Advertisements

Stasiun Andir Bandung, Dulu Layani Penumpang Sekarang Sinyal

Stasiun Andir Bandung (AND) dekat JPL Andir/Garuda dulu pernah melayani perjalanan Kereta Api Lokal Bandung Raya dan Kereta Api Patas Bandung Raya waktu masih pada pake KRD MCW 302. Kini layanan penumpang pindah ke Stasiun Ciroyom (CIR) dan stasiun pun beralih jadi tempat pengatur sinyal.

Berbicara tentang Stasiun Andir Bandung (AND) pasti pandangan kita nggak akan lepas dari JPL atau pintu perlintasan yang terkenal semrawut di Kota Bandung. JPL yang kita kenal sebagai JPL Garuda atau JPL Andir. Disini nggak sedikit pengendara motor suka nekat menerobos pintu perlintasan yang udah tertutup dengan memanfaatkan celah di jalur sebelahnya yang kosong.

Padahal kegiatan Disiplin Perlintasan sudah sangat sering diadakan di sana. Namun sayang karena udah terlanjur nggak tertib hingga saat ini belum membuahkan hasil yang maksimal. JPL Andir/Garuda tetap di cap semrawut dan nggak tertib di Kota Bandung.

Oke kembali ke Stasiun Andir Bandung (AND), dulu merupakan tempat naik turun penumpang. Termasuk katagori stasiun kecil kelas 3. Cuma melayani perjalanan Kereta Api Patas dan Lokal Bandung Raya di masanya. Terutama waktu komuter andalan wargi Bandung itu masih pake armada KRD MCW 302 buatan Jepang.

Layanan Penumpang Pindah ke Stasiun Ciroyom (CIR)

Menjelang akhir 1990-an, layanan penumpang kereta api Patas dan kereta api Lokal Bandung Raya dipindah ke Stasiun Ciroyom (CIR) yang posisinya nggak jauh dari Stasiun Andir Bandung (AND). Stasiun Ciroyom di satu sisi memang dekat banget sama Stasiun Bandung (BD), tapi kalo dari sisi strategis dekat sama Pasar Ciroyom, yang juga banyak dilewatin Angkot.

stasiun andir bandung, dua kereta api persiapan melintas

Pasca layanan penumpang pindah ke Stasiun Ciroyom (CIR) otomatis Stasiun Andir Bandung (AND) nggak lagi melayani turun naik penumpang. Fungsi stasiun pun otomatis berubah jadi sekedar rumah pengatur sinyal.

Stasiun Andir Bandung (AND) merangkap Gardu JPL

Ada lagi keunikan Stasiun Andir Bandung (AND). Selain sebagai rumah sinyal setelah nggak lagi dipake buat aktivitas penumpang, stasiun di Kecamatan Andir ini juga merangkap gardu JPL. Nah buka tutup pintu perlintasan di Jalan Garuda sebenarnya dikendalikan dari sini. Makanya stasiun ini boleh dibilang sangat unik.

staiun andir bandung dan kereta api lokal bandung raya

Beruntunglah Stasiun Andir Bandung (AND) masih bisa difungsikan meski bukan untuk naik turun penumpang. Lumayan lah buat pengatur sinyal mirip-mirip sama Stasiun Cipinang di Daop 1 sekaligus gardu JPL karena posisi yang dekat banget sama Jalan Garuda.

Oh iya, kebayang nggak sih andai Stasiun Andir Bandung (AND) masih melayani penumpang setiap kereta yang berhenti di sini bakal nutupin Jalan Garuda? Karena posisi peronnya aja udah dekat banget sama jalan raya, penumpang cuma bisa naik ke gerbong 1-2 arah Cicalengka atau 6-7 arah ke Padalarang. Jadi udah bener banget layanan untuk penumpang dialihkan ke Stasiun Ciroyom (CIR).


Kontributor Foto

M Fajar (@railfans_huting)

Setiap foto yang berhasil di repost di Instagram @pecandukereta berkesempatan untuk ditampilkan di situs resmi Lodaya Bandung. Pastinya supaya bisa di post di sini haruslah karya sendiri dan bukan foto bajakan.

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: