Posted on

Selamat Tinggal Booking Tiket Kereta Api via SMS/WA dan Telepon

Cara booking tiket kereta api via SMS/WA dan Telepon yang masih dipake waktu pemesanan tiket kereta api Lebaran 2018 dengan tegas harus dihapus dan nggak ada lagi di tahun 2019 nanti. Kini saatnya kita ucapkan selamat tinggal buat metode konvensional itu. Semua bakal diganti sama sistem “Pre Order” dan sistem online. 

Ini jadi catatan utama di masa pemesanan tiket kereta api lebaran 2018 kemarin. Jelas banget sistem booking tiket kereta api via SMS/WA dan Telepon bikin ribet. Sistem kaya gini jelas banget ketinggalan jaman. Padahal sekarang udah banyak aplikasi yang praktis. Okelah semua itu nggak bisa berjalan sempurna begitu masuk jam 00.00 WIB. Karena server KAI biasanya mendadak offline, terutama di periode padat kaya H-3 s.d H-1.

Booking tiket kereta api via SMS/WA dan telepon memang udah dipake sejak 2014. Meski udah mulai dihapus begitu Lodaya Bandung pertama kali diperkenalkan, nyatanya ini nggak sepenuhnya bisa hilang terutama begitu masuk periode pemesanan tiket kereta api Lebaran 2018 bulan Maret s.d. April 2018 kemarin. Jujur aja, akhirnya berasa juga bahwa cara kaya gini benar-benar ribet dan udah seharusnya ditinggalin.

Sistem “Pre Order”

Terus gimana solusinya? InSyaaAlloh dari Lodaya Bandung sih udah nyiapin sistem baru yang bakal diterapin di pemesanan tiket kereta api lebaran 2019 nanti. Sistem ini mirip kaya online shop dan disebut sistem “Pre Order”. Nah kalo kamu biasa belanja barang “Pre Order” metodenya mirip-mirip gitu, cuma bedanya transaksi dibikin online termasuk pembayarannya.

Supaya kamunya nggak kaget, sistem ini bakal dipake dalam waktu dekat, misalnya buat booking tiket kereta api dalam rangka liburan hari raya Kurban atau long weekend. Kalo diliat sekilas, sistem “Pre Order” ini agak mirim sama sistem lama, cuma bedanya bookingnya pake Online Shop. Memang ujung-ujungnya kamu juga bakal dimintain data-data penumpang, tapi paling nggak kan bisa lebih terstruktur daripada pake cara lama.

Ya, dengan sistem “Pre-Order”, siapapun yang pernah booking tiket kereta api dan prosesnya udah kelar sampe di pembayaran bakal terdeteksi satu per satu. Karena ada database-nya dan udah otomatis terdata. Meski (mungkin) untuk data penumpang plus identitas masih harus dikirim lagi via e-mail atau WA dan diinput manual. Tapi ini jelas beda sama cara lama yang semuanya harus dikerjain manual.

Sistem Online

Disamping sistem “Pre Order”, Lodaya Bandung juga tetap pertahankan sistem online sama kaya yang udah jalan sekarang. Sistem online ini kerja sama sama salah satu Online Travel Agent (OTA) ternama yang juga mitra resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Alhamduillah sejak awal diperkenalkan sistem ini udah berjalan dengan baik, dan akan terus ditingkatin lagi.

Booking tiket kereta api pake sistem online jelas punya banyak kelebihan, salah satunya transaksi pembayaran bisa 24 jam non-stop, dan transfer antar bank bukan satu-satunya metode pembayaran yang bisa kamu pilih. Beda jauh lah sama sistem booking tiket kereta api via SMS/WA dan telepon yang usang itu.

Terpisah dari Lodaya Bandung

Untuk pemesanan tiket kereta api lebaran 2019 nanti InSyaaAlloh bakal dibikin terpisah dari Lodaya Bandung, meski mungkin untuk namanya masih ada embel-embel Lodaya-nya. Dikarenakan Lodaya Bandung akan kembali ke khitah-nya sebagai Railshop dan Blog Kereta Api Bandung, bahkan bakal dipertegas lagi posisinya. Dua bulan kemarin, terutama Maret dan April, nyaris bikin Lodaya Bandung kehilangan positioning.

Nah, untuk segala sesuatu diluar Railshop dan Blog Kereta Api Bandung, saat ini lagi dipersiapkan modelnya. Jadi tunggu aja ya, inSyaaAlloh nggak lama lagi bakal di launching.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.