Visi dan Misi

Visi dan Misi Lodaya Bandung

Visi dan Misi. Lodaya Bandung punya visi Inspiration of Railfans. Adapun yang menjadi misi ialah 3 pilar utama yakni Character Building, Creativity, Education.

Pondasi awal yang harus ada di setiap organisasi, mau itu komersial atau sosial, harus punya yang namanya visi dan misi. Karena itu adalah pijakan awal. Jangankan organisasi, setiap orang pun idealnya harus punya keduanya. Karena itu jadi semacam guidance untuk melangkah ke depan.

Dua hal ini jujur aja belum pernah ada sejak Lodaya Bandung pertama kali berdiri di tahun 2014 sebagai usaha perorangan di bidang jasa Tour and Travel bernama Khoibar. Jadinya asal jalan aja. Makanya seringkali berubah-ubah dalam perjalanannya.

Mulai dari nama berubah jadi Manglayang Tour. Terus sempat bikin semacam sub-kontrak bernama Tiket Kereta Api Bandung yang cuma bertahan setahun. Hingga akhirnya Manglayang Tour berubah jadi Lodaya Bandung per 1 Juni 2017. Bahkan bisnis travel-nya pun jadi vakum.

Itu semua gara-gara nggak punya guidance buat melangkah ke depan. Nggak punya arah dan tujuan yang jelas. Ibaratnya kapal laut terombang-ambing ikutin arus aja. Kemana arus itu berhembus, kesitulah langkahnya. Ini yang terjadi sama Lodaya Bandung sebelumnya.

Visi dan Misi Lodaya Bandung

Visi dan Misi untuk Kemajuan Lodaya Bandung

Bahkan sampe tahun 2018 pun belum jelas mau kemana arah Lodaya Bandung. Boleh aja merangkul Para Pecandu Kereta (PPK) tapi ternyata itu nggak ada ngaruhnya sama arah tujuan tadi. Tetap aja nggak jelas. Parahnya lagi di November 2018 malah nyeleneh.

Kok nyeleneh? Awalnya Lodaya Bandung itu situs tentang kereta api. Tapi di bulan itu malah ngebahas diluar kereta api. Keadaan ini terus berlangsung sampe di bulan Januari 2019. Disitulah Lodaya Bandung mulai menemukan jati dirinya.

Inspiration of Railfans ditetapkan sebagai visi Lodaya Bandung. Karena itu mau nggak mau Lodaya Bandung harus kembali ke khitahnya. Segela yang nyeleneh akhirnya dihapus. Lagian juga nggak mendatangkan traffic signifikan. Jadi buat apa dipertahankan.

Inspiration of Railfans bahkan ditularkan ke aliansi Save Railfans Indonesia (SRI) hingga ke grup-grup binaan di bawahnya. Termasuk Para Pecandu Kereta (PPK), yang akhirnya jadi bagian integral dari Lodaya Bandung.

Apakah cukup hanya itu? Ternyata belum. Masih harus ada misi yang menopang visi besar tersebut. Setelah sekian lama berproses akhirnya Lodaya Bandung menetapkan 3 pilar utama sebagai misi, yakni Character Building, Creativity, Education.

Termasuk lama sih jarak penetapan Visi dan Misi Lodaya Bandung. Dari Januari ke Juli 2019. Tapi nggak apalah, demi kemajuan Lodaya Bandung. Daripada tetap pada status quo. Jadi aja bergerak tanpa arah dan tujuan. Sampe nyeleneh segala.

Kesimpulan:
Lodaya Bandung berhasil menetapkan visi dan misi di bulan Juli 2019. Termasuk Panjang memang tapi itu bukan masalah. Intinya semua harus punya arah dan tujuan untuk melangkah ke depan. Demi kemajuan Lodaya Bandung tentunya.

Penjelasan

Udah jelas kan, Inspiration of Railfans itu Visi Lodaya Bandung. Sedangkan misi-nya 3 pilar utama: Character Building, Creativity, Education. Biar kamu nggak kepo, berikut penjelasan detail masing-masing:

A. Visi Lodaya Bandung : Inspiration of Railfans

Visi ini kaitannya sama orientasi Lodaya Bandung. Inspiration of Railfans jelas orientasinya untuk para Railfans. Karena itu konten-konten tentang kereta api akan senantiasa selalu ada di sini. Baik dalam bentuk artikel biasa, foto, hingga video.

Apalagi sekarang Lodaya Bandung udah jadi komunitas Railfans. Tentunya segala hal yang berkaitan dengan kereta api Indonesia dan sedikit luar negeri harus ada di sini. Bahkan hingga 100%. Nggak boleh lagi nyeleneh bikin Amazing Japan, Jalan-Jalan di Indonesia dan sejenis.

Itu udah diluar konteks. Kecuali bikin konten jalan-jalan naik kereta api. Itu baru sesuai dengan visi “Inspiration of Railfans”. Karena kita ngasih pengetahuan tentang jalan-jalan naik kereta ke Railfans lainnya dan masyarakat umum.

