Advertisements
Home > Lodaya Bandung Traveling

Lodaya Bandung Traveling, kegiatan ngetrip bareng Railfans Lodaya Bandung. Tentunya menggunakan moda transportasi kereta api. Tripnya bisa sekedar naik kereta api lokal. Bisa juga kereta api jarak jauh. Tergantung situasi dan kondisi.

Kegiatan ini sejatinya juga berangkat dari awal berdirinya Lodaya Bandung pada 1 Juni 2017. Waktu itu cuma sekedar blog pribadi yang membahas tentang kereta api. Meski begitu tak jarang update tentang perjalanan naik kereta api. Sekalipun sifatnya masih personal.

Sewaktu masih menjadi blog pribadi, trip yang pernah diupdate dan dijadikan konten ialah Pasar Senen – Cepu naik KA Jayabaya. Adapun untuk trip jarak pendeknya KA Patas Bandung Raya waktu masih beroperasi.

Karena pernah jadi konten semasa blog pribadi, trip ini akhirnya diproyeksikan jadi salah satu kegiatan Lodaya Bandung. Kemudian dikasih judul Lodaya Bandung Traveling. Kegiatan ini dibagi jadi dua jenis yakni ngetrip Lokalan dan Ngetrip Jarak Jauh.

Lodaya Bandung Traveling: Ngetrip Lokalan

Ngetrip lokalan pastinya yang dekat-dekat dan masih di sekitaran Bandung. Paling jauh ya ke Sasaksaat (SKT). Kegiatan ini udah pernah dijajaki naik KA Lokal Bandung Raya dari Stasiun Bandung (BD) ke Stasiun Cicalengka (CCL). Terus balik full trip dari Cicalengka ke Padalarang (PDL).

Intinya ngelokal yang masih di koridor kereta komuter warga Bandung tersebut. Sekali waktu juga pernah dicoba ngetrip ke Cimekar (CMK), lanjut Cicalengka (CCL) terus balik kanan ke Padalarang (PDL) dan berakhir di Stasiun Bandung (BD).

Baru-baru ini pernah bablas dari koridor tersebut. Naik KA Lokal Cibatuan ke Stasiun Sasaksaat (SKT). Ini masih dianggap ngetrip Lokalan karena destinasinya masih di sekitaran Bandung, tepatnya Kabupaten Bandung Barat.

Ngetrip Jarak Jauh

Jelas dong namanya juga jarak jauh ya keluar kota. Dalam arti keluar wilayah Bandung Raya. Railfans Lodaya Bandung baru sekali ngetrip jarak jauh yakni dari Bandung (BD) ke Purwakarta (PWK) lantas balik lagi Purwakarta (PWK) ke Bandung (BD) naik KA Lokal Cibatuan.

Keretanya memang kereta lokal, tapi destinasinya udah diluar Bandung Raya. Secara KA Lokal Cibatuan sejatinya merupakan Lokalan rasa KAJJ. Rutenya melewati 5 kabupaten dan 1 kota sekaligus: Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan berakhir di Kabupaten Garut.

Advertisements
%d bloggers like this: