Posted on

Perjalanan Terakhir Kereta Api Patas Bandung Raya

Meski masih beberapa hari ke depan, trip di hari Minggu 28 Oktober 2018 tetap jadi Perjalanan Terakhir Kereta Api Patas Bandung Raya, karena jadwal yang beda dibanding weekdays. Okupasi minim jadi alasan penutupan layanan tersebut. 

Bukan barang baru dan sudah dinas selama 2 tahun jika dihitung awal masa dinas Kereta Api Patas Bandung Raya tanggal 5 Mei 2016. Namun sayang kereta api yang pakai trainset idle Kereta Api Kahuripan ini sepi peminat. Setiap harinya cuma bisa angkut 400 penumpang. Ini beda jauh sama Kereta Api Lokal Bandung Raya, 50.000-an penumpang.

Banyak faktor yang menjadi penyebab layanan baru tapi lama ini sepi peminat. Tapi paling menonjol tentu saja jadwalnya yang nggak begitu bersahabat. Bayangin aja start jam 4 pagi dari Stasiun Kiaracondong (KAC) ke Stasiun Cicalengka (CCL), siapa coba yang mau naik pagi-pagi buta? Arah Timur pula? Masih mending kalo ke Bandung (BD).

Udah itu setiap harinya cuma tersedia 3 trip itu juga masing-masing satu trip dari Kiaracondong ke Cicalengka, 1 trip dari Cicalengka ke Padalarang, dan 1 trip dari Padalarang ke Kiaracondong. Bandingin sama Patas jaman old yang masih pake armada KRD MCW 302 yang jadwalnya lumayan banyak.

Selain itu juga blok Padalarang-Cicalengka-nya nggak cuma searah, ada yang dari Padalarang ke Cicalengka dan sebaliknya Cicalengka ke Padalarang. Makanya Patas old masih lebih rame dibandung edisi reborn.

perjalanan-terakhir-kereta-api-patas-bandung-raya-1

Kereta Api Patas Bandung Raya Terakhir 31 Oktober 2018

Sejatinya Kereta Api Patas Bandung Raya melaksanakan perjalanan terakhirnya di hari Rabu, 31 Oktober 2018. Tetapi bagi kami trip di hari Minggu 28 Oktober 2018 itu tetaplah perjalanan terakhir. Karena 31 Oktober 2018 jatuhnya hari kerja, nggak semua bisa ngetrip karena harus sekolah, kuliah dan kerja.

Secara di hari kerja itu tadi, jadwal Kereta Api Patas Bandung Raya nggak bersahabat. Beda sama di hari Sabtu dan Minggu. Jadwalnya lumayan enak, meski tetap aja secara okupasi masih sangat jauh dari harapan. Kalah bersaing sama Kereta Api Lokal Bandung Raya yang di 28 Oktober itu tiketnya SOLD OUT.

perjalanan-terakhir-kereta-api-patas-bandung-raya-2

Stasiun Bandung Ramai, Kereta Api Patas Bandung Raya Sepi

Minggu, 28 Oktober 2018, saat itu kondisi Stasiun Bandung (BD) di pintu selatan sangat ramai. Keramaian di hari libur memang sudah biasa. Secara stasiun utama di Kota Bandung itu posisinya tepat di Pusat Kota Bandung. Dekat situ ada Pasar Baru dan Mall Paskal 23.

Makanya jangan heran kalo kamu naik Kereta Api Lokal Bandung Raya mesti ketemu sama ibu-ibu bawa belanjaan banyak. Tiket Kereta Api Lokal Bandung Raya sendiri udah habis terjual (SOLD OUT), apalagi sekarang ada kemudahan beli tiketnya via KAI Access dengan catatan harus punya akun T-CASH karena bayarnya pake T-CASH.

Kita sendiri yang mau naik Kereta Api Patas Bandung Raya belinya via KAI Access dan transaksi pake T-CASH itu. Nggak ribet sih, malah nyaman banget dan ngurangi sampah. Beli di KAI Access tiketnya berbentuk seperti E-Boarding Pass yang tinggal ditunjukkan ke petugas sebelum masuk peron.

perjalanan-terakhir-kereta-api-patas-bandung-raya-3

Sayang keramaian di hari Minggu itu ternyata hanya untuk Kereta Api Lokal Bandung Raya. Tidak untuk kereta api Patas Bandung Raya yang tetap aja sepi peminat. Bahkan kereta terakhir yang kita naikin benar-benar kosong melompong. Makanya nggak heran sehari-harinya cuma bisa angkut 400 penumpang bahkan kurang dari itu.

Di kereta terakhir asalnya hanya ada admin sendirian, beruntung ada seorang Railfans duduk disitu jadi aja nggak sendirian. Dia juga pengen menikmati perjalanan terakhir tanggal 28 Oktober 2018 karena di hari Rabu harus masuk sekolah.

Tahap pertama Perjalanan Terakhir Kereta Api Patas Bandung Raya dari Stasiun Bandung (BD) menuju Stasiun Padalarang (PDL), inSyaaAlloh cerita selengkapnya sepanjang perjalanan akan diceritain di bagian kedua.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.