Kesimpulan:
Inspiration of Railfans artinya Lodaya Bandung merupakan sumber inspirasi dan pengetahuan buat para Railfans. Khususnya yang ada kaitan dengan kereta api. Orientasinya untuk railfans atau siapapun yang ingin tahu lebih jelas tentang dunia perkeretaapian.

B. Misi Lodaya Bandung : Character Building, Creativity, Education

Untuk mendukung visi di atas, Lodaya Bandung telah menetapkan 3 pilar sebagai misi yakni Character Building, Creativity, Education

Character Building

  • Religius (Spiritual). Menjadikan Railfans yang agamis dan toleran. Tidak melupakan ibadah saat kegiatan, tidak merendahkan teman yang berbeda keyakinan, bisa saling mengingatkan bila waktu ibadah tiba, bisa saling mengingatkan tentang kebaikan.
  • Adab dan Akhlak. Menghormati yang tua dan menyayangi yang muda. Menjaga sikap terhadap sesama. Juga meghormati norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  • Bekerja Sama. Senantiasa bekerjasama dalam kegiatan dan untuk mencapai kesepakatan. Terutama ketika membahas tentang suatu hal. Baik itu berkaitan dengan kegiatan ataupun sekedar konten.
  • Keadilan Sosial. Tidak membeda-bedakan (tidak berlaku diskriminatif). Semuanya sama. Hanya umur sebagai pembatas untuk bergaul.
  • Menjaga dan menjunjung tinggi martabat Almamater. Jaga nama baik Lodaya Bandung, baik di lingkup PT. KAI maupun di luar lingkup PT. KAI. Luar lingkup ini mencakup operator kereta api selain KAI seperti JakPro (LRT Jakarta), KCIC (Kereta Cepat Indonesia China), dan MRT Jakarta. Bahkan hingga di luar negeri sekelas JR Group (Japan Railway Grup), KTM (Keretapi Tanah Melayu) dan lainnya.
  • Reward and Punishment. Lodaya Bandung senantiasa mengapresiasi bila ada anggotanya yang meraih prestasi misalnya di bidang akademik, olahraga, atau lainnya. Begitu juga yang rajin membuat konten bagus. Sebaliknya apabila terjadi pelanggaran disiplin, Lodaya Bandung tak segan-segan menjatuhkan sanksi bagi anggota yang kedapatan melanggar.

Creativity

  • Berdikari dan Mandiri. Menjadi komunitas Railfans yang bisa berkreasi menciptakan konten atau apapaun yang bermanfaat bagi komunitas. Nantinya jadi sumber dana komunitas.
  • Continous Improvement. Menjadi Railfans yang terus membuat konten berkualitas dan terus meningkat dari segi kualitas. Konten berupa artikel, Foto, Video, hingga Produk yang bisa dipasarkan. Termasuk juga di sini untuk mengejar prestasi tertentu.
  • Time Management. Kreativitas disini juga berkaitan dengan kemampuan untuk membagi waktu. Untuk ibadah, keluarga, komunitas, karir, dan pendidikan. Itu semua harus bisa diatur dengan baik. Karena itu Komunitas Lodaya Bandung selalu berusaha untuik bisa mengakomodasi semuanya. Salah satunya dengan Tidak mengadakan kegiatan di setiap pekan. Karena khawatir akan membebani anggota. Begitu juga dalam hal konten, yang terpenting sedikit-sedikit tapi terus.

Education

  • Utamakan Pendidikan. Terutama bagi anggota yang masih usia sekolah dan kuliah. Pendidikan tetap harus diutamakan di atas hobby sebagai Railfans. Jangan sekali-sekali bolos sekolah atau kuliah hanya demi sebuah momen. Misalnya ada KLB atau promo tiket kereta tertentu. Disamping itu, Lodaya Bandung juga tidak akan memberhentikan anggota yang sering tidak ikut kegiatan karena pendidikan. Misalnya sekolah di pesantren yang tidak memperbolehkan gadget pada periode tertentu.
  • Prestasi Akademik/Non-Akademik. Lodaya Bandung mendukung penuh anggota yang ingin mengejar prestasi di bidang akademik dan non-akademik. Prestasi akademik tentu yang terkait dengan sekolah. Misalnya ingin mengejar ranking 1 atau minimal 10 besar. Bisa juga sertifikasi untuk bidang tertentu. Sedangkan non-akademik contohnya prestasi di bidang olahraga.

Kesimpulan:
Visi Lodaya Bandung yakni Inspiration of Railfans. Misinya ada pada 3 pilar utama: Character Building, Creativity, Education.
Character Building: Religius (Keagamaan), Adab dan Akhlak, Bekerja Sama, Keadilan Sosial, Menjaga dan Menjunjung Tinggi Almamater, Rewards and Punishment.
Creativity: berdikari dan mandiri, time management, continous improvement
Education: utamakan pendidikan, prestasi akademik/non-akademik.

Advertisements