Advertisements
Home > Lodaya Bandung Gathering

Lodaya Bandung Gathering boleh jadi merupakan kegiatan utama dan standard. Dibilang standard karena biasa dilakukan oleh railfans. Kegiatan ini meliputi Hunting Bareng dan Sosialisasi.

Disebut kegiatan utama karena disinilah tempat para anggota Komunitas Railfans Lodaya Bandung berkumpul dan bersilaturahmi. Apakah gathering disini cuma sekedar kumpul-kumpul toq? Pastinya nggak dong. Karena ada kegiatannya juga disini.

Pertanyaan berikutnya, kegiatan apa yang jadi bagian dari Lodaya Bandung Gathering? Jawabannya mudah, karena ini jadi kegiatan paling umum dilakukan oleh para raiflans manapun. Nggak cuma yang tergabung di komunitas Lodaya Bandung.

Hunting Bareng di Lodaya Bandung Gathering

Hunting bareng jadi bagian dari aktivitas yang satu ini. Biasa mengambil spot tertentu. Baik tempat itu memang sudah jadi langganan para railfans maupun yang belum pernah terjamah sama sekali.

Namun yang sudah pernah dan sering dilakukan memang di spot biasa. Misalnya untuk Kota Bandung seringnya di PJL 162 Braga. Ini adalah spot langganan Railfans. Banyak sekali yang sering ambil foto maupun video kereta api di sini.

Spot pasaran lain yang sudah pernah dijajal ialah Tiber Padalarang. Bahkan yang satu ini boleh dibilang favorit dan spot sejuta umat. Rasanya belum lengkap kalo belum pernah spot di sini. Hanya saja butuh kehati-hatian di sini.

Pasalnya di sekitaran Tiber Padalarang kini sedang berlangsung Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Ada kalanya bising suara alat berat mengalahkan deru kereta dan semboyan 35. Jadi harus perhitungkan jadwal kedatangan dan keberangkatan KA di stasiun terdekat.

Selain spot pasaran tadi, spot tersembunyi pun sudah pernah dicoba. Sebenarnya masih di sekitaran Padalarang. Tepatnya di spot timur nggak jauh dari kolong tol.

Kegiatan Sosialisasi

Termasuk dalam Lodaya Bandung Gathering ialah Kegiatan Sosialisasi. Cuma bedanya Railfans Lodaya Bandung mengadakan kegiatan ini di dalam lingkungan stasiun. Ini untuk membedakan kegiatan serupa yang diadakan komunitas lain. Yakni Disiplin Perlintasan.

Kegiatan Sosialisasi di dalam stasiun dalam bentuk edukasi kepada calon penumpang. Misalnya menunggu kereta di batas aman. Menghentikan penyeberangan di saat ada kereta yang akan lewat. Sampai pengaturan naik turun penumpang kereta api.

Saat ini tengah berlangsung kegiatan sosialisasi di (Halte) Stasiun Gadobangkong. Pasalnya halte yang terletak di Kabupaten Bandung Barat tersebut hampir selalu ramai. Itu tak lepas dari letaknya yang sangat strategis dekat jalan nasional.

Karena statusnya halte, cuma ada dua petugas di sini. Satu di bagian ticketing dan satu lagi PKD di dalam stasiun. Tak ada yang namanya announcer. Datang dan berangkatnya kereta cuma mengandalkan sinyal dan PKD. Begitu juga kereta api yang melintas langsung.

Stasiun Gadobangkong (GK) kini jadi fokus Railfans Lodaya Bandung untuk kegiatan sosialisasi. Meski demikian bukan tak mungkin kedepan stasiun lain juga akan kebagian sosialisasi.

Advertisements
%d bloggers like this: