Komunitas

previous arrow
next arrow
Slider

Komunitas Lodaya Bandung terbentuk pada 6 Januari 2019. Beranggotakan 7 orang. Seiring berjalan waktu terus bertambah hingga kini berjumlah sekitar 59 orang dan akan terus bertambah. Visi dan Misi telah ditetapkan. Siap untuk melangkah ke depan.


Komunitas Lodaya Bandung

Sejatinya nama Lodaya Bandung udah ada sejak 1 Juni 2017. Bahkan udah eksis di tahun 2014. Namun sebagai komunitas Railfans, Lodaya Bandung baru terbentuk pada 6 Januari 2019 dengan 7 orang anggota hasil seleksi penerimaan anggota Save Railfans Indo (SRI).

Dirasa masih sangat kurang akhirnya sejumlah upaya penambahan anggota pun terus dilakukan. Alhamdulillah anggota terus bertambah hingga mencapai 59 orang. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah kedepannya.

Sebagai sebuah organisasi, Lodaya Bandung jelas harus punya yang namanya Visi dan Misi. Pasalnya pada awal eksistensinya sebagai usaha perorangan di bidang Jasa Pariwisata, tak ada yang namanya Visi dan Misi. Sehingga berjalan tak tentu arah.


Lodaya Bandung malah sempat nyeleneh jelang pergantian tahun dari 2018 ke 2019. Sebelum akhirnya menetapkan Visi Inspiration of Railfans dan kembali ke khitahnya. Ternyata itupun nggak cukup karena harus ada Misi yang menopang.

Setelah 6 bulan berselang, Lodaya Bandung akhirnya berhasil menetapkan misinya. 3 Pilar Utama: Character Building, Creativity, Education jadi Misi Lodaya Bandung. Dimana:

  • Character Building : religius (keagamaan), adab dan akhlak, bekerja sama, keadilan sosial, menjaga dan menjunjung tinggi almamater, reward and punishment.
  • Creativity : berdikari dan mandiri, time management, continous improvement.
  • Education : utamakan pendidikan, prestasi akademik/non-akademik, activity based education.

Visi dan Misi telah ditetapkan. Selanjutnya ialah menengtukan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan utama pembentukan ialah sebagai wadah silaturahim antar Railfans yang sama-sama suka kereta api.

Berikutnya ialah ingin ada semacam kontribusi nyata buat kemajuan perkeretaapian Indonesia. Sekaligus untuk memperkenalkan moda transportasi massal yang satu ini kepada masyarakat. Mulai dari sejarah sampai berbagai keunggulannya.

Udah tujuan, berikutnya adalah sasaran. Siapa aja yang jadi sasaran Komunitas Lodaya Bandung? Sasaran utama jelas dan tentu saja para Railfans pecinta kereta api. Mereka bisa jadi direkrut jadi anggota atau sekedar jadi pelanggan setia di Lodaya Shop.

Berikutnya ialah masyarakat umum. Memperkenalkan kepada mereka tentang perkeretaapian di Indonesia dan dunia. Sekaligus sebagai sarana buat edukasi terutama buat yang jarang naik kereta api. Sedikit info waktu KA Pangandaran Promo 1K banyak fasilitas rusak itu karena mayoritas penumpangnya baru pertama kali naik kereta api.

Begitu juga di stasiun kadang nggak sedikit yang mengabaikan keselamatan dirinya. Kereta masih jalan tapi nekat naik. Malah sampe gedor-gedor pintu. Disinilah tugas segenap komponen Komunitas Lodaya Bandung untuk mengedukasi mereka tentang keselamatan.


Advertisements