Advertisements
Home > Lodaya Bandung YouTube Channel

Lodaya Bandung YouTube Channel hadir sebagai media penunjang Lodaya Bandung Official Website.

Awalnya Lodaya Bandung cuma sekedar blog pribadi yang bahas tentang Kereta Api Bandung dan Kereta Api Indonesia. Selang sebulan Lodaya Bandung YouTube Channel mulai dibuat. Nggak jauh beda sama blog, channel nya sendiri nggak lebih dari channel pribadi. Meski juga temanya tentang kereta api. Bahkan video pertama yang tayang di sini diambil dari arsip pribadi tahun 2014.

Keliatan masih sangat sederhana bukan? Itu video diambil dari Stasiun Bekasi (BKS). Ketika KA Lokal Purwakarta alias odong-odong masuk jalur 4 Stasiun Bekasi (BKS). Waktu itu KA Lokal masih dilayani di sana. Begitu juga lokalan Purwakarta belum dikembangin jadi Kereta Api Walahar Ekspres. Malah video itu sebelumnya pernah diupload di Path, socmed yang kini udah nggak ada lagi.

Baru dipertengahan Oktober 2017 kualitas video bisa ditingkatkan. Meski konteksnya masih Channel Pribadi dan dokumentasi lama juga masih diupload. Di bulan itu Lodaya Bandung YouTube Channel mulai tayangkan video hasil hunting di spot tertentu, Video hunting pertama diambil dari JPO Stasiun Bandung.

Video Hunting, Trip Report dan Stasiun Kereta Api

Setelah itu mulailah berbagai spot hunting dicoba. Dari JPL162 Braga, Kiaracondong, Cicalengka, hingga Jatinegara. Video trip report juga mulai tayang. Dimana yang pertama kali diupload ialah Trip Report KA Argo Parahyangan Premium (sekarang jadi KA Pangandaran). Waktu itu ambil tagline Argo Kok Ekonomi.

Video tentang Trip Report lantas ditambah lagi di tahun 2018. Mulai dari Trip Report KA Patas Bandung Raya ambil rute Kiaracondong-Cicalengka-Bandung. Sekalian menunjukkan ada sesuatu yang tersembunyi di Stasiun Cicalengka (CCL). Terus ada lagi Trip Report KA Lodaya rute Bandung-Tasikmalaya PP (parsialan) hingga KA Jayabaya, Pasar Senen-Cepu.

Disamping hunting dan trip report Kereta Api, Lodaya Bandung YouTube Channel juga upload video tentang stasiun kereta api. Tercatat 3 stasiun pernah diangkat ke sini: Stasiun Padalarang (PDL), Stasiun Semarang Tawang (SMT) dan Stasiun Buaran (BUA) lama. Belum lama ini juga upload video Tokyo Station dalam bentuk kumpulan foto.

Lodaya Bandung YouTube Channel dari Pribadi ke Komunitas

2019 jadi babak baru buat Lodaya Bandung YouTube Channel. Sebagaimana blog yang berubah jadi situs resmi, Channel pun demikian. Berubah dari pribadi ke komunitas. Bersamaan dengan Lodaya Bandung yang dijadikan komunitas Railfans. Karena itu jadilah Ralfans Lodaya Bandung. Mesk sebetulnya cukup Lodaya Bandung saja.

Cakupan komunitas Railfans Lodaya Bandung nggak hanya di lingkungan Daop 2 Bandung. Tapi juga merambah ke luar Daop 2. Cuma untuk luar pake nama lain yakni Save Railfans Indonesia (SRI). Sedikit info, SRI didirikan pada Oktober 2018. Adapun hal yang jadi latar belakang ialah pembajakan foto dan caption ngawur dari si pembajak.

SRI akhirnya jadi komunitas sekaligus perpanjangan tangan Lodaya Bandung untuk luar Daop 2 Bandung. Kecuali Daop 4 Semarang punya nama sendiri juga, Kedung Sepur Railfans Edu (KSR.EDU).

Karena sekarang udah jadi channel komunitas, pastinya kegiatan yang diadakan komunitas bakal di upload di sini. Khususnya Lodaya Bandung (SRI Daop 2). Nggak cuma itu, bahkan sub-komunitas Para Pecandu Kereta (PPK) juga ditampung di channel ini.


Serba Pertamax Lodaya Bandung YouTube Channel

Video Pertama: KA Lokal Purwakarta-Jakarta Kota masuk Stasiun Bekasi (BKS)

Trip Pertama: Argo Kok Ekonomi #1 KA Argo Parahyangan Premium Bekasi-Purwakarta

Hunting Pertama: Stasiun Bandung (Hunting di Jembatan Jalan Stasiun Timur Bandung) 07 Desember 2017

VC Pertama: KA Lokal Bandung Raya- Sayonara KRD Shinko/MCW 301 (K3 0 76 BD). –Shiawase Kanata Kara by Konata Izumi


Advertisements
%d bloggers like this: