Advertisements

Lokomotif Pakai AC Buruan Railfans

Lokomotif Pakai AC rupanya punya tempat tersediri di hati Railfans. Keberadaannya kerap jadi buruan. Bahkan jadi idola disamping si Puong. Ada dua jenis yaitu CC 201 dan CC 203. Keduanya termasuk barisan lawas.

Di satu sisi agak terbilang unik. Ada lokomotif dipasang AC. Bahkan kaya si Puongs aja nggak pake AC lho. Seperti kita ketahui, hampir semua armada lokomotif kita itu diimpor dari luar negeri. Mayoritas buatan General Electric USA.

Waktu dibeli dari GE nggak satupun unit yang dipasang AC. Pemasangan AC biasanya baru dilakukan di Indonesia, tepatnya Balai Yasa. Untuk lokomotif tentu Balai Yasa Yogyakarta a.k.a BY Pengok.

Lokomotif Pakai AC: Duo CC 201 dan CC 203

Kira-kira jenis apa ya? Si puongs kah? Ternyata bukan si Puongs. Semua lokomotif CC 206 dinas dalam kondisi jendela dibuka. Itu artinya nggak ada tambahan pendingin udara. Jadi masih default seperti dari pabriknya di USA sana.

Ternyata armada lokomotif yang dikasih tambahan penyejuk udara justru dari angkatan lawas. Pertama CC 201. Boleh dibilang, CC 201 merupakan lokomotif paling legendaris di Indonesia. Udah ada dan dinas sejak tahun 1970-an.

Lokomotif CC 201 menarik hampir semua rangkaian kereta api. Baik itu kereta ekspres maupun kereta biasa. Di masa-masa awal bahkan hampir selalu dinas bersama KA Unggulan. Sebut aja KA Bima yang masih real sleeper, KA Mutiara Timur, hingga KA Parahyangan.

Memasuki pertengahan tahun 1990-an, CC201 mulai dapat saingan. Launching KA Argo Bromo JS 950 dan Argo Gede JB 250 bersama dengan lokomotif CC 203 “si hidung miring”. CC 203 sebenarnya masih satu pabrik sama CC 201, tapi ada juga yang buatan Indonesia.

Keberadaan CC 203 tentu saja meminimalisir peran CC 201 menarik kereta-kereta ekspres dan unggulan. Malah pernah semua Perka Parahyangan ditarik CC 203. Lokomotif tersebut pun jadi identik dengan KA Argo.

Balik lagi ke Lokomotif Pakai AC, ternyata duo CC 201 dan CC 203. Beberapa unit memang udah berpenyejuk udara. Cara bedainnya keliatan banget. Ada kaya kotak gitu di atas kabin masinis. Nah itu dia pendinginnya.

Lokomotif Pakai AC - CC 203
Duo Lokomotif Pakai AC: CC 201 dan CC 203.
Foto: Refris, Muhammad Erlangga Sulistyono. dan Fauzi Ahmad

Di Juluki Pak Haji

Ternyata Lokomotif Pakai AC juga mendapat tempat di hati para railfans. Loko ini dijuluki Pak Haji. Keberadaan kotak di atas kabin masinis memang ibaratnya orang pake peci. Keberadaan pak haji di foto galeri jelas bisa memberikan nilai plus.

Tapi lagi-lagi jangan khususkan Pak Haji kalo lagi hunting. Loko AC jumlahnya masih belum seberapa. Jadi kalo mau dapat itu sifatnya jelas untung-untungan.

Kontributor Foto:

Fauzi Ahmad (@fauzi_ahmad1253)
Muhammad Erlangga Sulistyono (
@erlanggasulistyono)
Refris (
@_refrisrailfans_)

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: