Sekilas Tentang Gunung Bukit Tunggul

Gunung Bukit Tunggul memiliki ketinggian 2.209 dpl, tertinggi di antara rangkaian pegunungan yang ada di Kawasan Bandung Utara. Termasuk salah satu sisa letusan Gunung Sunda, tapi nggak sedikit yang ngaitin sama Karuhun Bandung dan legenda Sangkuriang.

Kayanya kurang pas yah udah ngepost Situ Sangkuriang dan Gunung Bukit Tunggul tanpa mengenal profil gunungnya sendiri, walaupun cuma sekilas. Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini kang Mimin coba menutup bahasan seputar Situ Sangkuriang dan Bukit Tunggul lewat posting berjudul Sekilas Tentang Gunung Bukit Tunggul.

Kalo dibanding sama Gunung Tangkubanparahu yang aksesnya gampang banget karena nggak terlalu jauh dari jalan utama Bandung-Lembang-Subang, posisi Gunung Bukit Tunggul ini agak lumayan terpencil. Dari Maribaya masih harus ke Timur lagi, ngelewatin desa terakhir bernama Suntenjaya sebelum masuk wilayah PTPN VIII.

Secara administrasi, Gunung Bukit Tunggul masih masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat, di Desa Cibodas, berbatasan sama 3 kabupaten sekaligus: Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang dan Kabupaten Sumedang.

Walaupun terpencil, Gunung Bukit Tunggul merupakan gunung tertinggi di kawasan Bandung Utara, yakni 2.209 mdpl. Lebih tinggi dibanding Gunung Burangrang (2.084 mdpl), Gunung Tangkubanparahu (2.084 mdpl), dan Gunung Manglayang (1.818 mdpl). Keempatnya termasuk bagian dari sisa letusan Gunung Sunda purba.

Antara Karuhun Bandung dan Sangkuriang

Gunung Bukit Tunggu selain tertinggi di Kawasan Bandung Utara (KBU) ternyata punya nilai sejarah. Di sini ada jejak-jejak karuhun Bandung, atau nenek moyang-nya orang Bandung. Karena bukan gunung berapi aktif kaya Tangkubanparahu, puncak gunung Bukit Tunggul berupa bekas kolam yang udah berubah jadi rerumputan.

Ada tiga jejak yang disebut warga sekitar sebagai Babalongan. Bertingkat dari atas ke bawah dengan kedalaman sedikit berbeda. Puncak yang juga disebut punden berudak itulah peninggalan Karuhun (nenek moyang) orang Bandung dari budaya Megalitik yang kira-kira berumur 3.000 tahun atau 1.000 tahun Sebelum Masehi.

Inilah bukti perjalanan manusia di cekungan Bandung. Selain babalongan di puncak, ada lagi jejak Karuhun Bandung lainnya di Kampung Batu Loceng, kaki gunung Bukit Tunggul, yakni artefak “jabang bayi” yang tingginya 40 cm dan berdiameter 25 cm.

Selain ada jejak karuhun Bandung, Gunung Bukit Tunggul juga disebut ada kaitannya sama cerita Sangkuriang. Bukit Tunggul sebagaimana namanya dalam bahasa sunda berarti sisa kayu yang udah ditebang tapi masih tertanam di tanah.

Hasil tebangan inilah yang menurut cerita dipake sama Sangkuriang buat bikin perahu sebagai salah satu syarat supaya bisa mempersunting Dayang Sumbi, yang sebetulnya ibu kandung Sangkuriang sendiri.

Itu juga belum termasuk Situ Sangkuriang yang disebut sebagai tempat buat cuci tangan Sangkuriang. Padahal sejatinya itu danau buatan, lebih buat saluran irigasi dan sarana rekreasi di kawasan perkebunan kina Bukit Unggul punya PTPN VIII.

Jalur Pendakian Gunung Bukit Tunggul.

Gunung Bukit Tunggul (2.209 mdpl) termasuk nggak terlalu sering jadi destinasi para pendaki karena medannya yang ekstrem. Tapi bukan berarti nggak ada yang mendaki gunung ini, baik kalangan pecinta alam maupun pendaki gunung pada umumnya.

Ada dua jalur pendakian Gunung Bukit Tunggul. Jalur pertama dari Pasirgaling dan jalur kedua dari Kawasan Wisata Bukit Unggul / Bukit Tunggul yang juga jadi bagian dari Perkebunan Kina punya PTPN VIII.

Nah seperti yang udah di post sebelumnya, buat kamu yang pengen muncak ke Gunung Bukit Tunggul dan nggak ada niat berwisata di kebon Kina yang mana Situ Sangkuriang ada di sana, disarankan ambil start dari Pasirgaling, mengingat jalur inilah yang umum dilewati pendaki.

Kalo mau lewat tempat wisata, bisa juga sih, tapi jalurnya lebih jauh karena harus memutar bukit. Selain jauh juga ekstrem, tapi bukan berarti jalur Pasirgaling nggak ekstrem, dua-duanya sama ekstremnya tapi beda tingkat kesulitan. Itu karena Pasirgaling udah biasa dilewati dan lebih pendek.


Referensi

Explore Bandung Barat. 2017. Wisata Alam Bukit Tunggul, Perkebunan Kina, Curug dan Situ Sangkuriang. http://explorebandungbarat.com/wisata-alam-bukit-tunggul-unggul/

Kanopiberjalan. 2015. Gunung Bukit Tunggul dan Jejak Karuhun Bandung. https://kanopiberjalan.wordpress.com/2015/04/19/gunung-bukit-tunggul-dan-jejak-karuhun-bandung/

Merdeka.Com Bandung. 2015. Sangkuriang dan Cerita 4 Gunung yang Wajib Kamu Ketahui. https://bandung.merdeka.com/pariwisata/sangkuriang-dan-cerita-4-gunung-yang-wajib-kamu-ketahui-151202r.html

Taufik. 2011. Catatan Pendakian ke Gunung Bukittunggul  Jejak Kecil. http://bloggopik.blogspot.co.id/2011/06/catatan-perjalanan-ke-gunung.html


 

One thought on “Sekilas Tentang Gunung Bukit Tunggul

  1. Pingback: Gunung Manglayang dan Bandung City View

Leave a Reply

%d bloggers like this: