Posted on

KRL Cisadane Exspress: KRL Toei 6000 Series dan KRL Djoko Lelono 3

Ngelanjutin pembahasan tentang Kereta Api Cisadane, kali ini kita akan bahas armada yang pernah dipake KRL Cisadane Express, yaitu KRL Toei 6000 Series hibah dan KRL Djoko Lelono 3 alias “Prajayana”. Keduanya sekarang udah nggak beroperasi lagi, dirucat di Dipo KRL Depok dan Stasiun Cikaum. 

Ternyata pembahasan Kereta Api Cisadane dan KRL Cisadane Express belum selesai. Pasalnya setelah dikasih sedikit pencerahan, si oknum nampak belum juga paham, bahkan postingan terakhirnya di sosmed malah namain Cisadane ke Kereta Api Patas Bandung Raya. Okelah kalo itu memang kereta favoritnya, yang sekarang udah disemayamkan di Dipo KRL Depok dan Stasiun Cikaum (CKM).

krl toei 6000 series (KRL Cisadane Express)

KRL Toei 6000 Series.

Nah, di post sebelumnya tentang Timbul Tenggelam Kereta Api Cisadane (KRL Cisadane Ekspres) disinggung armada KRL JR east 103 ex Musashino Line, ternyata ada sedikit kekeliruan yang harus dilurusin. Setelah dicek lebih lanjut ternyata armada ini jarang banget dinas sebagai KRL Cisadane Express, justru malah lebih ke KRL Benteng Ekspres yang berangkatnya dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK).

Nggak sepenuhnya salah sih, karena armada KRL itu kadang nggak tentu. Adapun yang paling sering dinas sebagai KRL Cisadane Express justru KRL Toei 6000 Series alias KRL Hibah yang jumlahnya 6 kereta. KRL Toei 6000 Series lumayan legend di dunia perkeretaapian Indonesia. Datang tahun 2000 di saat transportasi kereta api perkotaan, khususnya KRL, mulai banyak kemunduran.

Di antara kemunduran paling nyata ialah penumpang yang membludak sampe ke atap dan pintu kereta yang nggak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Ini terjadi terutama di KRL Ekonomi. Kondisi ini mengundang keprihatinan Kaisar Jepang yang akhirnya mutusin ngasih gratis alias hibahin KRL Toei 6000 Series ke Indonesia.

KRL Toei 6000 Series sebelumnya dinas di Jepang sebagai kereta bawah tanah (subway/metro) di Toei Mita Line punya Pemerintah Kota Tokyo (Toei Metro). KRL ini mulai dinas di Jepang tahun 1968 dan awalnya tanpa AC. Baru di tahun 1989 dipasang AC.

KRL Toei 6000 Series yang dikirim ke Indonesia formasinya nggak berututan. Malah ada yang nggak punya kabin masinis. Begitu nyampe di Indonesia, rangkaiannya disusun ulang, beberapa dibikin kabin rakitan kaya 6217F, 6227F, dan 6177F. Satu lagi 6151F juga dibikin kabin mainis rakitan dan dikasih nama “Djoko Lelono 2”. Terdiri dari 4 kereta yang selamat dari PLH Kebon Pedes Bogor.

Nah, kereta yang didinasin sebagai KRL Cisadane Express rute Manggarai-Tangerang biasanya 6217F, 6227F dan 6177F dimana semuanya berkabin masinis rakitan. Selain itu juga 6181F, 6271F, 6210F dan pernah pake 6151F a.k.a. Djoko Lelono 2.

KRL Djoko Lelono 3 “Prajayana”

KRL Cisadane Express juga pernah pake armada buatan dalam negeri, KRL Djoko Lelono 3 “Prajayana”. Di zamannya Cisadane Express, KRL ini biasa dinas sebagai KRL Ciliwung Blue Line, kadang juga KRL Ekonomi AC Bekasi-Tanjung Priok. Bahkan sesekali dinas di jalur padat Jakarta-Bogor.

krl-djoko-lelono-3

KRL Djoko Lelono 3 diproduksi tahun 2001 di PT INKA Madiun dan jadi Prototype KRL AC pertama yang jadi acuan produk KRL INKA berikutnya ky Kfw INKA-Bombardier yang sekarang jadi andalan Pink Line (Jakarta Kota-Kampung Bandan-Tanjung Priok). Selain pernah dinas KRL Cisadane Express, KRL Djoko Lelono 3 pernah memperkuat armada KRL Benteng Ekspres, Jakarta Kota (JAKK)-Tangerang (TNG).

Akhir Masa Dinas KRL Cisadane Express

Tahun 2011 jadi akhir masa dinas KRL Cisadane Ekspres nggak lama setelah operasional KRL Jabodetabek beralih dari PT.KAI Divisi Jabotabek ke PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) —-sekarang PT. KRL Commuter Indonesia. Mula-mula KRL Ekspres dihapus dari Gapeka jadi otomatis semua KRL yang awalnya express turun kasta jadi KRL Ekonomi AC atau waktu itu KRL Commuter Line. Termasuk KRL Cisadane Express.

Puncaknya saat PT. KCJ menyederhanakan rute perjalanan KRL Jabodetabek jadi 6 rute, disinilah KRL Cisadane Express harus mengakiri masa dinasnya. Semua armada KRL, baik Toei 6000 Series maupun KRL Djoko Lelono 3 udah afkir dan dirucat. KRL Toei 6000 Series dirucat di Dipo KRL Depok, sebagian di Stasiun Cikaum, karena usia tua dan suku cadang langka. KRL Djoko Lelono 3 dirucat di Stasiun Cikaum.

 


REFERENSI

16 Tahun Toei 6000: Pensiunnya Sang Pelopor KRL Impor Eks Jepang. Railway Enthusiast Digest. https://www.re-digest.web.id/2016/11/16-tahun-toei-6000-pensiunnya-sang.html

All About Benteng Ekspress dan Cisadane Ekspress. Semboyan 35. http://www.semboyan35.com/showthread.php?tid=4021&pid=251358&mode=threaded

Jadwal Kereta Tangerang-Jakarta. HIndradata’s Weblog. https://hindradata.wordpress.com/2008/07/25/jadwal-kereta-tangerang-jakarta/

Majalah KA edisi 95, Juni 2014

Kereta Api Tangerang Ekspres. http://tangerang-ekspres.ne.web.id/id3/1941-1572/Tangerang-Ekspres_50602_tangerang-ekspres-ne.html

Website PT. KRL Commuter Indonesia. http://www.krl.co.id/

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.