Pernah Satu Ketika Disangka Stasiun Bandung

Model booking tiket kereta api yang lama benar-benar bikin rancu. Situs ditutup karena ditegur sama simbah penyedia layanan search engine terbesar di dunia terlalu rancu. Maka jangan heran pernah satu ketika disangka Stasiun Bandung, bahkan PT. KAI.

Begitulah yang terjadi di masa-masa tiket kereta api Bandung tahun 2015 sampai awal 2016 kemarin. Kalo mau dibilang zaman kegelapan memang ada benarnya. Di saat yang lain udah banyak online, ini masih ngandelin cara-cara kuno misalnya booking via SMS dan WhatsApp walaupun tujuan awalnya buat mempermudah tapi ujung-ujungnya bikin ribet.

Dibalik Penutupan Tiket Kereta Api Bandung

Kalo mau jujur, nama situs tiket kereta api Bandung sendiri sebenarnya bikin rancu, antara channel external atau stasiun Bandung, bahkan pihak PT.KAI. Nama itu muncul setelah admin ikut satu seminar tentang bisnis online di daerah Wastukencana Bandung.

Intinya kalo mau pasarin sesuatu via online target marketnya harus jelas, terutama kota. Mau main di kota mana gitu. Karena waktu itu mau jualan tiket kereta api online dan targetnya orang Bandung jadi aja dipilih nama Tiket Kereta Api Bandung, entah itu pada akhirnya malah bikin rancu atau gimana.

Tapi begitu halaman situs dibikin dan dilaunching, admin kebanjiran order, apalagi waktu itu udah deket masa-masa pemesanan tiket kereta api Lebaran. Dalam perjalanannya juga sama. Nggak sedikit yang nanya-nanya soal tiket kereta api meski Lebaran udah lewat.

Nah disini masalah kerancuan itu baru muncul. Satu ketika ada telepon masuk sore-sore. begitu diangkat yang telepon ngomong “Stasiun Bandung?” Jelas aja admin jawab “Bukan”. Karena mungkin nggak tau kalo yang ditelepon itu sebenarnya cuma agen kecil langsung dimatiin sama si penelepon.

Itu bukan yang pertama lho, ada beberapa lagi nadanya nyaris sama, bahkan ada yang bilang “Betul ini PT. Kereta Api Indonesia?” Gile bener dah, ini malah lebih gede lagi. Disangkain PT.KAI-nya langsung.

Puncaknya awal 2016 begitu ada kontak dari simbah mesin pencarian terbesar di dunia —you know who lah— ngasih tau supaya nama Tiket Kereta Api Bandung diganti karena terlalu umum dan rancu.

 

Hijrah ke Booking Tiket Kereta Api Online

Mulai Ramadhan 1438H Lodaya Bandung hadir ngelanjutin kiprah tiket kereta api Bandung yang sempat terheti di awal 2016. Lodaya Bandung memang cuma blog pribadi yang kebetulan temanya seputar Kereta Api Bandung.

Walaupun demikian, Lodaya Bandung tetap nyediain fasilitas booking tiket kereta api. Bedanya, di Lodaya Bandung, booking tiket kereta api online semua. Disini nggak ada lagi model-model tiket kereta api Bandung dulu yang nyaris offline atau manual.

Booking Tiket Kereta Api Online disini bahkan jauh lebih baik daripada dulu. Selain udah pasti bisa 24 jam non-stop, metode pembayarannya lebih bervariasi, dan yang paling enak pake internet banking BCA. Nah kamu yang punya rekening BCA dan Internet Banking BCA bakal kebantu banget.

Transaksi Booking Tiket Kereta Api Online pake Internet Banking BCA InSyaaAlloh bisa 24 jam dan ini satu kelebihan dibanding transfer biasa. Kalo pake bank transfer jelas ada batasan waktu alias nggak bisa 24 jam. Karena kaitannya sama periode cut-off. Rata-rata sistem di bank itu udah cut-off di jam 9 malam meski ada juga yang jam 11 malam.

Makanya itu gunakan alternatif metode pembayaran yang transaksinya bisa 24 jam non-stop. Contohnya Internet Banking BCA dan Kartu Kredit. Kalo udah online semua kaya gini kan nggak bakalan ada lagi ceritanya orang nyangkain Stasiun Bandung apalagi PT.KAI. Yang bener aja, masa iya BUMN segede itu pake handphone …?

Kontak Resmi PT. KAI cuma di 121 dan 021-121

Terakhir admin mau kasih tau ke kamu biar kamu nggak salah sangka lagi. Sangat mustahil dan nggak mungkin banget ada perusahaan segede PT. KAI dan udah punya reputasi bagus tapi pake nomor handphone. Bukan apa-apa. PT.KAI udah punya nomor kontak resmi sendiri yang bisa dipake buat booking tiket kereta api, yakni 121 dan 021-121.

Ingat sekali lagi di 121 dan 021-121 bukan 08xxxxxx. Jadi jangan salah sangka lagi ya. Okelah itu kan dulu ya masih zaman kegelapan. Itulah kenapa admin udah nggak mau lagi ada yang ngontak telepon atau SMS / WA cuma buat booking tiket kereta api.

Kalo kepengen telepon kenapa nggak ke contact center PT.KAI yang udah disebutin itu? 121 atau 021-121 ? Karena mulai detik ini admin hanya mau nerima booking tiket kereta api online lewat aplikasi yang udah disediain.

Leave a Reply

%d bloggers like this: