Posted on

Railfans Indonesia Glossary 1 (edisi Pecandu Kereta)

railfans-indonesia-glossary-edisi-pecandu-kereta

Sebagian video kereta api di Lodaya Bandung YouTube Channel kental aroma Jepang. Mulai background music J-Pop sampe ada caption berbahasa Jepang. Yuk kita cari tau.

Terutama video kereta api lokal Bandung Raya, aroma Jepangnya begitu terasa. Semua nggak lepas dari kereta yang didinasin, hampir 80% berasal dari negeri Sakura. Buatan Nippon Sharyo Jepang. Terutama angkatan 1964, 1965, 1966 dan 70-80an. Meski ada juga yang buatan Arad Rumania ky angkatan 1984-85. Sementara angkatan 90an udh jelas produksi dalam negeri, PT.INKA.

Karena mayoritas trainset Kereta Api Lokal Bandung Raya buatan Jepang, cukup beralasan kalo video kereta api commuter urang bandung tersebut dibikin jadi rasa anime Jepang. Mulai background music pake J-Pop sampe caption ada yang Bahasa Jepang.

Railfans Indonesia Glossary (Jepang-Indonesia)

Nah biar kamu nggak klenger, inilah daftar Railfans Indonesia Glossary Jepang-Indonesia, daftar istilah kereta api bahasa Jepang dan artinya dalam bahasa Indonesia:

バンドン地方列車 (Bandon chihō ressha) = Kereta Api Lokal Bandung Raya

チカンカ駅 (Chikanka-eki) = Stasiun Cicalengka

パダララン駅 ( Padararan-eki ) = Stasiun Padalarang

セカンドクラス ( Sekandokurasu ) = K2/kelas dua/ kereta bisnis

バンドン地方列車の第2授業 ( Bandon chihō ressha no dai 2 jugyō ) = Kereta Bisnis (K2) di Kereta Api Lokal Bandung Raya

Istilah bahasa Jepang di atas diambil dari caption berbahasa Jepang di video KMP206502BD Kereta Api Lokal Bandung Raya.

railfans-indonesia-glossary-edisi-pecandu-kereta

Kenapa Nggak Sunda?

Kereta Api Lokal Bandung Raya kan commuter na urang Bandung, kenapa nggak dibikin Sunda? Good Questions, balik lagi ke keretanya yang kebanyakan berasal dari Jepang meski mulai ada sebagian yang buatan PT.INKA Madiun untuk angkatan 90-an dan 2000-an. Tapi secara umum Jepang masih mendominasi. Selain itu juga ada kereta yang buatan Arad Rumania (angkatan 1985) dan Eropa Timur (70-an).

Sebelumnya Kereta Api Lokal Bandung Raya pernah pake rangkaian KRD Shinko MCW 301 dan KRD Shinko MCW 302 buatan Nippon Sharyo Jepang. Keretanya kini udah pensiun semua, KRD Shinko (asli) terakhir dinas Kereta Api Patas Bandung Raya sebelum pensiun untuk selanjutanya dikonversi jadi Rail Clinic. Sisa KRD Shinko MCW 302 ex-Patas Bandung Raya masih ada di Dipo Induk Bandung (BD).

Adapun rangkaian KRD Shinko MCW 301 dikonversi jadi kereta biasa K3076, itupun sekarang udah pensiun semuanya. Termasuk kereta terakhir, KP307602BD, kini mangkrak di Dipo Kereta Api Bandung. Jadi biar gimanapun juga Jepang turut andil membangun transportasi massal berbasis rel di Bandung Raya, lewat kereta-keretanya.

Bukan mustahil nantinya Kereta Api Lokal Bandung Raya diupgrade jadi KRL bakal didominasi kereta-kereta Jepang, sebagaimana di Jabodetabek sekarang. Apalagi tipe JR 205 cocok di jalur Padalarang-Cicalengka yang setipe sama jalur punya Fujikyuko dimana satu armada JR 205 dinas di sana. So, kita nikmati aja aroma Shake dan Anime Jepang di video Kereta Api Lokal Bandung Raya.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.