Posted on

Selamat Tinggal Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis

Per 1 Agustus 2018 Kereta Api Harina ganti rangkaian jadi eksekutif dan ekonomi premium pake kereta terbaru berbody stainless steel (K1 18 dan K3 18). Dengan demikian formasi KA 31 dan 32 ikut berubah. Usai sudah layanan Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis. 

Praktis sejak tanggal 1 Agustus 2018 nggak ada lagi layanan kereta api Argo Parahyangan Bisnis, atau kereta api bisnis di jalur Jakarta Bandung. Kini tinggal sisakan layanan kereta api eksekutif dan ekonomi. Padahal kalo diliat dari sejarahnya, Kereta Api Parahyangan sebagai pendahulu Kereta Api Argo Parahyangan pertama kali dinas layanannya full K2 (kereta api bisnis) dan kini semuanya berakhir sudah.

SELAMAT TINGGAL KERETA API ARGO PARAHYANGAN BISNIS

Dimulai Kereta Api Argo Parahyangan Reguler.

Tanda-tanda layanan kereta api Argo Parahyangan Bisnis kelar itu udah terlihat di tahun 2016. Waktu itu trainset K3 16 mulai diluncurkan dan dipake Kereta Api Mutiara Selatan, Bandung-Malang via Surabaya Gubeng. Cuma sayangnya trainset K3 16 itu banyak diprotes pelanggan bahkan sampe didemo di Change.Org. PT.KAI yang lebih utamakan pelanggan akhirnya balikin layanan kereta api bisnis di situ.

Sayang kebijakan itu malah ngorbanin kereta api Argo Parahyangan yang akhirnya harus terima limpahan K3 16 bekas Mutiara Selatan. Sementara kereta api bisnis-nya dipindah ke kereta api yang udah dinas sejak 1972 itu. Istilahnya tukeran kereta. Jarak antar kursi yang sempit di K3 16 jadi dasar barter kereta antara Kereta Api Argo Parahyanagn dan Kereta Api Mutiara Selatan. Karena dianggap nggak cocok buat jarak sejauh Bandung-Malang.

Kereta Api Argo Parahyangan Premium, idle Harina dan Senja Utama Solo.

Setahun berselang, di 2017, Kereta Api Argo Parahyangan Premium mulai dinas. Manfaatin rangkaian terbaru K3 17 Premium. Kereta Api Ekonomi Premium ini disebut-sebut sebagai perbaikan dari K3 16 yang memang banyak kekurangannya. Misalnya jarak antar kursi jadi nggak lagi terlalu sempit, kursi yang bisa dimaju mundur, cuma formasinya aja yang nggak berubah, masih 1/2 maju dan 1/2 mundur.

Kereta Api Argo Parahyangan Premium dinas Full K3 Premium. Inilah yang akhirnya memicu meme “Argo Kok Ekonomi” meski sejatinya meme kaya gitu udah ada sejak awal Kereta Api Argo Parahyangan reguler ganti kereta dari K2 (kereta api bisnis) jadi K3 16 (ekonomi 2016).

Meski demikian layanan kereta api Argo Parahyangan Bisnis belum benar-benar hilang, karena masih ada di Kereta Api Argo Parahyangan 31 dan 32 idle Harina, dan Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan idle Senja Utama Solo. Khusus yang idle Senja Utama Solo bahkan full K2 (kereta api bisnis) hingga muncul lagi istilah Parahyangan Reborn, mengacu pada awal masa dinas Kereta Api Parahyangan yang Full K2.

Di akhir Maret 2018, sekalipun udah ditambah K1 (eksekutif), image “Parahyangan Reborn” Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan idle Senja Utama Solo yang melayani rute Pasar Senen-Bandung tetap melekat, karena cuma bawa 2 K1 sebagaimana Kereta Api Parahyangan dulu. Hingga akhirnya menjelang Lebaran 2018 “diembat” Stainless Steel gabungan K1 18+K3 18.

Dengan demikian otomatis Satu trainset Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis dan image “Parahyangan Reborn” hilang. Karena kalopun tetap dipake buat Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan di rute Pasar Senen-Bandung, tak ada lagi layanan K2 (kereta api bisnis).

Trainset Terakhir Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis

Praktis Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis tinggal sisakan 2 trainset terakhir yang biasa didinasin sebagai KA 31 dan KA 32 manfaatin idle Kereta Api Harina. Kalo dihitung berarti tinggal 4 kereta api bisnis tersisa disini karena udah pada “diembat” sama Premium K3 18. Itu juga cuma dinas weekend (Jum’at, Sabtu, Minggu, Senin).

Operasional Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis pun berakhir di 31 Juli 2018, karena besoknya Kereta Api Harina udah ganti rangkaian jadi Stainless Steel gabungan K1 18 + K3 18 kaya Kereta Api Senja Utama Solo. Ironisnys lagi tanggal terakhir dinas Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis barengan sama awal dinas Kereta Api Parahyangan (31 Juli 1971), dimana awal dinas Kereta Api Parahyangan full K2 (kereta api bisnis).

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.