Posted on Leave a comment

(Logo Baru) Saat Super Azusa Gantikan KRD MCW 302

Posisi KRD MCW 302 yang pernah dinas KRD Patas Bandung Raya (KRD Patas Non-AC) akhirnya harus lengser dari logo resmi Lodaya Bandung. Terhitung mulai 29 November 2018 digantikan Super Azusa, salah satu KAJJ punya JR East Jepang. 

Lodaya Bandung ganti logo lagi, namun sekarang beda dari sebelum-sebelumnya. Bukan KRD MCW, bukan si hidung miring, bukan badak Sumatera, apalagi Mr. Puongs. Justru logo barunya kereta Jepang yang melayani rute Shinjuku-Matsumoto dibawah operator East Japan Railway Company atau JR East, yaitu Super Azusa.

Dari segi tampilan Super Azusa sangat futuristik, modern dan menggambarkan kereta api masa depan. Kebetulan Jepang udah duluan mengoperasikan dan memang kita akui Negeri Sakura tersebut nomor satu urusan kereta api. Bukan cuma soal on time performance aja tapi juga safety sekaligus futuristik.

Super Azusa nggak kaya KAJJ di Indonesia pada umumnya yang ditarik lokomotif. Kereta ini justru menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya. 80% kereta di Jepang memang menggunakan tenaga listrik, dimana salah satu keunggulannya ialah lebih ramah lingkungan.

LOGO-BARU-SAAT-SUPER-AZUSA-GANTIKAN-KRD-MCW-302---3

Sebaliknya di Indonesia yang pake listrik masih dibawah 15% itupun terbatas di Daop 1 cuma mentok di Cikarang, Bogor, Bandara Soetta, Tangerang dan Rangkasbitung. Kereta yang pake tenaga listrik hanya terbatas lokal atau kita kenal KRL Commuter Line, ditambah Kereta Bandara Soekarno Hatta.

Jalur Mirip Daop 2 Bandung

Super Azusa resmi jadi logo baru Lodaya Bandung. Meski nggak dinas di Indonesia, paling nggak jalur yang dilewatinya punya kemiripan sama Daop 2 Bandung, didominansi pegunungan.

LOGO-BARU-SAAT-SUPER-AZUSA-GANTIKAN-KRD-MCW-302--1Dari Shinjuku ke Otsuki aja udah ngelewatin banyak terowongan ditambah lagi ke tujuan akhir Matsumoto, dijuluki pegunungan Alpen-nya Jepang. Sedikit info, Otsuki adalah stasiun JR terakhir sebagai akses paling umum menuju Mount Fuji, dimana untuk ke sana kita mesti ganti kereta punya operator Fujikyu Line.

Adapun Super Azusa nggak ada jadwal pemberhentian di Otsuki Station, yang berhenti di sini cuma Azusa Express dan Kaiji Express jurusan Kofu. Meski demikian, jalur yang dilewatinya masih berada di kaki Mount Fuji.

Kesamaan lainnya lebar spoor 1.067 mm kaya kebanyakan di Indonesia. Seandainya Super Azusa dikirim ke Indonesia inSyaaAlloh nggak ada kendala berarti karena lebar spoor yang sama paling cuma penyesuaian beban aja dan kelistrikan. Karena sekali lagi Super Azusa menggunakan tenaga listrik.

KRD MCW 302 ex-KRD Patas Bandung Raya (KRD Patas Non-AC)

Sebelumnya Lodaya Bandung menggunakan KRD MCW 302 ex-KRD Patas Bandung Raya (KRD Patas Non-AC) sebagai logo. Kereta ini udah lama non-aktif sejak PT.KAI Daop 2 Bandung memberlakukan pola single operation yang hanya ada Kereta Api Lokal Bandung Raya aja di tahun 2015.

LOGO-BARU-SAAT-SUPER-AZUSA-GANTIKAN-KRD-MCW-302--2Sejak itu armada KRD MCW 302 yang sebelumnya dinas sebagai KRD Patas Bandung Raya (KRD Patas Non-AC) harus menepi dan dikandangin di Dipo Lokomotif Bandung (BD). Sebagian besar armadanya dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta (YK), dipermak jadi Rail Clinic 1 dan Rail Clinic 3 yang dinas di Sumatera.

Adapun 2 armada tersisa tetap dikandangin di Dipo Lokomotif Bandung (BD) hingga akhirnya dirucat di Stasiun Purwakarta (PWK) bersama sejumlah kereta afkir yang sebagian besar ex-KRL Ekonomi Jabodetabek.

Ditambah lagi Kereta Api Patas Bandung Raya edisi reborn yang pake idle Kahuripan juga ikutan berhenti dinas per 1 November 2018 karena okupasinya minim. Karena itulah KRD Patas Bandung Raya seperti udah sulit dijadiin logo Lodaya Bandung.

Tak ada lagi jenis kereta tersebut di Daop 2 Bandung dan kini kita cuma bisa menyaksikannya teronggok di Stasiun Purwakarta (PWK) setelah sekian lama ngandang di Dipo Lokomotif Bandung (BD).

Tadinya mau pake KRDE ex-Holec yang sebelumnya dinas Baraya Geulis. Tapi sayang ini juga udah nggak dinas lagi malah lebih sering bermasalah ketika masih dinas. Pake Puongs, CC 201 atau si Hidung Miring udah kebanyakan.

Berhubung baru pulang dari Jepang juga, akhirnya dipilihlah Super Azusa buat logo baru Lodaya Bandung. Kini Lodaya Bandung mulai menerapkan “spirit of Japan” dan menjadikan situs resminya sebagai Travelblog, termasuk bahas Jepang dalam segmen Amazing Japan, disamping Blog Kereta Api yang tetap ada.

Untuk Lodaya Bandung Railway Merchant, kaos yang dijual juga ditambahin lagi bertema Jepang, termasuk kereta Jepang tentunya. Jadi buat kamu yang merasa kemahalan beli kaos langsung di Jepang, bisa Pre-Order aja di Lodaya Bandung.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.