Spot Foto di Padalarang Paling Terkenal

Spot foto di Padalarang paling terkenal, khususnya di kalangan Railfans, tak lain ialah Tiber Padalarang. Ini adalah akhir dari jalur pegunungan di Priangan Barat dari arah Jakarta sebelum masuk Stasiun Padalarang (PDL). Di sini bisa dapat momen bagus, meski lagi ada proyek kereta cepat.

Kebanyakan Railfans kepengen banget bisa hunting di sini. Baik dari Daop 2 Bandung maupun dari luar. Dapat momen kereta menikung jelas bisa menaikkan rating foto. Apalagi full satu rangkaian. Sesuatu yang sangat jarang bisa didapat di spot kota.

Untuk ke kawasan ini memang nggak sulit. Dari Stasiun Padalarang (PDL) bisa jalan kaki atau naik angkot. Jalan kaki bisa sekitar 15-20 menit. Itu kalo mau irit ongkos. Sebaliknya naik angkot 10-15 menit. Bayar tapi waktu bisa sedikit di hemat.

Kereta yang berbelok apalagi dengan latar Gunung Burangrang memang sangat menarik. Akan tetapi di sisi lain foto dengan spot seperti ini jelas tak luput dari incaran pembajak foto. Mereka yang cuma pengen enaknya aja dan nggak mau merasakan perjuangan mencari spot bagus.

Spot Foto di Padalarang Paling Terkenal
KA Argo Parahyangan melewati Tiber Padalarang. Spot Foto di Padalarang Paling Terkenal di kalangan Railfans Indonesia. Foto: Rafli Prawira

Spot Foto di Padalarang Sejuta Umat

Boleh dibilang Tiber merupakan spot sejuta umat. Hampir semua Railfans berkeinginan untuk bisa foto atau ngevlog di sini. Sekalipun saat ini lagi ada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Jalurnya memang melewati kawasan Tiber Padalarang.

Keberadaan proyek prestisius tersebut sejujurnya memang menurunkan nilai estetika. Terutama untuk pengambilan foto dari arah Bandung menuju Jakarta. Karena bagian proyek mau nggak mau pasti akan masuk ke foto kita.

Hal terpenting lainnya buat kamu yang pengen ngejajal spot foto di Padalarang sejuta umat ini ialah keselamatan. Mengetahui jadwal perjalanan kereta api jelas sangat penting. Khususnya Kereta Api Argo Parahyangan, KA Serayu dan KA Lokal Cibatuan.

Ketiganya langganan lewat Tiber Padalarang. Alat-alat untuk pengerjaan Kereta Cepat jelas mengurangi pendengaran. Terkhusus Semboyan 35. Karena itu perlu kehati-hatian di sini.

Jangan lupa di daerah Tiber Padalarang juga sangat menjaga kearifan lokal. Meski ada pekerja Tiongkok yang ikut dalam pengerjaan Kereta Cepat. Hal tersebut tak banyak berpengaruh pada kearifan lokal setempat. Terutama dalam hal menjaga kebersihan.

Usahakan jangan buang sampah sembarangan di area tiber. Kalopun pengen makan lebih baik bekasnya kamu kantongin dulu. Udah itu baru dibuang setelah meninggalkan kawasan Tiber Padalarang.

Kontributor Foto

Rafli Prawira (@rafli_prawira12)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.