Railfans Lodaya Bandung

ロダヤバンドン 鉄道ファン

Masih suka hunting sendirian? Pengen ada teman kalo hunting? Yuk gabung di sini. Selain itu kamu juga bisa menambah wasasan dan pengetahuan seputar Kereta Api Indonesia. Sejatinya halaman Railfans Lodaya Bandung ini adalah kelanjutan dari Blog Kereta Api Bandung dan Blog Kereta Api Indonesia.


Railfans Lodaya Bandung (Daop 2 Bandung)

Mulai berdiri pada Juni 2017, Lodaya Bandung ketika itu cuma sebatas website pribadi yang membahas seputar Kereta Api Bandung dan Kereta Api Indonesia. Nama Lodaya sendiri memang terinspirasi dari Kereta Api Lodaya yang melayani Bandung-Solo Balapan PP.

Namun lebih dari itu Lodaya sejatinya merupakan identitas budaya Sunda, khususnya terkait sejarah Kerajaan Sunda dan Prabu Siliwangi. Lodaya ialah sosok Prabu Siliwangi yang berubah wujud menjadi macan putih (Maung Lodaya) ketika berhadapan dengan putranya, Raden Kian Santang.

Masuk tahun 2018, Lodaya Bandung coba dikembangkan lagi menjadi direktori wisata Indonesia dan kini bahkan ditambah portal Jepang. Meski demikian identitas aslinya sebagai situs kereta api tetap bertahan. Malah dikembangkan lebih jauh menjadi komunitas Railfans di Daop 2 Bandung. Lodaya Bandung berperan besar dalam mensupport WhatsApp Group Para Pecandu Kereta (PPK) dan ikut dalam mendirikan Save Railfans Indonesia (SRI)


Para Pecandu Kereta
(PPK)

Sama-sama lahir di tahun 2017 tapi Para Pecandu Kereta (PPK) baru ada setelah Lodaya Bandung didirikan sebagai blog pribadi yang membahas seputar kereta api. Jadi boleh dibilang Para Pecandu Kereta (PPK) ini ialah adik dari Lodaya Bandung. Keberadaannya sebagai WhatsApp Group sangat membantu kelangsungan hidup Lodaya Bandung, karena satu sama lain sudah saling mendukung. Dan sebagai wujud dukungan buat saudara muda, Para Pecandu Kereta diakomodasi di situs resmi Lodaya Bandung dan dibuatkan akun Instagram untuk Repost.

Save Railfans Indonesia
(SRI)

Bersama KSI dan KRE, Lodaya Bandung ikut mendirikan aliansi Save Railfans Indonesia (SRI) pada bulan September 2018. Awalnya SRI bernama SBF atau Stop Bajak Foto, didirikan sebagai wujud keprihatinan atas maraknya pembajakan foto. Karena dalam perkembangan juga menangani para pengacau di dunia Railfans, SBF dirubah menjadi SRI. Kini bersama Lodaya Bandung, SRI siap menjadi komunitas Railfans. SRI tentu sangat membantu Lodaya Bandung terutama buat para Railfans dari luar Daop 2 Bandung yang ingin ikut komunitas.

Advertisements