Railfans dan Stasiun Cilame

Railfans dan Stasiun Cilame

Railfans dan Stasiun Cilame (CLE). Stasiun ini ternyata sering dijadikan spot buat foto dan video. Selanjutnya diupload ke media sosial seperti Instagram hingga YouTube. Disi bisa berburu momen silang, susul dan PJL sabar. Juga ada tikungan berkelok (tiber).

Kecil tapi ramai. Nggak heran karena ada di jalur utama Bandung-Jakarta yang padat lalulintas kereta api. Tercatat KA Argo Parahyangan, KA Ciremai Ekspres, KA Elok Cibatu, KA Lokal Bandung Raya, KA Pangandaran sampe KA Serayu melintas reguler di sini.

Itu juga belum termasuk kereta kontainer di rute Tanjung Priok (TPK) – Gedebage (GDB). Kadang juga ada aja KLB yang lewat sini. Meski pernah kejadian ada Plesser yang anjlok nggak jauh dari sini. Intinya termasuk stasiun padat kereta.

Stasiun Cilame (CLE) salah satu spot favorit Railfans meski posisinya jauh dari jalan raya.
Stasiun Cilame (CLE) salah satu spot favorit Railfans meski posisinya jauh dari jalan raya.

Railfans dan Stasiun Cilame Tak Terpisahkan

Nah adapun hubungan antara Railfans dengan Stasiun Cilame (CLE) seolah tak dapat dipisahkan begitu saja. Walaupun jauh dari jalan raya nggak sedikit Railfans yang ambil spot di sini. Harus diakui spotnya bagus dan bisa dapat momen.

Disinilah biasanya ada ritual persilangan dan persusulan. Kereta gantian masuk petak menuju Stasiun Padalarang (PDL). Meski single track sebetulnya udah dimulai sejak lepas dari stasiun terbesar di Kabupaten Bandung Barat itu.

Sejatinya ada stasiun yang lebih dekat dari Jalan Raya Purwakarta. Yakni Stasiun Tagog Apu (TAU). Posisinya hampir sejajar sama Stasiun Cilame (CLE). Cuma sayangnya jalur kereta api Manggarai-Padalarang yang melalui stasiun tersebut statusnya non-aktif.

Meski belum sampe diduduki seperti kebanyakan jalur non-aktif di tahun 1980-an. Lintasan ini hanya dilewati kereta-kereta inspeksi. Memang sekarang lagi dalam tahap reaktivasi tapi kemungkian akan dibangun ruas baru antara Cipatat dan Cilame.

Sayang banget ya, stasiun legendaris bagian dari sejarah harus ditutup total karena kendala teknis. Keberadaan lintasan ekstrem antara Tagog Apu-Cipatat. Maka dari itu justru Stasiun Cilame (CLE) yang lebih jauh dan agak terpencil malah rame.

Railfans juga nggak sedikit yang suka ke sana buat sekedar hunting. Secara spotnya bagus. Sebelah timur ada Tiber. Demikian pula di Barat.

Railfans dan Stasiun Cilame. Tiber sebelah Timur arah Padalarang (PDL)
Railfans dan Stasiun Cilame. Tiber sebelah Timur arah Padalarang (PDL)

PJL Tersabar

Ada satu yang unik di sini. Apalagi kalo bukan PJL atau perlintasan jalan raya. Inilah perlintasan paling sabar. Apalagi kalo kereta api pas kebagian disilang. Gerbongnya bisa menutupi PJL tersebut.

Meski di satu sisi aman karena meminimalisir pengendara yang coba terobos. Bila melewati PJL ini pengguna jalan harus extra sabar. Berhentinya kereta nungguin persilangan biasanya cukup lama. Jarak antara Cilame dan Padalarang juga cukup jauh.

Begitu juga dengan Stasiun Sasaksaat yang ada di sebelah barat. Bahkan harus melewati Jembatan Cikubang dulu, jembatan kereta api aktif terpanjang di Indonesia saat ini.

Maka itu PJL Cilame dapat julukan sebagai PJL tersabar. Sabar buat pengendara yang melewatinya.

Railfans dan Stasiun Cilame. Tiber barat arah Sasaksaat (SKT) dan PJL tersabar buat pengendara yang melintasinya. Bila terjadi persilangan pengguna jalan harus menunggu cukup lama.
Railfans dan Stasiun Cilame. Tiber barat arah Sasaksaat (SKT) dan PJL tersabar buat pengendara yang melintasinya. Bila terjadi persilangan pengguna jalan harus menunggu cukup lama.
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.