Posted on

KRL Commuter Line Bakal Jadi Feeder Walahar Ekspres

Nggak lama lagi KRL Commuter Line tembus ke Stasiun Cikarang dan ke depannya bakalan jadi Feeder Kereta Api Walahar Ekspres yang rutenya bakal dipotong.

Awalnya KRL Commuter Line direncanain bakal nyampe Stasiun Cikarang per 17 September 2017 kemarin. Tapi ada kendala teknis, 2 stasiun belum siap, akhirnya dimundurin ke Oktober 2017. Keinginan warga Cikarang naik KRL pun sementara harus tertunda.

Baru Bekasi Timur

Dari 4 Stasiun yang bakal dilewatin KRL Commuter Line jurusan Cikarang, baru Stasiun Bekasi Timur aja yang benar-benar siap. Lainnya masih dalam proses pembangunan.

Stasiun Tambun sama Stasiun Cikarang masih proses untuk bangunan barunya. Jadi sekarang masih ngandalin peron darurat buat naik turun Kereta Api Jatiluhur sama Kereta Api Walahar Ekspres.

Sementara satu stasiun baru, Stasiun Telaga Murni, masih proses pembangunan. Stasiun ini memang nggak begitu jauh dari Stasiun Cikarang, tapi dekat ke perumahan. Diantaranya Metland Cikarang dan Telaga Sakinah.

Tertundanya KRL Commuter Line jurusan Cikarang praktis bikin warga Cikarang lagi-lagi harus ngandalin 2 lokalan: Kereta Api Jatiluhur dan Kereta Api Walahar Ekspres. Alternatif lainnya naik KRL Commuter Line jurusan Bekasi terus lanjut elf jurusan Cikarang.

Feeder Walahar Ekspres dan Jatiluhur

Begitu KRL Commuter Line bablas ke Cikarang InSyaaAlloh di Oktober 2017 nanti, bukan berarti duo Jatiluhur dan Walahar Ekspres langsung kena pemotongan rute. Untuk sementara dua-duanya masih dinas sampe ada penambahan armada KRL Commuter Line Cikarang.

Biasanya kalo baru beroperasi itu sedikit dulu. Karena masih optimalkan armada yang ada. Nah kalo nanti udah ada tambahan armada baru, jadwalnya bisa ditambah sampai akhirnya cukup buat akomodasi warga Cikarang dan sekitarnya.

Kalo itu terealisasi praktis pemotongan rute pun terjadi. Kereta api Walahar Ekspres semula Purwakarta-Tanjung Priok dipotong jadi Purwakarta-Cikarang. Kereta api Jatiluhur dari Cikampek-Tanjung Priok jadi Cikampek-Cikarang.

Nah penumpang duo lokalan itu yang mau lanjut ke Jakarta otomatis mesti pindah ke KRL Commuter Line di Stasiun Cikarang. Maka jadilah KRL Commuter Line feeder Walahar Ekspres dan Jatiluhur.

Advertisements

Leave a Reply