Tentang Pecandu Kereta

Ketika Duo Kereta Api Lodaya, Lokal Bandung Raya dan Solo Bandung Raya, Menyatukan Kita

Dari sebelumnya jalan masing-masing kini jalan bareng. Inilah yang terjadi pada Lodaya Bandung dan Para Pecandu Kereta Api. Apalagi admin dan para anggota grup sama-sama menjadikan Kereta Api Lodaya (Kereta Api Lokal Bandung Raya) dan Kereta Api Lodaya (Solo Bandung Raya) sebagai kereta favorit. Kereta Api Lodaya yang satu sebagai kendaraan sehari-hari dan yang satunya lagi jadi pilihan utama ngetrip ke arah Timur.

Nggak hanya itu kereta api juga dijadiin sebagai moda transportasi utama diatas yang lain. Inilah yang menjadikan Lodaya Bandung dan Para Pecandu Kereta bisa menyatu. Apalagi sekarang Lodaya Bandung bukan lagi sekedar blog pribadi bertema Kereta Api, lebih dari itu berubah jadi situs Online Shop dan Referensi Jalan-Jalan di Indonesia (semacam konsultan traveling gitu).

Menyelamatkan Kereta Api Lodaya (Kereta Api Lokal Bandung Raya)

Ada satu misi yang berhasil menyatukan kami yaitu menyelamatkan Kereta Api Lodaya sebagai Kereta Api Lokal Bandung Raya. Sebagai kendaraan sehari-hari yang siap mengantarkan kita dari Kota Bandung ke pinggiran, Padalarang atau Cicalengka, atau juga dari Timur (Cicalengka) ke Barat (Padalarang) dan sebaliknya, pastinya kita menaruh perhatian serius buat kereta rakyat ini.

Lagi-lagi social media dan dunia maya, di era sekarang semua serba dimudahkan dan dimudahkan pula bagi mereka yang ingin sekedar cari sensasi dengan mengatasnamakan pecinta kereta api, pecandu kereta, railfans dan semisalnya. Contoh kasih caption asal-asalan di setiap foto yang diuploadnya ke Instagram atau video yang diunggah ke YouTube.

Inilah yang terjadi pada Kereta Api Lodaya sebagai Kereta Api Lokal Bandung Raya, Padalarang-Cicalengka PP. Seorang oknum yang mengatasnamakan Pecandu Kereta dan Railfans berulah lewat postingannya bikin caption asal-asalan menyebut Kereta Api Lokal Bandung Raya sebagai Kereta Api Bukit Serelo, kadang disebut Kereta Api Cisadane Ekspres, sekali waktu juga disebut Baladewa Ekspres (nggak jelas).

Jelas aja selain mencoreng para Pecandu Kereta dan Railfans, caption semacam ini juga bisa menyesatkan orang. Kereta Api Bukit Serelo itu kereta ekonomi (K3) milik Divre III Sumsel dan Lampung. Kereta Api Cisadane telah lama pensiun, 2003 sebagai KAJJ dan 2011 sebagai KRL Ekspres. Adapun Baladewa Ekspres hanya ada di dunia video game Trainz Simulator, Open BVE dan semisalnya.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita coba menyelamatkan Kereta Api Lokal Bandung Raya dari ulah si oknum itu, menegaskan bahwa ini bukan Bukit Serelo, bukan Cisadane, bukan pula Baladewa Ekspres. Kalopun mau pake nama alias, Lodaya lebih cocok karena bisa jadi singkatan dari Lokal Bandung Raya. Disamping kereta api Lodaya yang kita kenal melayani rute Solo Balapan-Bandung PP.

Foto Kereta Api dan Video Kereta Api

Sebagaimana railfans pada umumnya, Pecandu Kereta nggak jauh-jauh dari hobi foto kereta api dan membuat video kereta api. Hal ini sebenarnya udah jalan di WhatsApp Group Para Pecandu Kereta. Kini makin dikembangkan lagi lewat kehadiran Instagram @lodayabandung yang mempopulerkan hastag #pecandukereta dan #pecandukeretabd.

Setiap foto atau video yang tag @lodayabandung atau menyertakan hastag #pecandukereta dan/atau #pecandukeretabd akan direpost di Instagram @lodayabandung dan berkesempatan masuk di situs resmi Lodaya Bandung sebagai bagian dari artikel. Untuk WhatsApp Group Para Pecandu Kereta, tak ketinggalan foto-foto yang diposting disitu juga bisa direpost di Instagram @lodayabandung dan situs resmi Lodaya Bandung.

Advertisements