Posted on Leave a comment

Memundurkan Traveling Akhir Tahun

Semua tiket kereta api kelas ekonomi reguler ludes terjual dan yang tersisa tinggal komersial tanpa subsidi dengan tarif lebih mahal daripada biasanya. Kalo nggak penting banget ada bagusnya memundurkan traveling akhir tahun.

Udah biasa sih setiap libur panjang kaya Lebaran atau Akhir Tahun mesti tiket kereta api kelas ekonomi reguler ludes terjual. Sekarang aja udah nggak ada lagi tiket kereta api Pasundan, kereta api Kahuripan, kereta api Kutojaya Selatan dan Kereta Api Serayu reguler. Semua sold out, bahkan jauh sebelum peak season tiba, karena tiket bisa dibooking mulai H-90.

Tahun ini untuk libur Natal aja 4 hari, mulai tanggal 23 s.d. 26 Desember 2017, lumayan tuh buat jalan-jalan, abis itu masuk kerja lagi dan baru libur lagi tanggal 30 Desember 2017 s.d. 1 Januari 2018. Tapi karena sering dianggap nanggung, ada aja yang bablasin sampe tahun baru.

memundurkan-traveling-akhir-tahun
Pasar Beringinharjo di Jalan Malioboro Jogjakarta, salah satu tujuan favorit traveling akhir tahun

Banyaknya “pemudik” atau traveler yang manfaatin masa libur panjang akhir tahun maka jadilah semua tiket kereta api terutama tiket kereta api ekonomi reguler habis terjual. Tersisa tiket kereta api komersial tanpa subsidi, itupun tarifnya naik lumayan gila.

Contoh Kereta Api Lodaya bisnis biasanya paling mahal Rp 215.000,00 ini jadi Rp 310.000,00 dan eksekutif naik dari termahal Rp 320.000,00 jadi Rp 410.000,00. Lumayan gede tuh lonjakan harga tiketnya. Wajar sih karena kenaikan harga yang dibarengi tingginya permintaan.

Sama kaya Lebaran, orang pada keluar buat manfaatin liburan akhir tahun karena nggak punya waktu lagi akibat sibuk sama aktivitasnya. Ada yang kerja, kuliah, sekolah (kalo libur anak sekolah sih agak lama sekitar 2 mingguan). Pastinya terikat banget sama waktu. Susah nyari waktu lain, kalopun bisa itu pasti ngaruh ke jatah cuti.

Tunda Traveling Akhir Tahun

Sebetulnya buat kamu yang nggak terlalu terikat waktu kaya mereka bisa menunda liburan akhir tahun. Selain tiket kereta api komersial udah pada kembali normal kaya biasanya, kamu juga punya alternatif kereta api ekonomi reguler yang udah nggak lagi fully booked, meski kadang masih full sampe liburan semester anak sekolah kelar.

Keuntungannya kalo kamu menunda traveling akhir tahun, bisa ngurangin macet jalan raya. Tiket kereta api sama bus habis mau nggak mau yang kepepet pengen liburan rame-rame ngegeber kendaraan pribadinya. Kalo semua keluar pastinya bakal bikin macet dan kamu bakal habis waktu cuma di jalan doang.

Belum lagi waktu terbatas di lokasi tujuan karena harus balik beraktivitas lagi selepas libur akhir tahun usai. Jadi bagusnya buat kita yang waktunya fleksibel menunda traveling akhir tahun. Banyak kok keuntungannya.

Menunda traveling akhir tahun juga bikin kita leluasa memilih tempat penginapan di lokasi tujuan. Kalo pas libur panjang udah pasti semua penginapan mulai kelas melati sampe bintang lima semuanya fully booked. Hostel yang harusnya buat backpacker juga sama, diserbu para pelancong akhir tahun. Intinya traveling akhir tahun pas waktunya itu bakal nysuahin kamu.

Di kota tujuan pun kamu bakal menghadapi kemacetan parah, contoh kota-kota yang kerap jadi tujuan traveling akhir tahun kaya Bandung, Jogjakarta, Solo, sampe Bali itu sering dilanda kemacetan tiap musim liburan tiba, tak terkecuali akhir tahun. Lagi-lagi waktumu terbuang percuma di jalan doang.

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.