Posted on

Selain Kereta Api Lodaya, Kereta Api Malabar (juga) ada hubungan sama Prabu Siliwangi

Nggak cuma Kereta Api Lodaya, namanya identik sama macan jelmaan Prabu Siliwangi. Ternyata Kereta Api Malabar juga ada hubungan. Gunung Malabar disebut-sebut sebagai tempat kelahiran Sri Baduga Maharaja. 

SELAIN KERETA API LODAYA KERETA API MALABAR JUGA ADA HUBUNGAN SAMA PRABU SILIWANGISadar atau nggak, setelah kita telusuri nama-nama Kereta Api Bandung yang dinas di lingkungan Daop 2 Bandung ternyata masih berhubungan sama sejarah Tatar Sunda, terutama Sejarah Prabu Siliwangi, disebut-sebut sebagai Raja Pajajaran terakhir. Entah berhubungan langsung sama tokoh tersebut atau ada kaitan, misalnya tempat-tempat tertentu yang menurut catatan sejarah ada jejak Prabu Siliwangi.

Kereta Api Lodaya dan Prabu Siliwangi

Seperti kita tau, nama Kereta Api Lodaya diambil dari sosok Prabu Siliwangi itu sendiri yang telah berubah jadi macan putih atau macan Lodaya. Mulai dipake tanggal 2 Mei 2000 bersamaan perpanjangan rute ke Solo Balapan (SLO), meski nama Lodaya bisa juga berarti Solo-Bandung Raya. Meski demikian aspek historis tetap dipake dan nggak bisa dilupain begitu aja.

Kereta Api Lodaya termasuk unik. Dioperasikan Daop 2 Bandung, rangkaian yang dipake justru punya Dipo Solo Balapan (SLO). Belakangan malah bawa kereta api eksekutif K1 08 punya Dipo Jogjakarta (YK) yang sebelumnya pernah dibawa Kereta Api Argo Dwipangga. Meski lokomotif dan kru tetap dari Bandung.

Kebetulan atau gimana, rangkaian punya Dipo Solo Balapan (SLO) mulai dibawa beberapa bulan setelah “rekonsiliasi sejarah” yang mentapkan adanya Jalan Siliwangi dan Jalan Pajajaran di Jogjakarta, Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Majapahit di Bandung. Sebelumnya Kereta Api Lodaya selalu bawa rangkaian kereta api punya Dipo Bandung (BD).

Selain Kereta Api Lodaya, sosok Prabu Siliwangi juga melekat di Kereta Api Siliwangi, kereta api lokal perintis rute Cianjur (CJ)-Sukabumi (SI). Malah boleh dibilang Kereta Api Lodaya sama Kereta Api Siliwangi sejatinya kakak beradik karena berasal dari satu sosok yang sama, Prabu Siliwangi. Nanti kalo Kereta Api Kiansantang dinas, Kereta Api Lodaya praktis punya 2 adik.

Kereta Api Malabar

Ternyata sosok Prabu Siliwangi juga ada di Kereta Api Malabar. Setelah ditelusuri dari literatur sejarah, Gunung Malabar yang dijadiin dasar penamaan kereta api rute Bandung-Malang ini diyakini sebagai tempat lahir Prabu Siliwangi. Gunung Malabar ada di Bandung Selatan, termasuk bagian dari gugusan pegunungan Malabar. Selain Gunung Malabar disitu juga ada Gunung Puntang, Gunung Haruman dan Gunung Puncak Besar.

Gunung Puntang disebut-sebut sebagai tempat pegangan Prabu Siliwangi. sementara Gunung Haruman namanya dikasih langsung sama Prabu Siliwangi karena pengen tempat ini terus harum. Nah, jajaran pegunungan Malabar ini ternyata identik sama sosok Sri Baduga Maharaja. Makanya boleh dibilang Kereta Api Malabar, yang namanya diambil dari situ, sulit dipisahin dari sosok Prabu Siliwangi.

Kereta Api Malabar ini jadi rangkaian kereta api jarak jauh dengan rute terpanjang di Daop 2 Bandung, dan sesekali bisa dijadiin backup kalo kamu kehabisan tiket kereta api Lodaya. Selain diambil dari Pegunungan Malabar, nama Kereta Api Malabar bisa berarti Malang Bandung Raya.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.