Lodaya Bandung

Dari Blog Pribadi ke Online Shop
(Toko Souvenir Kereta Api Bandung dan Booking Tiket Kereta Api Online – Layanan Tiket KA Realtime)

Yuk kita kenalan lebih dekat sama Lodaya Bandung, yang sekarang berkembang jadi Online Shop yakni Toko Souvenir Kereta Api Bandung dan fasilitas Booking Tiket Kereta Api Online – Layanan Tiket KA Realtime. Meski masih mempertahankan Blog Kereta Api Bandung-nya. Omat, tak kenal maka tak sayang. 

 

 

Bicara Online Shop berarti ranahnya bukan lagi personal tapi udah ke bisnis. Bisnis di bidang apakah Lodaya Bandung? Toko Souvenir Kereta Api Bandung yang dikasih nama Railshop Lodaya Bandung, dan Booking Tiket Kereta Api Online, cuma bedanya untuk Booking Tiket Kereta Api Online – Layanan Tiket KA Real Time nggak dijual sendiri tapi jadi afiliasi salah satu Online Mall ternama yang kebetulan punya fitur tersebut

_______________________________________

Sejarah Lodaya Bandung

Dari blog-nya sih, Lodaya Bandung lahir 6 Juni 2017 dimana tanggal itu udah masuk bulan Ramadhan 1438H. Jadi sampe artikel ini dibikin usia Lodaya Bandung udah 1 tahun, dilihat dari blog-nya lho ya. Tapi karena sekarang Lodaya Bandung transformasi jadi Online shop yang orientasinya Bisnis, nggak fair kalo kita nggak liat sejarah panjang.

Sebenarnya usaha Online Shop ini cuma lanjutin yang sebelumnya ada di tahun 2013-2014, malah lebih dari itu udah dirintis sejak 2005, dan 3 kali pula berpindah kota. Awalnya di Depok, lanjut Jakarta dan kini di Bandung.

Ringkasnya, Lodaya Bandung sebagai entitas bisnis mulai dirintis 2005 dengan nama Balad Agency, kemudian di 2008 berubah nama jadi Waqqash Agency yang beroperasi sampai tahun 2010. Sempat vakum terus hadir lagi di 2013 s.d 2014 dengan nama Khoibar Solution hingga akhirnya jadi Manglayang Tour (2014-2017). Dan mulai Juni 2017 jadi Lodaya Bandung.

Jadi sebagai online shop, Lodaya Bandung sebenarnya udah berusia 13 tahun dan sudah berkali-kali mengalami jatuh bangun, walaupun blog-nya masih setahun.

_______________________________________

Visi, Misi dan Budaya Perusahaan

Online shop jelas orientasinya bisnis dan yang namanya bisnis harus punya Visi dan Misi, begitupula Budaya Perusahaan. Sekalipun Lodaya Bandung berbentuk Usaha Perorangan.

———–

Visi Lodaya Bandung

Sebagai online Shop, Lodaya Bandung mempunyai visi menjadi toko souvenir kereta api dan penyedia layanan pemesanan tiket kereta api online terbaik, terdepan dan terpercaya yang tentu saja berorientasi pada pelanggan. Sebagai blog kereta api Bandung, Lodaya Bandung juga punya visi untuk menjadi sumber rujukan utama seputar perkeretaapian Indonesia terutama Daop 2 Bandung.

———–

Misi Lodaya Bandung

Memasarkan produk-produk souvenir kereta api Bandung dan souvenir kereta api Indonesia yang berkualitas dengan harga kompetitif, sebanding dengan kualitas produk.

Menjaga kualitas produk, ketepatan waktu produksi, transaksi dan pengiriman produk souvenir kereta api bandung guna memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Memilih mitra afiliasi terbaik untuk memenuhi harapan pelanggan akan adanya fasilitas pemesanan tiket kereta api online terbaik yang bisa bertransaksi secara real time online.

Komitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan.

———–

Budaya Perusahaan

Meski berbentuk usaha perorangan, Lodaya Bandung tetap memiliki Budaya Perusahaan yang tidak terlepas dari syari’at Islam. Awal rintisan sebagai Toko Muslim menjadikan nilai-nilai Islam masuk ke dalam Budaya Perusahaan, mulai dari adab Islami hingga Fiqih Muamalat. Termasuk dalam budaya perusahaan ialah menghentikan segala aktivitas ketika waktu sholat tiba.

Selain itu kearifan lokal “urang sunda” yang lembut juga dijadikan budaya perusahaan, terutama berkaitan dengan layanan pelanggan.

_______________________________________

Logo dan Nama Lodaya Bandung

Logo Lodaya Bandung udah ada pada saat masih jadi Blog Kereta Api Bandung yang cenderung sifatnya personal blog dan tetap dipertahankan walaupun Lodaya Bandung kini bukan lagi sekedar Blog Kereta Api Bandung tapi lebih dari itu berkembang jadi entitas bisnis online shop, toko souvenir kereta api Bandung dan booking tiket kereta api online.

———–

Logo Lodaya Bandung

Setiap logo pasti punya arti, begitu juga logo Lodaya Bandung, apa sih arti dari logonya?

Lingkaran kecil, lingkaran besar, dan sebuah kereta api jenis KRD MCW 302 itu melambangkan 3 pilar utama Lodaya Bandung: Blog Kereta Api Bandung (KRD MCW 302), Toko Souvenir Kereta Api Bandung (lingkaran kecil di dalam), dan Booking Tiket Kereta Api Online (lingkaran besar atau lingkaran luar).

Terus ada atap menyerupai Gedung Sate sebagai icon Kota Bandung dan Jawa Barat itu terkait sama Visi dan Misi Lodaya Bandung. 4 buah atap itu misi penunjang visi berbentuk tusukan sate. “Replika” gedung sate ini sekaligus menegaskan posisi Lodaya Bandung sebagai Blog Kereta Api Bandung dan Toko Souvenir Kereta Api Bandung. Sama satu lagi domisili di Kota Bandung.

———–

Nama Lodaya Bandung

Pemilihan nama Lodaya Bandung memang nggak bisa dilepas dari keberadaan Kereta Api Lodaya, melayai rute Bandung-Solo Balapan PP. Selain itu juga ada hubungan sama sejarah Tatar Sunda dulu dimana Lodaya ini ialah sosok Prabu Siliwangi yang berubah jadi macan putih (macan Lodaya).

Nama Lodaya makin mempertegas domisili usaha yang nggak pernah lepas dari Tanah Pasundan, Kota Bandung. Disamping menerapkan nilai-nilai budaya sunda yang terkenal halus dan lemah lembut.

 

 

Advertisements