sukabumi atau yang baru datang dari Sukabumi. Stasiun ini memang cuma punya satu jalur, karena itu tadi fungsinya cuma buat bantu Stasiun Bogor dan bukan stasiun utama.

Walaupun kecil dan cuma ada satu jalur, fasilitas Stasiun Bogor Paledang nggak bisa dibilang minim. Disini tetap ada fasilitas buat check in dan boarding pass layaknya stasiun keberangkatan Kereta Api jarak Jauh (KAJJ). Secara Kereta Api Pangrango sendiri juga lokalan rasa KAJJ, atau lokalan semi ekspres.

Stasiun Bogor Paledang juga punya toilet dan musholla, ruang PPKA, toko roti, sampe food court meski untuk food court-nya masih sewa bangunan yang ada di sebelahnya. Rencananya Stasiun Bogor Paledang mau direnovasi jadi lebih bagus lagi daripada bangunan sekarang.

Itu sejalan sama rencana pemerintah buat ngembangin jalur Bogor-Sukabumi-Cianjur yang nantinya bakal disambung sampe ke Bandung. Untuk Bogor-Sukabumi direncanain mau dibikin double track, itu artinya kalo udah double track ada kemungkinan perjalanan Kereta Api Pangrango bakal ditambah jadi lebih banyak dari sekarang yang cuma 6 trip.

Dari 6 trip itu dibagi masing-masing 3 keberangkatan dari Stasiun Bogor Paledang dan 3 keberangkatan dari Stasiun Sukabumi. Rangkaiannya memang cuma satu yang terdiri dari 1 gerbong eksekutif (K1), 1 gerbong Kereta Makan Pembangkit kelas 3 (KMP3), dan 4 gerbong ekonomi kapasitas 106 penumpang (K3) ditarik Lokomotif CC 206.

Semua rangkaian gerbong Kereta Api Pangrango punya Daop 1 Jakarta, Dipo Jakarta Kota (JAKK) sedangkan lokomotif penariknya jenis CC 206 punya Dipo Induk Jatinegara (JNG). Meski statusnya lokalan, disini nggak berlaku tiket berdiri dan semua penumpang dapat tempat duduk. Tiket bisa dibooking via channel external mulai H-30 >> CEK DI SINI

Berikut Foto Gallery Stasiun Bogor Paledang:

A. Stasiun Bogor Paledang

Stasiun Bogor Paledang dibikin khusus buat keberangkatan dan kedatangan Kereta Api Pangrango jurusan Sukabumi karena Stasiun Bogor udah padat dan difokusin KRL Commuter Line Jabodetabek. Posisinya kurang lebih 100 meter arah selatan Stasiun Bogor

stasiun-bogor-paledang-1

B. Pintu Masuk Stasiun Bogor Paledang.

Meski mirip halte, Stasiun Bogor Paledang punya fasilitas check in dan boarding pass layaknya stasiun keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ)

stasiun-bogor-paledang-2

C, Dari Taman Topi Square

Kalo dari Stasiun Bogor mau ke Stasiun Bogor Paledang, kamu bisa ambil jalan kecil di sebelah Taman Topi Square nanti nyeberang rel. Bangunan stasiunnya udah keliatan bahkan dari Stasiun Bogor.

stasiun-bogor-paledang-3

D. Musholla

Stasiun Bogor Paledang memang lebih mirip halte, tapi soal fasilitas nggak kalah sama stasiun pada umumnya, salah satunya musholla.

stasiun-bogor-paledang-4

E. Toilet

Inilah fasilitas umum paling dasar yang mesti ada di stasiun, tak terkecuali Stasiun Bogor Paledang. Posisi toiletnya nggak jauh dari Musholla.

stasiun-bogor-paledang-5

F. Food Court

Sambil nunggu keberangkatan Kereta Api Pangrango ke Sukabumi, kamu bisa makan dulu atau sekedar beli cemilan buat bekal nanti naik kereta di Food Court Stasiun Paledang. Posisinya tepat di depan stasiun.

stasiun-bogor-paledang-6

G. Toko Roti

Selain Food Court, depan Stasiun Bogor Paledang juga ada toko roti yang menjual aneka roti sampe minuman dalam botol.

stasiun-bogor-paledang-7

H. Banner Rencana Pengembangan Stasiun Bogor Paledang. 

Sadar punya potensi bagus, di bagian depan ada banner rencana pengembangan Stasiun Bogor Paledang. Ini sejalan sama rencana pemerintah yang juga mau ngembangin jalur kereta api Bogor-Sukabumi, bakal dibikin double track dan nantinya nyambung sampe ke Bandung via Cianjur.

stasiun-bogor-paledang-8

Leave a Reply

%d bloggers like this: