Pemesanan Tiket Kereta Api Jalan Terus

Sebagai afiliasi dari salah satu Online Travel Agent (OTA) ternama di Indonesia, kita tetap komitmen buka pemesanan tiket kereta api online meski kadang postingannya bukan tentang penawaran atau promo tiket.

Konsep awal Lodaya Bandung memang cuma sekedar blog kereta api Bandung, tapi seiring berjalan waktu kita memandang perlu tetap jalanin Pemesanan Tiket Kereta Api kaya dulu di era-nya Tiket Kereta Api Bandung. Meski konsep yang sekarang udah beda dan nggak sama kaya dulu lagi, dimana kita udah ninggalin pola lama booking via Call, SMS atau WhatsApp (WA).

Buat kamu yang inget masa-masa dulu Tiket Kereta Api Bandung, kan booking-nya masih via Call, SMS atau WhatsApp. BlackBerry Messenger (BBM) kadang digunain juga. Tapi ada kalanya chat kamu nggak langsung ditanggapi sama admin, boleh jadi karena udah diluar jam operasional, pas waktu sholat, atau hp admin lagi di charge dan lainnya.

Pasti dong nge-chat dibalesnya lama ngeselin banget. Makanya jangan heran nggak sedikit dari kamu akhirnya pindah ke tempat lain, atau booking langsung di situs PT.KAI. Buat admin sih nggak masalah ya, cuma mungkin ada rasa nggak enak aja. Harusnya chat kamu segera ditanggapi.

Masalahnya kalo udah di luar waktunya mau gimana lagi. Admin juga kan manusia biasa bukan mesin apalagi robot. Dan model lama kaya di Tiket Kereta Api Bandung itu memang udah seharusnya ditinggalin. Jelas kaya gitu benar-benar nggak efektif. Kita juga tau kok nggak sedikit dari kamu yang butuh tiketnya segera. Makanya ngontak di luar jam operasional.

Sempat Dicoba Online

Pasca Tiket Kereta Api Bandung divakumin dan diambil alih sama Manglayang Tour, model pemesanan tiket kereta api sempat dicoba pake sistem online. Kebetulan Manglayang Tour sendiri itu membersnya MMBC Tour and Travel yang punya ratusan ribu jaringan travel agent tersebar di seluruh Indonesia. Disitu sebenarnya udah ada sistem online.

Awal-awal mungkin masih ada kendala karena nggak bisa pilih kursi sendiri. Kecuali kalo kamu perginya sendirian. Jadi aja pada akhirnya balik lagi ke cara yang lama. Cuma sekedar bisa pilih kursi sendiri. Menjelang Lebaran 2017, kebetulan sistem punya MMBC itu udah bisa pilih kursi sendiri.

Tapi ternyata, sekali waktu pernah ada yang booking tiket dari Jakarta mau ke Kebumen naik Kereta Api Kutojaya Utara. Kalo dilihat di record-nya sih udah sempat mau closing karena bayar pake credit card. Sayang transaksinya gagal. Bukan cuma kali itu aja terjadi, waktu sistem online ini dicoba di Tiket Kereta Api Bandung ternyata juga sama.

Sampe akhirnya selepas masa pemesanan tiket kereta api Lebaran 2017 usai, Lodaya Bandung dirintis sebagai Blog Kereta Api Bandung. Tujuan awalnya memang kepengen ngembaliin kejayaan kereta api Lodaya yang sempat redup di Manglayang Tour akibat “blunder” jualan tiket travel Jogja Semarang. Lho kok blunder?

Iyalah, domisili di Bandung malah jualan tiket travel Jogja Semarang, kurang pas. Padahal kalo mau travel Bandung Jakarta itu lebih cocok. Makanya blunder. Itu juga yang akhirnya bikin redup pamor Kereta Api Lodaya. Sampe harus dibikinin alamat khusus sekedar untuk mengembalikan kejayaannya kaya di era Tiket Kereta Api Bandung.

Alhamdulillah rintisan Lodaya Bandung berjalan lancar. Malah bukan sekedar kembaliin pamor sang Senja Mataram —nama lama kereta api ini waktu mulai dinas tahun 1990-an. Lebih dari itu Lodaya Bandung banyak ngangkat tulisan dan info seputar kereta api Bandung dan kereta api Indonesia secara umum.

Cara Baru Pemesanan Tiket Kereta Api

Sukses sebagai blog Kereta Api Bandung, Lodaya Bandung kini coba mengembalikan kejayaan yang lainnya yakni Pemesanan Tiket Kereta Api. Cuma nggak kaya dulu lagi yang masih serba manual pake Call, SMS atau WhatsApp. Karena ini udah zamannya serba online, mau nggak mau Lodaya Bandung harus menyesuaikan daripada tenggelam.

Bikin aplikasi sendiri jelas bukan perkara gampang, karena perlu skill programming yang mumpuni. Mau bayar programmer ongkosnya mahal banget. Maka dari itu cara paling efektif ialah menggandeng salah satu Online Travel Agent (OTA) ternama di Indonesia yang kebetulan punya program afiliasi dan bisa ikutan gratis.

Alhamdulillah Lodaya Bandung akhirnya menggandeng si OTA itu dan menjadi mitra afiliasinya. Tujuannya sekali lagi buat memenuhin kebutuhan kamu untuk pemesanan tiket kereta api secara real time online 24 jam, tanpa harus gangguin admin yang lagi istirahat atau kesal karena chat-nya nggak dibales.

Eh ngomong-ngomong OTA yang mana ya? Maaf seribu maaf, admin nggak bisa ngasih tau, kasih bocorang sedikit kalo kamu sempat buka postingan tentang Tiket Kereta Api dan sejenisnya itu kan ada link, pas kamu klik itulah OTA yang dimaksud. Atau singkatnya OTA ini berwarna orange.

Hmm, berarti kamu selingkuh dong min? Bukannya dulu pake sistemnya MMBC? Kok malah pindah ke kompetitornya? Whatever lah, kamu mau kata admin selingkuh atau gimana, tapi yang jelas ini semua demi menjawab kebutuhan kamu yang pengennya serba cepat. Kebetulan sistem online yang lama belum bisa memenuhi itu sehingga balik lagi pake cara tradisional.

Kebetulan si OTA ini nawarin banyak kelebihan lho dibanding sistem online lama. Salah satu yang paling dasar itu sistem transaksi pembayarannya lebih bervariasi. Disini tersedia transaksi pembayaran via transfer kaya biasa, kartu kredit, Virtual Account BCA dan KlikBCA. Dua terakhir itu paling recommended buat kamu. Begitu kelar bayarnya e-ticket langsung ada di email kamu.

Bersambung InSyaaAlloh ke “Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Online” Nah disitu bakal ada bocoran deh siapakah si OTA yang jadi “pacar baru”-nya admin. He…hee…heee….

Leave a Reply

%d bloggers like this: